Sumber : http://blogseotest.blogspot.com/2012/01/cara-memasang-artikel-terkait-bergambar.html#ixzz2HNYeE9JU

Pages

Blogroll

Jumat, 11 Mei 2018

Jawabanku untuk members di FMP WA

.
مصنف عبد الرزاق الصنعاني (6/ 87)
قال: ابن جريج: وقال لنا موسى (ابن عقبة): قال نافع: فسمعت أسلم مولى عمر يحدث عن ابن عمر: أن أهل الجزية من أهل الشام أتوا عمر بن الخطاب فقالوا: إن المسلمين إذا نزلوا بنا يكلفونا الغنم والدجاج، فقال عمر: «اطعموهم من طعامكم الذي تأكلون، ولا تزيدوهم على ذلك»
Dari IbnuUmar :” Sesungguhnya orang – orang yg wajib bayar  jizyah dr penduduk Syam datang kpd Umar bin Al Khatthab lalu berkata : Sesunguhnya kaum muslimin bila  singgah pd kami membebani kami untuk memotong Kambing dan Ayam “. Umar ra  berkata: “ Berilah mkn mereka dr makanan yg kamu makan dan angan lebih dr itu”.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
وفي حديث آخر: فلما قدم عمر الشام شكوا إليه وقالوا: يا أمير المؤمنين، إنهم يكلفونا ما لا نطيق، يكلفونا الدجاج والشاء. فقال: لا تطعموهم إلا مما تأكلون مما يحل لهم من طعامكم.

الكتاب: مختصر تاريخ دمشق لابن عساكر
المؤلف: محمد بن مكرم بن على، أبو الفضل، جمال الدين ابن منظور الانصاري الرويفعى الإفريقى (المتوفى: 711هـ)
المحقق: روحية النحاس، رياض عبد الحميد مراد، محمد مطيع
دار النشر: دار الفكر للطباعة والتوزيع والنشر، دمشق - سوريا
الطبعة: الأولى، 1402 هـ - 1984م
عدد الأجزاء: 29
[ترقيم الكتاب موافق للمطبوع وهو ضمن خدمة التراجم]
Dlm hadis terahir ini , Umar yg datang ke Syam bukan mereka datang kpd Umar beda sekali pemahamannya dengan atsar pertama. Hal ini dinamakan idhtirab – kacau makna lalu di katakana lemah karenanya.
مالك: الموطأ 1: 164، وعبد الرزاق: المصنف 6: 85- 88 و 0 1: 328، 329، 331
الأموال لابن زنجويه (1/ 369)

597 - أنا أَبُو نُعَيْمٍ، أنا زُهَيْرٌ، عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ، عَنْ نَافِعٍ، قَالَ: سَمِعْتُ أَسْلَمَ، يُحَدِّثُ ابْنَ عُمَرَ أَنَّ أَهْلَ الذِّمَّةِ، مِنْ أَهْلِ السَّوَادِ أَتَوْا عُمَرَ، فَقَالُوا: إِنَّ الْمُسْلِمِينَ يُكَلِّفُونَا فِي ضِيَافَتِهِمْ إِذَا نَزَلُوا ذَبْحَ الْغَنَمِ وَالدَّجَاجِ، فَقَالَ عُمَرُ: «أَطْعِمُوهُمْ مِنْ طَعَامِكُمُ الَّذِي تَأْكُلُونَ أَنْتُمْ، لَا تَزِيدُوهُمْ عَلَيْهِ»

Di  hadis  di atas  di jelaskan bahwa  kafir dzimmi  dr  ahlus sawad ( penduduk Irak / kadang  di artikan penduduk desa  yg bukan badui , kadang  di artikan : penduduk desa dan badui . Yg penting bukan penduduk kota.).  datang pd Umar ra .

البيان في مذهب الإمام الشافعي (2/ 552)
وأما أهل السواد - وهم من كان خارج المصر الذين يجب عليهم حضور الجمعة بسماع النداء من المصر
Intinya ahlus sawad adalah penduduk di luar kota yg hrs datang jum`at bila mendengar adzan.
Boleh liht di sini tentang pengertian ahlus sawad .
لا يختلف استعمال الفقهاء له عن معناه اللغوي، فقد يراد منه أهل العراق، [۱۰] [۱۱] [۱۲] [۱۳] وقد يراد منه أهل القرى ونحوها.
إلّاأنّه بالمعنى الأخير قد يستعمل في مقابل أهل البادية الذين يسكنون الخيم ، وقد لا يستوطنون في مكان ثابت . [۱۴] [۱۵] [۱۶] [۱۷] [۱۸]
ويستعمل كثيراً في مقابل الحضري فيعم القروي و البدوي كما يظهر بمراجعة كلماتهم و الفروع المذكورة في أهل السواد

