Sumber : http://blogseotest.blogspot.com/2012/01/cara-memasang-artikel-terkait-bergambar.html#ixzz2HNYeE9JU

Pages

Blogroll

Kamis, 13 April 2017

KIsah hoax turunnya Nabi Isa ke 9

Kisah hoax turunnya Nabi Isa as , fase ke 9
Jawabanku untuk Dr Muslih A Karim
Dlm salah satu web Aceh ada keterangan sbb:
Nabi Isa Alaihissalam -- yang oleh orang Nasrani disebut Yesus -- menjadi bahan kontroversi antara Islam, Nasrani, dan Yahudi. Orang Yahudi mempercayai bahwa mereka telah membunuh Isa, dan orang-orang Nasrani meyakini bahwa Isa telah disalib dan dikubur.
Namun, kaum Muslimin meyakini dengan jelas dan tegas bahwa Nabi Isa tidak disalib atau dibunuh, melainkan 'diangkat' oleh Allah SWT. Nabi Isa akan kembali ke dunia, di suatu masa, di akhir zaman.
Nabi Isa Alaihissalam adalah salah seorang dari lima nabi dan rasul yang diberi gelar 'Ulul Azmi, yakni memiliki sejumlah keistimewaan. Kelima nabi dan rasul yang mendapat gelar itu adalah Nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Muhammad SAW.
''Ada 33 hadis shahih yang menegaskan bahwa Nabi Isa akan kembali turun ke bumi. Bahkan, ada yang mengatakan sampai 90 hadis,'' tutur Dr Muslih A Karim, dosen Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, pada sebuah kesempatan.
Dia lalu menyebutkan, ada tujuh ciri kedatangan kembali Nabi Isa:
Pertama, Nabi Isa akan turun di Menara Putih, yakni Masjid Bani Umayyah di Damaskus Timur.
Kedua, Isa akan membunuh Dajjal (gembong penjahat yang mengaku sebagai penyelamat) di Dataran Tinggi Golan (Syria).
Ketiga, Isa akan bertemu Ya'juz dan Ma'juz, dan semua tokoh jahat dan pengikutnya itu akan tewas.
Keempat, Isa akan mendakwahkan agama Tauhid seperti yang dibawa oleh Nabi Muhammad maupun nabi-nabi lain sebelumnya.
Kelima, Isa akan melakukan haji dan umrah.
Keenam, Isa datang, dunia penuh keberkahan. Misalnya, sebutir buah delima bisa membuat 40 orang kenyang.
Ketujuh, setelah Isa datang, selama tujuh tahun kondisi dunia sangat aman.
''Intinya, Nabi Isa sekarang ini belum meninggal. Dia akan turun lagi di akhir zaman untuk menegakkan Islam,'' ungkap Muslih.
Tempat Turunnya Nabi Isa AS
Sejak dilahirkan, Isa sudah memiliki keistimewaan (mukjizat), yakni bisa berbicara sejak dalam buaian (QS Ali Imran [3]:46, Almaidah [5]:110, Maryam [19]:29-33), menghidupkan orang mati dengan izin Allah, menciptakan burung dari tanah, menyembuhkan orang buta, sakit sopak (kusta) (lihat QS Ali Imran [3]:49), dan menyuguhkan hidangan dari langit (Almaidah [4]:114). Selain itu, Allah SWT juga memberikan padanya sebuah kitab suci, yakni Injil (QS Almaidah [5]:46).
Saat muncul rencana jahat dari kaum Bani Israil (Yahudi) yang bermaksud membunuhnya, Allah SWT kemudian menyelamatkannya dengan mengangkatnya ke langit. Orang yang dibunuh oleh Yahudi itu adalah orang yang diserupakan dengan Isa. Yang dibunuh tersebut adalah pengikut Isa yang telah berkhianat, yakni Yudas Iskariot.
''Dan, karena ucapan mereka, 'Sesungguhnya, kami telah membunuh Al-Masih, Isa putra Maryam, rasul Allah,' padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya, orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka. Mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.'' (Annisaa' [5]: 157).
Isa diselamatkan oleh Allah dengan jalan diangkat ke langit dan ditempatkan di suatu tempat yang hanya Allah SWT yang tahu tentang hal ini. Alquran menjelaskan peristiwa penyelamatan ini.
