Sumber : http://blogseotest.blogspot.com/2012/01/cara-memasang-artikel-terkait-bergambar.html#ixzz2HNYeE9JU

Pages

Blogroll

Kamis, 17 Agustus 2017

Fase ke 15 tentang sorban

Fase ke 15 tentang sorban
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ مُغِيرَةَ بْنِ زِيَادٍ عَنْ أَبِي عُمَرَ مَوْلَى أَسْمَاءَ قَالَ
رَأَيْتُ ابْنَ عُمَرَ اشْتَرَى عِمَامَةً لَهَا عَلَمٌ فَدَعَا بِالْجَلَمَيْنِ فَقَصَّهُ فَدَخَلْتُ عَلَى أَسْمَاءَ فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لَهَا فَقَالَتْ بُؤْسًا لِعَبْدِ اللَّهِ يَا جَارِيَةُ هَاتِي جُبَّةَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَجَاءَتْ بِجُبَّةٍ مَكْفُوفَةِ الْكُمَّيْنِ وَالْجَيْبِ وَالْفَرْجَيْنِ بِالدِّيبَاجِ
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Waki' dari Mughirah bin Ziyad dari Abu Umar mantan budak Asma, dia berkata, "Saya melihat Ibnu Umar membeli surban yang bergambar ( garis ) , kemudian dia meminta di ambilkan gunting lalu mengguntingnya. Setelah itu aku menjumpai Asma dan kuceritakan hal itu kepadanya, Asma lantas berkata, "Sungguh buruk apa yang telah di lakukan oloeh Abdullah! Wahai pembantu, ambilkanlah jubah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam." Kemudian pembantu wanita itu datang dengan membawa jubah berlengan dan bersaku serta kedua lobangnya ( lobang untuk leher dan bawah )  bergaris yang terbuat dari dibaj ( sutera)."   Maksudnya ( Tepi dua lengan, tepi saku dan tepi dua belahan   muka dan belakang  di  lapisi dg kain sutra ).
HR Ibnu Majah HADIST NO – 3584

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Atsar tsb menjelaskan bahwa Ibnu Umar membeli sorban .
التمهيد لما في الموطأ من المعاني والأسانيد (14/ 255)
وَأَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَكْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ قَالَ حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ قَالَ حَدَّثَنَا الْمُغِيرَةُ بْنُ زِيَادٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ أَبُو عُمَرَ مَوْلَى أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِي بَكْرٍ قَالَ رَأَيْتُ ابْنَ عُمَرَ فِي السُّوقِ اشْتَرَى ثَوْبًا شَامِيًّا فَرَأَى فِيهِ خَيْطًا أَحْمَرَ فَرَدَّهُ فَأَتَيْتُ أَسْمَاءَ وَذَكَرَ الْحَدِيثَ
  Dlm atsar ini , bukan  sorban yg di beli  oleh Ibnu Umar tp kain baju dr Syam , lalu beliau  melihat ada benang merahnya lalu di kembalikan.

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dari sg redaksi  atsar , blm bisa di buat pegangan bahwa Ibnu Umar membeli sorban. Karena di riwayat lain , bukan sorban yg di beli  tp kain baju Syam . Dan ttg atsar itu sy blm tahu  ulama yg mensahihkan scr mutlak. Apalagi  redaksinya kacau begitu. Yakni dlm satu riwayat  sorban yg di beli , di riwayat lain bukan sorban tp kain baju.

Cacat dr sg sanad.
البدر المنير (5/ 49)
 وَإِسْنَاده صَحِيح إِلَّا الْمُغيرَة بن (زِيَاد) الْموصِلِي أحد رِجَاله، فَاخْتلف فِي توثيقه، ضعفه أَحْمد وَالنَّسَائِيّ وَالدَّارَقُطْنِيّ، وَوَثَّقَهُ يَحْيَى فِي رِوَايَة، وَقَالَ وَكِيع: كَانَ ثِقَة. وَوَثَّقَهُ أَيْضا الْأَزْدِيّ، وَرَوَاهُ ابْن مَاجَه فِي «سنَنه» فِي كتاب اللبَاس بِالْإِسْنَادِ الْمَذْكُور وَلَفظه: عَن (ابْن) أبي عمر مولَى أَسمَاء قَالَ: (رَأَيْت ابْن عمر اشْتَرَى عِمَامَة (لَهَا) علم، فَدَعَا (بالقَلَمين) (فقصه) فَدخلت عَلَى أَسمَاء فَذكرت (ذَلِك لَهَا) فَقَالَت: بؤسًا لعبد الله! يَا
Intinya : Seorang perawi bernama Mughirah bin Ziyad masih hilap , ada yg menyatakan terpercaya. Tp Imam Ahmad , Nasai  dan Daroquthni menyatakan dia lemah.  Tp Yahya , Waki` dan al azdi menyatakan dia perawi terpercaya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Ttg sanad nya masih hilap antara  sahih dan lemah. Sdg redaksinya  kacau. Sudah tentu atsar itu lemah – ya`ni atsar Ibn Umar membeli kain atau sorban itu lemah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar dengan baik