Fase 35 tentang sorban.
وروى الأموي بسنده إلى ثعلبة بن صعير قال: خفق النبي - صلى الله عليه وسلم - خفقة في العريش، ثم انتبه فقال: "أبشر يا أبا بكر، هذا جبريل معتجر بعمامته، آخذ بعنان فرسه، يقوده على ثناياه النقع، أتاك نصر الله وعدته"[5].
Al umawi meriwayatkan dengan sanadnya ke Tsa`labah bin sho`ir berkata: Sungguh kepala Nabi shallallahu alaihi wasallam tergerak dlm keadaan ngantuk di bangsal tentaranya , lalu bangun dan berkata : Bergembiralah wahai Abu bakar ! Ini jibril dengan mengenakan sorbannya dan mengendalikan tali kudanya . Kepala dan kaki kuda itu berdebu , telah datang kepadamu pertolongan Allah dan janji kemenanganNya.
[5] البداية والنهاية 5/ 126، وقال الألباني في تعليقه على فقه السيرة للغزالي ص243: وهذا سند حسن، وسكت عليه ابن كثير.
رابط الموضوع: http://www.alukah.net/sharia/0/77886/#ixzz4uJ85YB9L
Al bani menyatakan hadis tsb hasan dan Ibn Katsir no komen.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Setahu sy hanya al albani yg menyatakan hadis tsb hasan. Selain al bani no komen. Apalagi mensahihkan , jls tdk saya dapatkan.
Peawi bernama Tsa`laban bin Sho`ir masih hilap apakah dia sahabat Nabi shallallahu alaihi wasallam atau bukan , kata Ibn Hajar al asqalani . Lihat identitasnya sbb:
ــ ثعلبة بن صعير ، و يقال ابن أبى صعير ، و يقال ثعلبة بن عبد الله بن صعير ، و يقال عبد الله بن ثعلبة بن صعير العذرى
المولد :
الطبقة : 1 : مختلف فى صحبته
الوفاة :
روى له : د
مرتبته عند ابن حجر : مختلف فى صحبته
مرتبته عند الذهبـي : له صحبة
mausuah ruwatil hadis 842.
Namanya saja masih hilap apakah tsa`labah atau Abdullah bin Tsa`labah .
قال الحافظ فى "تقريب التهذيب" ص /134 :
مختلف فى صحبته . اهـ .
Ibn Hajar dlm kitab tahdzib menyatakan : Masih hilap apakah tsa`labah termasuk sahabat atau bukan.
Bila dia bukan sahabat , maka hadis itu mursal , lemah . Ya`ni terputus sanadnya antara Nabi shallallahu alaihi wasallam dan Tsa`labah.
Bila dia sahabat, mk ada cacat lagi yaitu terputus antara Az zuhri dan Tsa`labah bin Sha`ir . Sebab guru Az zuhri tdk ada yg namanya Tsa`labah.
Kisah itu tafarrud pd Zuhri . Ya`ni di masanya tdk ada satu orang pun yg meriwayatkan hadis itu kcl Azzuhri . dan ini tanda kelemahan kisah itu .
والمرتبة الثالثة كثر فيها الاستدراك عليه في بعض الرواة المذكورين فيها ؛ وهذه المرتبة جعلها لمن أكثر من التدليس فلم يحتج الأئمة من أحاديثهم إلا بما صرحوا فيه بالسماع ، ومنهم من رد حديثهم مطلقاً ، ومنهم من قبلهم ... .
وقد ذكر في هذه المرتبة الإمام الزهري ، وذكر أن الشافعي والدارقطني وغيرهما وصفوه بالتدليس !!
Intinya . Ibn Hajar, Imam Syafii dan Daroquthni memasukkan Az zuhri dlm daftar perawi g mudallis.
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg buka ketika adzan Maghrib membatalkan puasa dg penuh persaudaraan di dua grup WA sy .
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455
0812-4194-6733
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberi komentar dengan baik