Makna kebangkitan Yesus Kristus bagi kita
Kristus Yesus bangkit dan hidup kembali pada hari ke tiga sesudahkematian tubuh-Nya di kayu salib. Kebangkitan Kristus Yesus dari kematian
adalah peristiwa ketika Yesus Kristus yang secara fisik telah mati hidup
kembali mengalahkan kematian. Tubuh kebangkitan Kristus meski berbeda
dari tubuh lama-Nya, namun masih memiliki kaitan dengan yang lama
karena , misalnya rupa-Nya masih sama sehingga bisa dikenal oleh para
murid-Nya dan bekas luka di tangan-Nya masih ada (Yoh. 20:25-28).
Kebangkitan Kristus dari kematian amatlah penting bagi orang Kristen,
karena memberikan status hukum kebenaran di hadapan Allah (Rom.
4:24-25), memperlihatkan betapa hebat-Nya kuasa dalam diri orang Kristen
(Ef. 1:18-20), dan memberikan kehidupan penuh harapan (1Pet. 1:3-4).
1. KEBANGKITAN KRISTUS MENGHASILKAN KEBENARAN KITA ( Rom.4:23-25 ) "Kata-kata ini, yaitu "halini diperhitungkan kepadanya," tidak
ditulisuntuk Abraham saja, tetapi ditulis juga untuk kita; sebab kepada
kitapun Allah memperhitungkannya, karena kita percaya kepada Dia, yang
telah membangkitkan Yesus, Tuhan kita, dari antara orang mati, yaitu
Yesus, yang telah diserahkan karena pelanggaran kita dan dibangkitkan
karena pembenaran kita. (Rom 4:23-25 ITB).
*. Kebenaran di sini secara theologis merupakan status hukum (judicial)
yang Allah, selaku Hakim Maha Adil, anugerahkan kepada kita.
*. Kebenaran merupakan antonim / kebalikan dari vonis bersalah/ berdosa
dengan segala hukumannya yang Allah selaku Hakim Maha Adil nyatakan
kepada manusia.
*. Kebenaran menunjukkan keadaan hubungan kita dengan Allah, yakni
Dia memandang kita bukan sebagai orang berdosa / bersalah yang patut
dihukum, tetapi sebagai orang benar / tidak bersalah (meskipun dalam
kenyataannya secara moral kita telah berdosa/bersalah).
*. Kebenaran kita merupakan karya kebangkitan KristusYesus dari
kematian.
*. Kita dibenarkan bukan karena hasil usaha, perbuatan, dankebaikan kita.
*. Kita dibenarkan karena karya kebangkitan Kristus dari kematian.
*. Jika kematian-Nya di kayu salib terjadi karena dosa kejahatan kita,maka
kebangkitan-Nya dari kematian terjadi karena / demi pembenaran kita.
*. Cara kita mendapatkan kebenaran adalah dengan iman / percaya
kepada Diayang telah membangkitkan Kristus Yesus. "... karena kita
percayakepada Dia, yang telah membangkitkan Yesus, ..."
*. Secara subjektif iman (pistis) adalah sikap hati tanpa keraguan
sedikitpun dalam berharap dengan penuh kesetiaan hanya pada janji Allah
dan kuasa-Nya dalam mewujudkan janji-Nya itu bagi kita (band.Rom.
4:18-22).
*. Secara objektifiman (pistis) kita tertuju kepada Dia yang telah
membangkitkanKristus dari kematian dan janji-Nya bahwa kebenaran
hanyalah oleh iman dalam Kristus Yesus saja (Rom 3:22).
*. Hasil dari kebenaran dalam Kristus
*. Kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah (Rom. 5:1)
*. Kita pasti diselamatkan dari murka Allah (Rom. 5:9)
*. Kita kelak pastimenerima kemuliaan Allah(Rom. 5:2).
2. KEBANGKITAN KRISTUS MEMBERIKAN KEHIDUPAN BARU KITA (1Pe 1:3-7)
Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-
Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitanYesus
Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh
pengharapan, untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa,yang
tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi
kamu. Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu
sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk
dinyatakan pada zaman akhir. Bergembiralah akan hal itu, sekalipun
sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai
pencobaan. Maksud semuanya itu ialah untukmembuktikan kemurnian
imanmu yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang
diuji kemurniannya dengan api sehingga kamu memperoleh puji-pujian
dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-
Nya.
*. Kebangkitan Kristusmemberikan hidup yang penuh harapan.
*. Karena Kristustelah bangkit mengalahkan kematian, makakehidupan
orang Kristen tidak berakhir pada saat kematian tubuhnya.
*. Karena Kristustelah bangkit mengalahkan kematian, makaorang Kristen
memiliki harapan untuk memiliki suatu harta kekayaan yangabadi, yang
tidak dapat binasa, tidak dapat cemar, dan tidak dapat layu, yang
tersimpandi surga (1Pet. 1:4).
*. Kebangkitan Kristusdari kematian memberikan kehidupan baru bagi
orang percaya.
*. Karena kebangkitan-Nya
, orang Kristen memilikikehidup an baru.
