Sumber : http://blogseotest.blogspot.com/2012/01/cara-memasang-artikel-terkait-bergambar.html#ixzz2HNYeE9JU

Pages

Blogroll

Rabu, 06 Maret 2013

Haul Habib Hasan Al-Idrus Solo Diperingati

Solo, NU Online
Peringatan haul Habib Hasan bin Husain Al-Idrus diselenggarakan, Sabtu malam (2/3), di kediaman rumah puteranya, Habib Husain bin Hasan Al-Idrus, di daerah Pasar Kliwon Solo.

Habib Hasan Al-Idrus, merupakan salah seorang tokoh pendakwah Islam yang hijrah ke Kota Solo. Ia lahir di Tarim, Yaman. kepindahannya ke Solo tak lepas dari pamannya, Habib Muhammad bin Husein Alaidrus (Habib Neon). Hasan kecil tumbuh berkembang dan mendapatkan pendidikan langsung dari kedua orang tuanya.

Setelah dewasa ia dikenal memiliki pandangan luas tapi kuat dalam berprinsip. Dalam berbagai ilmu diantaranya ilmu nahwu dan fiqh, ia menjadi rujukan dari berbagai madzhab. Oleh beberapa ulama ia disebut sebagai Waliyyul mastur (wali yang tersembunyi).

“Beliau bagai mutiara yang tersembunyi, dan sekarang menunjukkan sinarnya,” kata Habib Ja’far seperti yang tertulis pada manaqib Habib Hasan.

Semasa hidupnya, ia menghasilkan beberapa karya diantaranya adalah Kitab Bulughul Murad Wasiyyatil Aulad yang berisi syair dan terkandung banyak hikmah dan nasehat di dalamnya. Habib Hasan wafat pada malam Jumat 25 Mei 1974. Jasadnya dimakamkan di Pemakaman Tipes, Solo.

Habib Muhsin Al-Jufri yang memberikan ceramah mengatakan, “Acara semacam ini bertujuan untuk mengenang kaum solihin. Agar kita bisa meneladani dan cinta kepada mereka,”

Acara haul ini juga berdekatan dengan acara haul Habib Ali Al-Habsyi (mualif kitab maulid Simtudurar), yang sedianya akan dilaksanakan pada hari Ahad (3/3) di Masjid Riyadh, Solo. Haul kedua tokoh tersebut secara rutin diadakan setahun sekali setiap bulan Rabi'ul Akhir.


Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Ajie Najmuddin



Komentarku ( Mahrus ali): 

  Seorang wali itu tidak mungkin menjadi tokoh ahli bid`ah yang suka menegakkan kebid`ahan dan menumbangkan sunnah. Jarang berkumpul  dengan ahlis sunnah, kesenangannya  berkumpul dengan ahli bid`ah. Seorang wali itu ahlisunnah yang anti kebid`ahan untuk menegakkan sunnah rasul dalam rangka menumbangkan segala macam kebid`ahan yang menyesatkan umat rasul bukan mengarahkan kepada kebenaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar dengan baik