''Tetapi, (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan, adalah Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. (Annisaa' [5]:158).
http://www.atjehcyber.net/…/inilah-tempat-turunnya-nabi-isa…
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dlm web itu di jelskan : Nabi Isa Alaihissalam adalah salah seorang dari lima nabi dan rasul yang diberi gelar 'Ulul Azmi, yakni memiliki sejumlah keistimewaan. Kelima nabi dan rasul yang mendapat gelar itu adalah Nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Muhammad SAW.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Ulul azmi ada lima Rasul itu sbtulnya tdk ada dalilnya yg pas.
( وأخرج ابن أبي حاتم وابن مردويه عن ابن عباس قال‏:‏ أولو العزم من الرسل النبي صلى الله عليه وسلم ونوح وإبراهيم وموسى وعيسى‏.‏
Intinya menurut Ibn Abbas : Ulul azmi ada lima .Nabi Muhammad , Nuh as , Ibrahim as, Musa as, Nabi Isa as
وأخرج عبد بن حميد وأبو الشيخ والبيهقي في شعب الإيمان وابن عساكر عن أبي العالية ‏{‏فاصبر كما صبر أولو العزم من الرسل‏}‏ قال‏:‏ نوح وهود وإبراهيم فأمر رسول الله صلى الله عليه وسلم أن يصبر كما صبروا وكانوا ثلاثة ورسول الله صلى الله عليه وسلم رابعهم قال نوح‏:‏ ‏"‏يا قوم إن كان كبر عليكم مقامي وتذكيري بآيات الله‏)‏ ‏(‏يونس، الآية 71‏)‏ إلى آخرها فأظهر لهم المفارقة وقال هود حين ‏(‏قالوا‏:‏ إن نقول إلا اعتراك بعض آلهتنا بسوء قال إني أشهد الله وأشهدوا أني بريء مما تشركون من دونه‏)‏ ‏(‏تعود‏؟‏ ‏؟‏ الآية 53‏)‏ فأظهر لهم المفارقة قال لإبراهيم ‏(‏لقد كان لكم أسوة حسنة في إبراهيم‏)‏ ‏(‏الممتحنة، الآية 4‏)‏ إلى آخر الآية فأظهر لهم المفارقة قال يا محمد‏:‏ ‏(‏قل إني نهيت أن أعبد الذين تدعون من دون الله‏)‏ ‏(‏الأنعام الآية 56‏)‏ فقام رسول الله صلى الله عليه وسلم عند الكعبة فقرأها على المشركين فأظهر لهم المفارقة‏.‏
Intinya : Menurut Abul aliyah : Ulul azmi ada empat : Nuh , Hud , Ibrahim dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam .
وأخرج ابن عساكر عن قتادة في قوله ‏{‏أولو العزم‏}‏ قال‏:‏ هم نوح وهود وإبراهيم وشعيب وموسى‏.‏
Menurut Qatadah , Ulul azmi adalah Nuh , Hud, Ibrahim, Syuaib dan Musa.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan Nabi Isa tdk termasuk .
وأخرج ابن المنذر عن ابن جريج قال ‏{‏أولو العزم‏}‏ إسماعيل ويعقوب وأيوب، وليس آدم منهم ولا يونس ولا سليمان‏.‏
Intinya : Ulul azmi adalah Ismail , Ya`qub dan Ayyub , bukan Adam , Yunus dan Sulaiman.
وأخرج ابن مردويه عن جابر بن عبد الله رضي الله عنه قال‏:‏ بلغني أن أولي العزم من الرسل كانوا ثلثمائة وثلاثة عشر‏.‏ ) انتهى المراد نقله .