Intinya : Ahlus sawad adalah Penduduk Irak / kadang  di artikan penduduk desa  yg bukan badui , kadang  di artikan : penduduk desa dan badui . Yg penting bukan penduduk kota
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Jadi bukan penduduk Syam sj , Kalimat nya bukan  ahlus syam tp ahlus sawad .
Maknanya beda sekali, tdk sm dr perawi yg sama  yaitu Nafi` . Sanadnya  jg tafarrud  pd Nafi`. 
Ini namanya  idhtirab – kacau maknanya. Hal ini bikin atsar tsb lemah
Bila di sahihkan, lalu mn yg di ambil antara dua atsar yg maknanya bertentangan itu.
Bila di ambil  salah satunya , mk atas dasar apa ? Apalagi sanadnya sama sahihnya.
Bila di ambil keduanya tdk bisa karena maknanya bertentangan.
Kembali kpd pakem ilmu hadis yaitu di lemahkan atsar  spt itu.
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ    مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ اْلفَنِ
      Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Hadis tentang ahlul jizyah menjamu tamu kaum muslimin  selama tiga hari  dengan memotong ayam dan kambing  adalah lemah.
Tdk boleh  di buat pegangan untuk menghalalkan ayam. Apalagi ia sekedar atsar , bukan hadis atau ayat. Atsar yg menyalahi hadis  sahih atau ayat hrs di buang.
Pemotongan ayam untuk menu makanan adalah menyalahi hadis pelarangan  hewan bercakar yg sahih.
Bila tdk di buang, mk  akan membingungkan .
Bila tdk, mk kita akan buang ayat  atau hadis sahih itu.
Bila atsar itu sahih , mengapa tiada sahabat yg menceritakannya kecuali satu orang.
Bila di sahihkan , kita akan melanggar pakem ilmu hadis  yaitu hadis yg kacau maknanya adalah lemah.
Bila di sahihkan , mk sekedar atsar bukan hadis.
Atsar menjamu tamu dg ayam itu nyeleneh sekali, para sahabat tdk berbuat  sesuatu spt itu. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   tdk pernah mkn ayam, lalu bgmn sahabatnya  memakannya.
Saya  sj sdh sebelas tahun tdk makan ayam dan tdk berani memakannya karena da larangan  makan burung bercakar . Apalagi para sahabat.



 أخبرنا عبد الرزاق قال : أخبرنا معمر ، عن أيوب ، عن نافع ، عن أسلم ، مولى عمر : أن عمر ضرب الجزية ، وكتب بذلك إلى أمراء الأجناد : أن لا يضربوا الجزية إلا على من جرت عليه الموسى ، ولا يضربوها على صبي ، ولا على امرأة ، فضرب على أهل العراق أربعين درهما على كل رجل ، وضرب على أهل العراق أيضا خمسة عشر صاعا ، وضرب على أهل الشام أربعة دنانير على كل رجل ، وضرب على أهل الشام أيضا مدين من قمح ، وثلاثة أقساط من زيت ، وكذا وكذا شيئا من العسل ، والودك ، لم يحفظه أيوب أو نافع ، وضرب على أهل مصر أربعة دنانير على كل رجل ، وضرب على أهل مصر أيضا إردبا من قمح ، وشيئا لا يحفظه ، وكسوة أمير المؤمنين ضريبة مضروبة ، وعليهم ضيافة المسلمين ثلاثا ، يطعمونهم مما يأكلون مما يحل للمسلمين من طعامهم ، فلما قدم عمر الشام شكوا إليه أنهم يكلفونا الدجاج ، فقال عمر : " لا تطعموهم إلا مما تأكلون مما يحل لهم من طعامكم " .
http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?bk_no=73&ID=1150&idfrom=9651&idto=9662&bookid=73&startno=6
Dlm  atsar ini , hanya  di bebani dengan menyembelih ayam  sj tanpa kambing bagi ahlil jizyah – pembayar upeti.
Jd  maknanya beda lg.
Di atsar dulu  di bebani dengan memotong Kambing dan Ayam , tp  di sini  tanpa Kambing ,  cukup Ayam sj.

