Sumber : http://blogseotest.blogspot.com/2012/01/cara-memasang-artikel-terkait-bergambar.html#ixzz2HNYeE9JU

Pages

Blogroll

Selasa, 14 Februari 2017

Fase ke 5 ttg Dajjal

حَدَّثَنَا مَنْصُورُ بْنُ أَبِي مُزَاحِمٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ عَنْ الْأَوْزَاعِيِّ عَنْ إِسْحَقَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ عَمِّهِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
Telah menceritakan kepada kami Manhsur bin Abu Muzahim telah menceritakan kepada kami Yahya bin Hamzah dari Al Auza'i dari Ishaq bin Abdullah dari pamannya, Anas bin Malik sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda:
يَتْبَعُ الدَّجَّالَ مِنْ يَهُودِ أَصْبَهَانَ سَبْعُونَ أَلْفًا عَلَيْهِمْ الطَّيَالِسَةُ
Dajjal diikuti Yahudi Ashbahan sebanyak tujuhpuluh ribu, mereka mengenakan jubah hijau." HR Muslim HADIST NO – 5237
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Jubah hijau ini biasanya dipakai oleh ulama  persia.
جامع الأصول (10/ 361)
تعليق أيمن صالح شعبان - ط دار الكتب العلمية]
أخرجه مسلم (8/207) قال: حدثنا منصور بن أبي مزاحم، قال: حدثنا يحيى بن حمزة، عن الأوزاعي، عن إسحاق، فذكره.
Menurut riwayat Imam Ahmad sbb:
1609- عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَانِ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم:
يَخْرُجُ الدَّجَّالُ مِنْ يَهُودِيَّةِ أَصْبَهَانَ، مَعَهُ سَبْعُونَ أَلْفًا مِنَ الْيَهُودِ، عَلَيْهِمُ السِّيجَانُ.
Dajjal keluar dr kalangan Yahud Asbihan bersama tujuh puluh yahudi yg mengenakan jubah hijau. HR Ahmad
أخرجه أحمد 3/224 (13377) قال: حدثنا مُحَمد بن مُصْعَب، حدَّثنا الأَوْزَاعِي، عن رَبِيعَة، فذكره.
Intinya  , hadis  ttg Dajjal yg keluar dari Asbihan itu dr satu orang benama Auza`I . Bukan orang lain.

  ــ  عبد الرحمن بن عمرو بن أبى عمرو : يحمد الشامى الدمشقى ، أبو عمرو الأوزاعى ( إمام أهل الشام فى زمانه فى الحديث و الفقه )

المولد  :
الطبقة : 7  : من كبار أتباع التابعين
الوفاة : 157 هـ بـ بيروت
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة جليل ، فقيه
مرتبته عند الذهبـي : شيخ الإسلام ، الحافظ الفقيه الزاهد
mausuah ruwatil hadis 3967
Al auzai  adalah ;penduduk  Damaskus  di Syam  sana yg wafat  pd th 157. Saat  itu hadis Dajjal yg bersama Yahudi Asbihan hanya di ketahui oleh beliau. Tdk ada orang lain yg phm  atau yg berkata spt itu. Dan menurut kaidah pakar hadis dulu, hadis sedemikian ini  tanda kelemahan bukan  hadis  yg sahih.
( حم م ) عن أنس .
قال الشيخ الألباني : ( صحيح ) انظر حديث رقم : 8016 في صحيح الجامع
Hadis itu disahihkan oleh al bani …………………
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Di sahihkan oleh al albani atau lainya , hakikatnya hadis itu gharib- Sbb tiada yg meriwayatkan kcl dr al auza`i. Bisa dibuktikan dan tidak akan ada perawi lain yg meriwayatkannya kcl beliau. Dan ilmu yg jelek adalah  yg gharib sbgmn  dikatakan oleh Imam Malik.
Kita kaji redaksi hadis : 
https://ar.wikipedia.org/wiki/%D8%A3%D8%B5%D9%81%D9%87%D8%A7%D9%86_(%D9%85%D8%AF%D9%8A%D9%86%D8%A9)
أصفهان أو أصبهان هي إحدى مدن إيران ومرکز محافظة أصفهان على بعد 340 كم جنوب طهران ويبلغ عدد سكانها حوالي 3,100,000 ثلاثة ملايين ومائة ألف نسمة، تقع على نهر زاينده والذي يسمى في إيران «زاينده رود»
Isfahan atau Isfahaan adalah sebuah kota di Iran, pusat provinsi Isfahan, 340 kilometer selatan Teheran, dengan populasi sekitar 3,1 juta tiga juta, seratus ribu orang, terletak di Sungai Zayanderud, yang disebut di Iran «Zayanderud Rod»
ورود كلمة فارسية تعني «نهر». اختارتها اليونسكو كمدينة تراث إنساني. يقال لها من قبل مواطني إيران (بالفارسية: اصفهان نصف جهان، وتعني «اصفهان نصف العالم»)، نظرا لاحتوائها على الكم الهائل من التراث والأسواق التراثية الكبرى المنظمة التي لم يصل إليها العابثون والمستعمرون.
  Rod kalimat Persia  yang berarti «sungai». Dipilih oleh UNESCO sebagai kota kultur kemanusiaan. Yang disebut oleh warga Iran ( dg bahasa Persia: Isfahan ( nusjahan ) yang berarti «Isfahan setengah dari dunia»), karena mengandung sejumlah besar budaya teraatur, yang blm pernah dipermainkan oleh orang – orang yg suka main  dan kolonialis ( blm pernah dijajah ).
.
Yg menjadi persoalan lg adalah hakikat Dajjal itu, manusia, malaikat atau jin sebangsa setan .
KALAU MALAIKAT SDH TDK MUNGKIN , KARENA Dajjal permbuat kerusakan dan malaikat hanya berbuat yg diperintah kan oleh Allah dan tak pernah bermaksiat. Allah berfirman:
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلاَئِكَةٌ غِلاَظٌ شِدَادٌ لاَ يَعْصُونَ اللهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api Neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. 
Bila Dajjal jin, mk kok diantar oleh banyak manusia. Dan fenomena ini blm ada di dunia  nyata maupun di dunia mahluk halus
Bila Dajjal manusia sbgmn keterangan dalam hadis, berada di asfihan mesti banyak orang yg tahu. Dan sampai saat ini lokasinya sdh dijelaskan tp blm terbukti keberadaannya . Jls tidak adanya.  Jd hadis itu sekedar perkataan tanpa fakta.Lebih baik  fakta tanpa perkataan . Ini sm dg kedustaan  atas nm Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  . apakah tdk termasuk dlm  hadis :
وَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأَ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ

"Barangsiapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja, maka hendaklah ia mengambil tempat duduknya di neraka". [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya(110), dan Muslim dalam Shohih-nya .
Bila Dajjal manusia, bgmn makan , minumnya,berak dan kencingnya selama ini. Bgmn tidur dan bangunnya? Rumahnya mewah apa tidak, pakai kulkas , ranjang yg mewah apa tidak ? Manusia blm menemukan lokasinya kcl Tamim ad dari dlm hadis  riwayat muslim. Tp Muhammad Rasyid Ridha dan Ibn Utsaimin meragukan kebenarannya.  Untuk  saya , bukan sj ragu , tp jls salahnya karena bertentangan dg ayat :

وَمَا جَعَلْنَا لِبَشَرٍ مِّن قَبْلِكَ الْخُلْدَ أَفَإِن مِّتَّ فَهُمُ الْخَالِدُونَ

“Kami tidak menjadikan seorang pun sebelum engkau (hai Nabi), hidup kekal abadi.” (al-Anbiya’: 34)
Orang yg percaya keberadaan Dajjal akan kufur dg ayat itu. Ada lg keterangan sbb:
- موطأ مالك - ت 179 هـ- روى 4 أحاديث فقط
ب-مصنف عبدالرزاق- ت211 هـ- روى 23 حديث
ج-مصنف ابن أبي شيبة -ت 235 هـ -42 حديث
د- صحيح البخاري -ت256 هـ- 51 حديث
هـ-صحيح مسلم -ت 261هـ - روى 60 حديث
الملاحظ أنه كلما تقدم الزمن كلما زاد عدد الأحاديث..ففي موطأ مالك أربعة فقط، وفي صحيح مسلم 60 حديث في شأن الدجال..فهل كان الإمام مالك يعلم ما كتبه مسلم في صحيحه ؟!...ولماذا زاد عدد الأحاديث بهذه الطريقة المريبة ؟!
Intinya : Th 179 H , imam Malik meriwayatkan hadis ttg Dajjal hanya  4 hadis.
Th 211 H ,Abd Razzaq  meriwayatkan hadis ttg Dajjal  23   hadis
Th  256 H ,Imam Bukhari   meriwayatkan hadis ttg Dajjal  52  hadis
Th  261 H ,Imam Muslim   meriwayatkan hadis ttg Dajjal  60  hadis
Jd hadis ttg Dajjal tambah tahun tambah banyak. Mestinya ttp sj tdk kurang dan tdk banyak. Ini masalah dajjal sj blm masalah yg lain, tambah tahun hadis itu tambah banyak. Trus siapa yg nambahi ini, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   sdh meninggal sjk dulu.
Karena itu , kita hrs selektif ttg hadis  dan harus pilah pilah . Bila tdk bgt , kita akan terjerumus dlm kesesatan lalu berpegangan kpd hadis yg jls nentang al quran. Dan hadis ttg Dajjal ttp akan kita kaji semuanya kalau mampu.
Muhammad bin Abdullah al Qannash menulis :
2- أن المتأمل في الأحكام على الأحاديث يجد كثرة الأحاديث التي صححها من جاء بعد الأئمة المتقدمين وقد حكم عليها الأئمة المتقدمون بالضعف والنكارة وربما بالبطلان أو الوضع،
Sesungguhnya orang yang mau merenungi tentang penilaian hadis – hadis akan menjumpai banyak hadis yang di sahihkan oleh ulama  belakangan ( setelah  ahli hadis yang dulu _). Pada  hal hadis – hadis itu telah di nyatakan  lemah, munkar, kadang batil atau palsu oleh ulama  ahli hadis  yang dulu.
http://islamselect.net/print/80788
Grup pengajianku di WA yg baru
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah, penuh persaudaraan .
Mau ikut , hub 08813270751
082225929198
081384008118
0 857-8715-4455

0812-4194-6733

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar dengan baik