*. Kehidupanbaru ini bukanlah sekedar pembaharuan dari kehidupanyang
sudah adasebelumnya, tetapi secara substansilsama sekali baru (band. Yeh.
11:19; 36:36).
*. Kehidupanbaru ini terjadi secara supraalami ketika, oleh iman,Roh
Kudusmempersatu
kan kitadalam kematian dan kebangkitan Kristus(Rom.
6:1-11).
*. Karena kebangkitan-Nya
, Orang Kristen akan memiliki tubuh baru.
*. Kebangkitan-Nya menjadi prototipe kebangkitan orang-orang percaya.
Dia disebut sebagai anak sulung (Kol. 1:18; Why. 1:5). Ini berarti Dia yang
pertama memiliki tubuh kebangkitan abadi. Tubuh kebangkitan orang
percaya akan baruseperti tubuh Kristus (1Yoh. 3:2) yang berbeda dari
tubuhlama (1Kor. 15:35-41).Berda
sarkan 1 Yohanes 3, ini berarti tubuh
kebangkitan bersifat murni (ay. 3), tanpa dosa (ay. 5), dan benar (ay.7).
*. Tubuh baru akankita miliki dalam sekejap ketika Kristus Yesus datang di
awan-awan untuk menjemputdan mengangkat kita (1Kor. 15:51-52; 1Tes.
4:16-17).
*. Respon kita terhadap karya kebangkitan Kristusyang memberikan
kehidupan penuh harapan.
*. Kita harus memuji Dia (1Pet. 1:3).
*. Kita harus bertumbuh dalam iman, terutama ketika menghadapi
penderitaan (1Pet. 1:5-7).
3. KEBANGKITAN KRISTUS MEMPERLIHATKAN KEHEBATAN KUASA KITA (Ef.
1:18-20) Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu
mengerti pengharapan apakah yang terkandungdalam
panggilan-Nya:
betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang
kudus, danbetapa hebat kuasa-Nyabagi kita yang percaya, sesuai dengan
kekuatankuasa-N
ya, yang dikerjakan-Nya di dalamKristus dengan
membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di
sebelah kanan-Nya di sorga, (Eph 1:18-20 ITB).
*. Kuasa kebangkitan Kristus dari kematian itu maha hebat.
*. Kuasa kebangkitan Kristus ada pada orang percaya.
*. Kuasa (dynamis) mengandung arti kapasitas atau kemampuan untuk
melakukan atau mempengaruhi sesuatu/orang.
*. Kuasa itu diberikan padasaat pertobatan (band. Kol. 2:11-12; 1Pet. 3:21).
Kuasa yang ada padaorang percaya amat dahsyat dan diasosiasikan
dengan kehadiran Roh Kudus di dalamdiri orang percaya (band.Kis. 1:8).
*. Allah ingin kita hidup dalam kuasa kebangkitan Kristus(1:17).
*. Roh Allah ini agar kita mengerti kehebatan kuasa-Nya bagi kita yang
percaya. Kata “mengerti” ( eido dan sinonim dengan epignosis, Ef. 1:17)
bukan sekedar mengetahui secara intelektual kuasa itu, tetapi juga
bermakna memberikan perhatian untuk mengenalnya hingga akrab dalam
pengalaman nyata.
*. Kuasa kebangkitan Kristus yang ada pada kita dimaksudkan untuk
menjalankehidup
an kekristenan kita secara benar (band. Rom. 8:11-13; Fil.
2:12-13; 4:13; Ed. 3:20; 6:10).
*. Cara kita untuk mengenal dan hidupdalam kuasa kebangkitan
Kristusadalah dengan berdoa tak henti-henti-Nya
(Ef. 1:15-17).
*. Berdoa denganucapan syukur.
*. Berdoa denganketekunan
/ terus menerus.
*. Berdoa denganpermohona n.
*. Hasil dari hidup dalam kuasa kebangkitan Kristusadalah Allah akan
meninggikan dan mempermuliakan kita, sebagaimana (meskipun tidak
sama) Dia meninggikan dan memuliakan Kristus di sebelah kanan-Nya (Ef.
1:20).
Kesimpulan / Penerapan
1. Karena Kristus Yesus telah bangkit mengalahkan kematian, maka kita
bisa mendapatkan kehidupan yang benar dan berkenan di hati Allah, kita
memiliki kuasa yang dahsyat dalam menjalan kehidupan kekristenan, dan
kita memiliki masa depan yang penuh kemuliaan.
2. Mintalah dalam ketekunan doa agar RohKudus mememberikan hikmat-
Nya kepada kita untuk bisa hidup dalam kuasa kebangkitan Kristus.
Di katakan dalam artikel tsb sbb:
Kebenaran menunjukkan keadaan
hubungan kita dengan Allah, yakni
Dia memandang kita bukan sebagai orang berdosa / bersalah yang patut
dihukum, tetapi sebagai orang benar / tidak bersalah (meskipun dalam
kenyataannya secara moral kita telah berdosa/bersalah).
