Sumber : http://blogseotest.blogspot.com/2012/01/cara-memasang-artikel-terkait-bergambar.html#ixzz2HNYeE9JU

Pages

Blogroll

Sabtu, 24 November 2012

Marhabanan untuk beberapa acara










Acara marhabanan atas kehadiran putra ke dua : Muhamad Thariq Nasrullah ... tasyakuran marhaban acara putra indramayu
Ada kaset marhabanan dari santri Buntet .
Lagu ini sangat khas dari Buntet Pesantren.Lagu syair marhabanan yang sudah hilang puluhan tahun lalu itu kini hadir kembali. Melalui suara khas dari para ustadz ini setidaknya
Ada kaset lagi dari buntet pesantren
Ini adalah marhabanan ala santri Buntet Pesantren Cirebon. Dalam sebuah acara di Jakarta, para ustadz dari Buntet Pesantren ini melantunkan syair-syair Barzanji dengan lagu yang bervariasi
Ada kaset dari pesantren Buntet :
Danuri. KH. Anas Arsyad berserta orang-orang Buntet yang sudah senior mengumpulkan warga Buntet Pesantren se Jabodetabek. ... Buntet Pesantren Marhabanan Maulid Barzanji Syair

Komentarku ( Mahrus ali ):

Kesesatan  itu memang di bungkus oleh setan dengan kebaikan  sehingga mudah sekali untuk menjerat mangsanya – yaitu manusia – manusia yang agamanya hanya mengikuti hawa nafsunya sebagaimana ayat :
أَرَأَيْتَ مَنِ اتَّخَذَ إِلَهَهُ هَوَاهُ أَفَأَنْتَ تَكُونُ عَلَيْهِ وَكِيلًا
Terangkanlah kepadaku tentang orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya. Maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya?

Bagi mereka dalil bisa di terima asal sesuai dengan ajaran golongannya atau kultur grass root dan masarakat umum . Bila dalil itu ingin membasmi budaya , maka dalil itu di inventarisir di brankas lalu di kunci yang rapat . Dan bagitulah sikap manusia sejak dulu dan di manapun mereka berada . Allah berfirman :
إِنَّ الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنَ الْكِتَابِ وَيَشْتَرُونَ بِهِ ثَمَنًا قَلِيلًا أُولَئِكَ مَا يَأْكُلُونَ فِي بُطُونِهِمْ إِلَّا النَّارَ وَلَا يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا يُزَكِّيهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu Al Kitab dan menjualnya dengan harga yang sedikit (murah), mereka itu sebenarnya tidak memakan (tidak menelan) ke dalam perutnya melainkan api, dan Allah tidak akan berbicara kepada mereka pada hari kiamat dan tidak akan mensucikan mereka dan bagi mereka siksa yang amat pedih.
Dan ada ayat yang menyatakan kebanyakan manusia adalah syirik  sbb :
قُلْ سِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِينَ مِنْ قَبْلُ كَانَ أَكْثَرُهُمْ مُشْرِكِينَ
Katakanlah: "Adakan perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang dahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)".


Mulai anak sudah dididik marhabanan 



Arifullah ibnu Rusuyd menulis sbb :
Marhaban Ya Nurul 'Aini
Marhaban Ya Jaddal Husaini

Selamat Datang Wahai Cahaya Mataku
Selamat Datang Wahai Kakek Hasan dan Husein


Sebulan ini aku bersyukur, dua kali tidak masuk kerja pas hari kamis. Pertama karena aku merasa agak sakit ketika setelah begadang nonton Barcelona Vs MU (waktu itu MU mainnya ngebosenin habis). Yang kedua kamis kemarin libur memperingati kenaikan Isa Al-Masih yang dirayakan oleh saudara-saudara kritiani. Hari kamis berada di rumah, berarti saya bisa ikut marhabanan.