Menurut Jabir bin Abdillah Ulul azmi itu berjumlah tiga ratus tiga belas…………………
https://vb.tafsir.net/tafsir1171/#.WO0XiEWGPIU
نص الإجابة العزم معناه‏‏ القوة والثبات والعزم في الأمر والله - سبحانه وتعالى - قال لنبيه محمد صلى الله عليه وسلم‏‏ : ‏( ‏فَاصْبِرْ كما صَبَرَ أُوْلُوا الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ وَلَا تَسْتَعْجِلْ لَهُمْ ) ‏ [الأحقاف‏‏ : 35‏]‏ لما اشتد أذى الكفار على رسول الله - صلى الله عليه وسلم - أمره الله بالصبر والتحمل وانتظار الفرج اقتداء بإخوانه من أولي العزم من الرسل ، أما من هم أولو العزم‏‏ فالمشهور أنهم خمسة هم‏‏ نوح وإبراهيم وموسى وعيسى ومحمد - صلى الله عليه وسلم - وصلى الله عليهم أجمعين وهم المذكورون في قوله سبحانه وتعالى‏‏ : ‏( ‏ وَإِذْ أَخَذْنَا مِنَ النَّبِيِّينَ مِيثَاقَهُمْ وَمِنْكَ وَمِنْ نُوحٍ وَإِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ وَأَخَذْنَا مِنْهُمْ مِيثَاقًا غَلِيظًا ) ‏[‏الأحزاب‏‏ : 7‏]‏ وفي قوله تعالى‏‏: ‏( ‏شَرَعَ لَكُمْ مِنَ الدِّينِ مَا وَصَّى بِهِ نُوحًا وَالَّذِي أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى وَعِيسَى أَنْ أَقِيمُوا الدِّينَ ) ‏[‏الشورى‏‏ : 13‏]‏ هؤلاء الخمسة المذكورون في هاتين الآيتين الكريمتين قال كثير من المفسرين‏‏ : إنهم هم أولو العزم ، ومن المفسرين من يرى أن الرسل كلهم أولو عزم وأن ‏‏(مِن‏)‏ في قوله تعالى‏‏ : ‏( ‏مِنَ الرُّسُلِ ) ‏[‏الأحقاف‏‏ : 35‏]‏ بيانية وليست تبعيضية ، ومنهم من يرى أن أولي العزم أكثر من هؤلاء الخمسة وليس كل الرسل من أولي العزم ولكنهم أكثر من هؤلاء الخمسة‏‏ ، والأقوال مذكورة في كتب التفسير والله تعالى أعلم .‏‏
http://www.alfawzan.af.org.sa/node/6672
Intinya : Menurut Syaikh Shaleh Fauzan , ulama berbeda ttg Ulul azmi .
Kebanyakan ahli tafsir ulul azmi hanya lima yg termaktub Ahzab 7 dan 13 Syura.
Sebagian kalangan ahli tafsir jg menyatakan: “ seluruh Rasul ulul azmi”
Sebagian lg menyatakan Ulul azmi lebih dr lima.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sy tdk mendetil dlm mengkaji tema ini, karena bukan primer topik.
Dlm web itu dikatakan :
''Ada 33 hadis shahih yang menegaskan bahwa Nabi Isa akan kembali turun ke bumi. Bahkan, ada yang mengatakan sampai 90 hadis,'' tutur Dr Muslih A Karim, dosen Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, pada sebuah kesempatan.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Insya Allah kita akan mengkaji hadis – hadis tsb baik sanad dan matannya. Perinsip kita pembahasan hrs obyektif , ilmiyah dan tdk bersebrangan dg kitab suci al quran. Bukan taklid buta atau emosional yg dikedepankan.
Dia lalu menyebutkan, ada tujuh ciri kedatangan kembali Nabi Isa:
Pertama, Nabi Isa akan turun di Menara Putih, yakni Masjid Bani Umayyah di Damaskus Timur.
Kedua, Isa akan membunuh Dajjal (gembong penjahat yang mengaku sebagai penyelamat) di Dataran Tinggi Golan (Syria).
Ketiga, Isa akan bertemu Ya'juz dan Ma'juz, dan semua tokoh jahat dan pengikutnya itu akan tewas.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sayang tdk di cantumkan hadisnya. Tp pernah jg sy bhs . Sy kutipkan sbb:
Intinya hadis tsb hanya dr seorang bernama Ad Rahman bin Yazid bin Jabir . Siapakah beliau ini ? Lihat keterangan sbb:
ــ عبد الرحمن بن يزيد بن جابر الأزدى ، أبو عتبة السلمى الشامى الدمشقى الدارانى ( أخو يزيد بن يزيد بن جابر و والد عبد الله )
الطبقة : 7 : من كبار أتباع التابعين
الوفاة : 100 و بضع و خمسون هـ
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة
مرتبته عند الذهبـي : ثقة
4041
mausuah ruwatil hadis 4041.