Dia memandang kita bukan sebagai orang berdosa / bersalah yang patut
dihukum, tetapi sebagai orang benar / tidak bersalah (meskipun dalam
kenyataannya secara moral kita telah berdosa/bersalah).
Komentarku ( Mahrus ali):
Hal itu memberi kesan kepada saya
bahwa kalangan ahli bid`ah itu juga punya anggapan perbuatan dosa yang banyak
itu tidak ada resikonya karena Rasulullah SAW akan memberikan safaat padanya. Lihat
komentar pengarang Burdah sbb:
يَاأَكْرَمَ الخَلْقِ مَالِي مَنْ أَلُوْذُ
بِهِ سِوَاكَ عِنْدَ حُلُولِ
الحاَدِثِ العَمِمِ
Wahai mahluk termulia ( Muhammad ), aku
tidak memiliki perlindungan kecuali kepadamu
ketika bahaya melanda.
فَإِنَّ مِنْ جُودِكَ الدُّنْياَ
وَضَرَّتَهاَ وَمِنْ عُلُوْمِكَ عِلْمَ
اللَّوْحِ وَالقَلَمِ
Sesungguhnya engkau ( Rasulullah ) sangat
pemurah dengan harta
dunia dan engkau mengetahui apa
yang di loh mahfud dan penanya .
إِنْ لَمْ يَكُنْ فِي مَعاَدَي آخِذاُ
بِيَدِي فَضْلاُ وَإِلاَّ فَقُلْ
ياَزَلَّةَ الَقَدَمِ
Bila Rasulullah saw di
hari kiamat tidak sudi memegang tanganku,
maka katakanlah kepadaku : “ Wahai orang
yang terpereset “
إِنَّ لِي ذِمَّةً مِنْهُ بِتَسْمِيَتيِ مُحَمَّدًا وَهُوَ أَوْفَى الْخَلْقِ
بِالذِّمَمِ
Sesungguhnya aku mempunya perjanjian
dari Muhammad karena aku di beri nama Muhammad dan dia adalah mahluk yang
paling setia dengan perjanjian
Al Utsaimin berkata : Kalimat tsb
sangat kufur dan terlalu dalam memuji Rasulullah SAW, mengapa penyair
menyekutukan kepada Allah dengan sesuatu. Rasulullah SAW itu mulia bukan karena beliau
bernama Muhammad tapi karena beliau adalah hamba dan utusanNya. [1]
Al Utsaimin melanjutkan perkataannya:
Sang penyair berlindung kepada
Rasulullah SAW di akhirat bukan kepada Allah azza wajal, dia menyebut bahwa dia
akan binasa bila tidak mendapat pertolongan Muhammad, dia lupa kepada Allah
yang di tanganNya bahaya, manfaaat, pemberian dan tidak memberi. Dialah yang
akan menyelamatkan para kekasihnya dan orang – orang yang taat. Sang penyair
menjadikan Rasulullah SAW penguasa dunia dan akhirat dan itulah sebagian dari
kedermawanan Rasulullah SAW. Lebih jelas Klik lagi disini:
Hal itu beda sekali dengan akidah Wahabi yang
menganggap manusia akan menerima hukuman atas dosa yang dijalankan. Lihat saja
ayat ini:
وَالَّذِينَ كَسَبُوا السَّيِّئَاتِ جَزَاءُ
سَيِّئَةٍ بِمِثْلِهَا وَتَرْهَقُهُمْ ذِلَّةٌ مَا لَهُمْ مِنَ اللَّهِ مِنْ
عَاصِمٍ كَأَنَّمَا أُغْشِيَتْ وُجُوهُهُمْ قِطَعًا مِنَ اللَّيْلِ مُظْلِمًا
أُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ(27)
Dan orang-orang yang mengerjakan
kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak
ada bagi mereka seorang pelindung pun dari (azab) Allah, seakan-akan muka
mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gulita. Mereka itulah
penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. Yunus.
Yesus kristus hidup itu mirip dengan
akidah ahli bid`ah , syi`ah bahwa para wali – wali atau imam – imam mereka dalam
keadaan hidup di kuburannya yang layak bisa bermanfaat kepada kita yang hidup,
beda sekali dengan akidah wahabi yang menyatakan mereka sudah mati, tidak hidup
di alam kubur. Hal ini berdasarkan ayat;
إِنَّكَ مَيِّتٌ وَإِنَّهُمْ مَيِّتُونَ(30)
Sesungguhnya kamu akan mati dan
sesungguhnya mereka akan mati (pula).Zumar
Di alam kubur, manusia tidur dan
tidak bangkit kecuali di hari kiamat , lihat ayat sbb:
ثُمَّ إِنَّكُمْ بَعْدَ ذَلِكَ لَمَيِّتُونَ(15)ثُمَّ
إِنَّكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ تُبْعَثُونَ(16)
Kemudian setelah itu, kalian akan
mati dan nanti di hari kiamat kalian
akan dibangkitkan. Al Mukminun
Mau nanya hubungi kami:
088803080803.( Smart freand) 081935056529 ( XL )
088803080803.( Smart freand) 081935056529 ( XL )
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
Waru Sidoarjo. Jatim.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberi komentar dengan baik