Marhabanan merupakan acara yang saya kenal semenjak kecil. Acara yang turun temurun telah dan terus diamalkan oleh warga Nahdliyin (setidaknya oleh warga nahdlyin di sekitar kampung saya). Beruntung saya tumbuh dan besar dalam tradisi ini. Usia sampai delapan tahun tumbuh di lingkungan keluarga nahdlyin. Menjelang usia sembilan tahun sudah dipesantrenkan di pesantren nahdlyin juga.

Acara marhabanan bagi warga nahdlyin adalah sangat special. Pada acara ini warga nahdlyin membaca kitab 'Barzanji' yang didalamnya memaut puji-pujian kepada Rasulullah Muhammad Al-Musthofa. Dengan acara marhaban ini warga nahdlyin mengungkapkan cintanya kepada Sang Utusan. Pengharapan kami sangat sederhana, semoga Rasulullah membalas kami dengan syafaatnya di hari pembalasan nanti.

Tapi pengalaman saya ketika mengikuti acara ini selalu menghadirkan nuansa spritualitas yang luarbiasa. Ada nuansa khusu dan syahdu dan merasakan pusaran energi luar biasa di sekitar kita. Tanpa alat musik, hanya dengan suara manusia, kesyahduannya saya rasa tidak kalah dengan acara natal yang dipimpin langsung oleh paus di roma. Tidak percaya? Coba saja buktikan.

Yang saya syukuri, acara ini di kampung saya sangat digemari oleh anak-anak. Anak-anak ini dengan penuh antusias dan dengan keceriaan luarbiasa turut serta melantunkan marhabanan. Menjelang acara, anak-anak (perempuan dan laki-laki) dari usia lima tahun sampai belasan sudah berkumpul di masjid. Mereka dengan ceria meninggalkan acara TV menuju masjid. Saya tersenyum dan bangga betapa tradisi ini mampu menarik minat yang luarbiasa pada anak-anak di kampung saya mengalahkan acara TV yang sudah mendarah daging dalam kehidupam mereka. Ya Allah saya berterimakasih masih ada acara tradisi yang syarat dengan makna dan telah mengenalkan sang Nabi dari usia dini kepada si kecil, dan mereka menerimanya dengan penuh antusiasme dan dengan keceriaan luarbiasa lewat sebuah acara tradisi seni yang bernama Marhabanan.


Komentarku ( Mahrus ali ):

Tentang rasa syahdu , husyu` ,membikin hati lunak juga di rasakan  oleh orang – orang yang ikut aktif doa bersama  yang di lakukan oleh pen deta di jawa maupun di luar negri , juga di rasakan oleh pendeta Budha yang lagi semedi atau  pengikut Yoga yang lagi melakukan pernafasan .
Jadi  rasa hati seperti itu tidak bisa di gunakan  sebagai tolak ukur untuk membenarkan  suatu masalah . Tapi harus ada dalilnya  > Berhubung m arhabanan itu bid`ah dan harus di buang , maka  sudah tentu tidak boleh di jalankan . Jadi kesesatan itu begitu getol di kembangbiakkan  sampai kepada anak cucunya dan itulah target setan . Dari kalangan pendeta kristen juga mengajarkan idiologinya kepada masarakat , handai tolan , anak – anak yang masih kecil, begitu juga pengikut aliran sesat Ahmadiyah , konghucu , Budha  dan kalangan ahli bid`ah atau ahli hadis . Namun  seluruhnya tanpa dalil kecuali ahli hadis . Jadi  saya ikut saja kepada ahli hadis setelah banyak pengkajian , pengalaman dan perbandingan yang matang . Setan berkata :

وَلَأُضِلَّنَّهُمْ وَلَأُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ ءَاذَانَ الْأَنْعَامِ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللَّهِ وَمَنْ يَتَّخِذِ الشَّيْطَانَ وَلِيًّا مِنْ دُونِ اللَّهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَانًا مُبِينًا
dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (merubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka merubahnya". Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar dengan baik