Abd Rahman bin Yazid bin Jabir adalah orang Syam , Damaskus, bukan penduduk Medinah . Di saat beliau hidup, hanya beliau yg phm hadis itu,bukan orang lain . ribuan tabiin saat itu tdk phm hadis itu. Dan ini namanya tafarrudus syamiyin yg menjadi sinyal hadis itu lemah, nyeleneh saat itu sekalipun populer saat sekarang. Ia hadis munkar.
صحيح الجامع الصغير للألباني (2/ 766)
قال الشيخ الألباني : ( صحيح ) انظر حديث رقم : 4166 في صحيح الجامع
Al albani menyatakan hadis itu sahih.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Di sahihkan oleh siapapun , hakikatnya hadis itu di masa tabiin hanya di ketahui oleh satu orang yaitu Abd Rahman bin Yazid . Ia hadis gharib, munkar jg.
Cacat dr segi redaksi hadis :
Dlm hadis itu di katakan : “ Dia ( Dajjal ) adalah pemuda” . Riwayat Muslim.
Di riwayat lain sbb:
الإيمان لابن منده (2/ 955)
فَدَخَلُوهُ فَإِذَا هُمْ بِشَيْخٍ مَرْبُوطٍ بِسَلَاسِلَ فَسَأَلَهُمْ مَنْ هُمْ؟
Mereka masuk lalu menjumpai orang tua yg di rantai , lalu dia tanya pd mereka , siapa mereka itu …………………
Mana yg benar dan mn yg salah dr dua hadis itu? Ini namanya murat marit nya hadis Dajjal.
Dlm riwayat Muslim tsb dikatakan :
. Dia ( Dajjal ) adalah pemuda , matanya menonjol, mirip 'Abdu Al 'Uzza bin Qathan
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dajjal itu spt orang biasa, bukan paling besar.
Tp riwyat Muslim yg lain di katakan sbb:
صحيح مسلم - دار الجيل (8/ 204)
حَتَّى دَخَلْنَا الدَّيْرَ فَإِذَا فِيهِ أَعْظَمُ إِنْسَانٍ رَأَيْنَاهُ قَطُّ خَلْقًا وَأَشَدُّهُ وِثَاقًا مَجْمُوعَةٌ يَدَاهُ إِلَى عُنُقِهِ مَا بَيْنَ رُكْبَتَيْهِ إِلَى كَعْبَيْهِ بِالْحَدِيدِ
. Kami segera pergi hingga memasuki biara, ternyata disana ada orang terbesar yang pernah kami lihat, paling kuat dan dan talinya jg paling kokoh. Kedua tangannya terbelenggu dileher, antara lutut dan mata kakinya terbelenggu besi.
Menurut riwayat Muslim itu, Ya`juj ma`juj keluar setelah Dajjal keluar. Pd hal riwayat muslim yg lain Dajjal itu keluar ketika danau thabariyah tdk ada airnya.
Lihat ket sbb:
قَالَ أَخْبِرُونِي عَنْ بُحَيْرَةِ الطَّبَرِيَّةِ قُلْنَا عَنْ أَيِّ شَأْنِهَا تَسْتَخْبِرُ قَالَ هَلْ فِيهَا مَاءٌ قَالُوا هِيَ كَثِيرَةُ الْمَاءِ قَالَ أَمَا إِنَّ مَاءَهَا يُوشِكُ أَنْ يَذْهَبَ
Ia berkata: Beritahukan padaku tentang danau Thabari. Kami bertanya: Tentang apanya yang kau tanyakan? Ia menjawab: Apakah ada airnya? Mereka menjawab: Airnya banyak. Ia berkata: Ingat, airnya akan habis.
مرقاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح (8/ 3474)
وَفِي الْأَسْئِلَةِ الْمَذْكُورَةِ وَأَجْوِبَتِهَا الْمَسْطُورَةِ إِشَارَةٌ إِلَى أَنَّهَا عَلَامَاتٌ لِخُرُوجِهِ
Pertanyaan – pertanyaan tsb bersama jawaban jawabannya sbg isarat atau alamat bahwa Dajjal akan keluar.
Anehnya dlm hadis Dajjal keluar dlm hadis riwayat muslim di atas dlm keadaan air danau Thabiriah masih banyak lalu diminum sm ya`juj ma`juj.
Ini pengertian yg murat marit ttg hadis Dajjal .

Bersambung………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar dengan baik