Jawabanku yg ke empat .
Ust . Aqsith berkata:
riwayat itu bukan hanya dari maimunah r.a tapi terdapat sahabat yg lainnya meriwayatkan dari aisyah r.a, dari anas r.a dan dari ibn umar r.a.
ketiganya pun meriwayatkan bhw rasul saw shalat diatas khumroh.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Riwayat dari Anas sbb:
السنن الكبرى للبيهقي (2/ 421)
عن انس بن مالك ان النبي صلى الله عليه وسلم كان ياتي ام سليم فيقيل عندها وكان يصلى على نطع وكان كثير العرق فتتبع العرق من النطع فتجعله في القوارير مع الطيب وكان يصلى على الخمرة
غاية المقصد فى زوائد المسند (1/ 199)
- حَدَّثَنَا عَفَّانُ، قَالَ: حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ، عَنْ أَبِى قِلاَبَةَ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ أُمِّ سُلَيْمٍ، عَنِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم، َكَانَ يُصَلِّى عَلَى الْخُمْرَةِ.
- Intinya : Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjalankan salat dg khumrah - sajadah kecil untuk wajah itu adalah salat sunat di rumah Ummu Sulaim. Bukan salat wajib di masjid Nabi shallallahu alaihi wasallam
Hadis itu sahih tp Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjalankan salat sunat bukan salat wajib.
Bila hadis itu di buat dalil untuk memperbolehkan melakukan salat wajib dg sajadah jls tdk boleh. Sebab hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjalankan salat dg khumrah itu untuk salat sunat.
Bila benar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjalankan salat dg khumrah dari Anas bukan di rumah Anas, mk kalimat salat di situ masih umum. Mungkin salat wajib mungkin salat sunat. Jd masih blm bisa di gunakan untuk memperbolehkan menjalankan salat wajib dengan sajadah dg hadis itu.
Hadis dari Aisyah sbb.
(1) مجمع غاية المقصد فى زوائد المسند (1/ 199)
(2) 560 - حَدَّثَنَا أَسْوَدُ بْنُ عَامِرٍ، [قَالَ: حَدَّثَنَا شَرِيكٌ] ، عَنْ أَبِى إِسْحَاقَ، عَنِ الْبَهِىِّ، عَنْ عَائِشَةَ، أَوْ عَنِ ابْنِ عُمَرَ، شَكَّ شَرِيكٌ، أَنَّ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم سَجَدَ عَلَى الْخُمْرَةِ.
(3) - حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ، حَدَّثَنَا يُونُسُ، عَنِ الزُّهْرِىِّ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ يُصَلِّى عَلَى خُمْرَةٍ، فَقَالَ: "يَا عَائِشَةُ، ارْفَعِى حَصِيرَكِ فَقَدْ خَشِيتُ أَنْ يكون يَفْتِنَ النَّاسَ.
Dari Aisyah ra , sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melakukan salat di khumrah , lalu berkata: Ambillah tikarmu ini, sesungguhnya aku hawatir memfitnah manusia .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjalankan salat dengan khumrahnitu di rumah bukan di masjid untuk salat wajib. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
(4) ارْفَعِى حَصِيرَكِ فَقَدْ خَشِيتُ أَنْ يكون يَفْتِنَ النَّاسَ.
Ambillah tikarmu ini, sesungguhnya aku hawatir memfitnah manusia
Kalimat itu , layak sekali dikatakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam setelah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam salat di khumrah itu, bukan setelah jamaah lalu Aisyah di suruh mengambil tikar yg di buat salat oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam di masjid .
Menurut al albani hadis tsb yg popular adalah dari Maimunah bukan dari Aisyah. Dan bila dari Maimunan mk jls salatnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam saat itu adalah salat sunat bukan salat wajib di amsjid.
Hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjalankan salat di khumrah itu dari Aisyah atau Ibn Umar , masih ragu. Ada komentar sbb:
وهم الحافظ الهيثمي رحمه الله :
في الحديث الذي أخرجه الإمام احمد ( 6/248) حدثنا عثمان بن عمر : ثنا يونس عن الزهري عن عروة عن عائشة : أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصلي على خمرة فقال : ( يا عائشة ! ارفعي عنا حصيرك هذا فقد خشيت ان يكون يفتن الناس )
وأخرجه ابن خزيمة في ( صحيحه ) ( 2/105/1011) والسراج *في ( مسنده ) ( ق103/1) من طرق أخرى عن عثمان بن عمر به
قال الألباني رحمه الله :
( إسناد صحيح على شرط الشيخين )
قال الهيثمي في ( المجمع ) ( 2/56) :
(( رواه أحمد ورجاله رجال الصحيح وهو عند مسلم وأصحاب السنن مختصراً في صلاته على الخمرة ))
قال الألباني رحمه الله :
- أنه يوهم أنه عندهم من حديث عائشة رضي الله عنها – وهذا وهم من الحافظ الهيثمي رحمه الله – والواقع أنه عندهم من حديث ميمونة رضي الله عنها
- أنه ليس عند البخاري وهو خطأ فقد أخرجه في آخر الحيض واوائل الصلاة وهو مخرج في ( صحيح أبي داود ) ( 663) و ( الروض النضير ) (87)
والله اعلم .
Intinya menurut Al albani , hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melakukan salat di khumrah itu dr Maimunah bukan dari Ainsyah dan ini kekeliruan dari Al Hafidh al haitsami.
Hadis tsb blm bisa di gunakan dalil untuk memperbolehkan salat wajib dengan khumrah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberi komentar dengan baik