Fase ke 37 tentang sorban
سنن أبي داود ت الأرنؤوط (6/ 206)
38 - باب في الاختِمار
4115 - حدَّثنا زهيرُ بنُ حَرب، حدَّثنا عبدُ الرحمن. وحدَّثنا مُسَدَّدٌ، حدَّثنا يحيى، عن سفيانَ، عن حبيبِ بنِ أبي ثابتٍ، عن وهْبٍ مولى أبي أحمد
عن أُمِّ سلمةَ: أن النبيَّ -صلَّى الله عليه وسلم- دخلَ عليها وهي تختَمِرُ، فقال: "ليَّةً لا ليَّتَيْنِ" (1).
قال أبو داود: معنى قولِه: "ليَّةً لا ليَّتَيْنِ" يقولُ: لا تَعْتمَّ مِثْلَ الرَّجُلِ، لا تُكرِّره طاقاً أو طاقَين.
Dari Ummu Salamah , sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wasallam masuk kepadanya yg lagi menggunakan tutup kepala ? kerudung, lalu beliau bersabda : Cukup sekali putaran di kepala bukan dua.
Abu Dawud berkata : Jangan menggunakan sorban spt lelaki , jangan di buat dua kali putaran di kepala.
جمع الفوائد من جامع الأصول ومجمع الزوائد (2/ 398)
(1) أبو داود (4115)، وقال الحاكم 4/ 195: صحيح الإسناد ووافقه الذهبي، والحديث فيه وهب مولى أبي أحمد، قال المنذري في ((مختصر أبي داود)) 6/ 62: شبه المجهول. ذكره ابن حبان في ((الثقات)) 5/ 490، قال ابن حجر في ((التهذيب)) 4/ 333: قال ابن القطان: وهب هذا لا يُعرف. وضعفه الألباني في ضعيف أبي داود (888).
Intinya al albani dan Ibn Qatthan menyatakan hadis tsb lemah karena perawi bernama Wahab yg tdk di kenal sbg perawi pendusta atau jujur .
المسند الجامع (20/ 660)
أخرجه أحمد 6/294 قال: حدثنا وكيع وعبد الرحمن. وفي 6/296 قال: حدثنا عبد الرحمن بن مَهْدي. وفي 6/306 قال: حدثنا وكيع. و"أبو داود" 4115 قال: حدثنا زُهير بن حرب، قال: حدثنا عبد الرحمن (ح) وحدثنا مُسَدَّد، قال: حدثنا يحيى.
ثلاثتهم (وكيع، وعبد الرحمن بن مَهْدي، ويحيى بن سعيد) عن سُفيان، عن حبيب بن أبي ثابت، عن وهب مولى أبي أحمد، فذكره
Seluruh jalur riwayat melalui perawi yg tdk di kenal itu. Jd hadis tsb ttp lemah.
Sampai sekarang fase ke 37 , blm di temukan hadis sahih tentang sorban atau kopyah di buat untuk salat oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam atau sahabat. Jadi mrk bila salat wajib bersujud ke tanah tanpa sorban atau kopyah.
Kadang orang pakai kopyah atau sorban , sujudnya di sorban atau kopyah itu bukan tanah. Dan yg benar adalah sujud ke tanah tanpa kopyah atau sorban. Salat dg kepala terbuka itulah tuntunan yg benar bukan kepala tertutup dg sorban atau kopyah.
Bila pakai kopyah atau sorban lebih baik, mn dalilnya ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberi komentar dengan baik