الجامع الصحيح للسنن والمسانيد (37/ 195)
عب) , وَعَنْ نَافِعٍ قَالَ: سَمِعْتُ أَسْلَمَ مَوْلَى عُمَرَ يُحَدِّثَ ابْنَ عُمَرَ - رضي الله عنهما - أَنَّ أَهْلَ الْجِزْيَةِ مِنْ أَهْلِ الشَّامِ أَتَوْا عُمَرَ , فَقَالُوا: إِنَّ الْمُسْلِمِينَ إِذَا نَزَلُوا بِنَا كَلَّفُونَا الْغَنَمَ وَالدَّجَاجَ , فَقَالَ عُمَرُ: أَطْعِمُوهُمْ مِنْ طَعَامِكُمُ الَّذِي تَأكُلُونَ , وَلَا تَزِيدُوهُمْ عَلَى ذَلِكَ. (1)

الجامع الصحيح للسنن والمسانيد (37/ 195)
(1)     (عب) 19266 , رقم الحديث في الإرواء: 1263 , وقال صاحب (التكميل لِمَا فات تخريجه في إرواء الغليل): لم يتكلم عليه المخرِّج بشيء , وهو خبر صحيح، من أسانيده ما هو على شرط الشيخين. أ. هـ
Menurut pengarang kitab “ al jami` as sahih  lis sunnan wal masanid “  Intinya  Al bani tdk beri komentar atsar menjamu tamu dg kambing  dn ayam. Tp ia adalah  kabar  / atsar yg sahih . Dr  segi sanad – sanadnya ada yg memenuhi persaratan perawi Bukhari dan Muslim.

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Tdk bisa di katakana kabar atau atsar yg sahih karena maknanya bertentangan antara satu riwayat dg yg lain dan sanadnya jg tafarrud pd Nafi`.
Ia  atsar yg syadz, buktinya  tidak ada pendukungnya . Semua riwayat bermuara pd Nafi`. Tiada perawi lainnya.
Saya menyatakan atsar tersebut tafarrud pd Nafi`. Sbb, sy tdk menjumpai rawi lainnya yg meriwayatkan  atsar itu.  Dan ini jg tanda kelemahan.


  ــ  نافع أبو عبد الله المدنى ( قيل إن أصله من المغرب و قيل من نيسابور و قيل غير ذلك ) مولى عبد الله بن عمر بن الخطاب القرشى
الطبقة : 3  : من الوسطى من التابعين
الوفاة : 117 هـ أو بعد ذلك
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت فقيه مشهور
مرتبته عند الذهبـي : من أئمة التابعين و أعلامهم
Nafi` itu termasuk tingkat tiga pertengahan tabiin , wafat 117 H. Jadi di masa beliau , kisah  di atas  tdk dikenal, Ratusan tabiin  dan sahabat tdk mengenalnya sampai mati.
Bahkan pr sahabat sampai mati tdk kenal  kisah itu.
Bila  ada  mk tunjukkan tabiin selain Nafi` dan sahabat selain Ibn Umar yg tahu masalah itu. Mestinya banyak sahabat yg tahu.
Realitanya tdk ada yg phm  kisah itu. Bila di cari dlm refrensi kitab, mk tdk akan di temukan.

2642 - [6311]- حديث: يروى أن جماعة من أهل الذمة أتوا عمر فقالوا: إن المسلمين إذا مرّوا بنا كلّفونا ذبائح الغنم والدجاج، فقال: أطعموهم مما تأكلون، ولا تزيدوهم عليه.
لم أجده (2)، وذكر ابن أبي حاتم (3) من طريق صعصعة بن يزيد، أو يزيد بن صعصعة، عن ابن عباس، من قوله.
إرواء الغليل في تخريج أحاديث منار السبيل (5/ 103)
 [1] قال صاحب التكميل ص / 69:
لم يتكلم عليه المخرج بشىء.
وهو قطعة من خبر أسلم المشهور فى كتاب عمر فى الجزية.
Intinya: Segolongan dr Ahli dzimmah datang kpd Umar………………..
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Segolongan yg datang pd Umar bukan ahli jizyah di Syam  atau  di Irak spt riwayat yg lalu.
Hadis ini bikin  idhtirab lg, kacau maknanya bertambah satu lagi, jadi tambah bullet.
Atsar tersebut bila sahih, ia sekedar atsar sahabat yg tdk bisa di buat pegangan, hrs dilepaskan. Perkataan dan perbuatan  sahabat itu bukan hujjah.
Bila di jadikan hujjah, mk bgmn bila mereka  menjalankan kesalahan  spt peperangan antara  kubu Aisyah  dan kubu Ali?

NO WA sy yg baru 08883215524





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar dengan baik