حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ
حَدَّثَنَا
إِبْرَاهِيمُ عَنْ صَالِحٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سَالِمِ بْنِ
عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
قَالَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي النَّاسِ
فَأَثْنَى عَلَى اللَّهِ بِمَا هُوَ أَهْلُهُ
Telah menceritakan kepada kami Abdul 'Aziz bin Abdullah, Telah
menceritakan kepada kami Ibrahim dari Shalih dari Ibnu Syihab dari Salim bin
Abdullah bahwasanya Abdullah bin Umar radliallahu 'anhu mengatakan, Rasulullah
Shallallahu'alaihiwasallam berdiri di tengah-tengah para sahabat lantas memuji
Allah dengan pujian selayaknya bagi-Nya,
ثُمَّ ذَكَرَ الدَّجَّالَ فَقَالَ إِنِّي
لَأُنْذِرُكُمُوهُ وَمَا مِنْ نَبِيٍّ إِلَّا وَقَدْ أَنْذَرَهُ قَوْمَهُ
وَلَكِنِّي سَأَقُولُ لَكُمْ فِيهِ قَوْلًا لَمْ يَقُلْهُ نَبِيٌّ لِقَوْمِهِ
إِنَّهُ أَعْوَرُ وَإِنَّ اللَّهَ لَيْسَ بِأَعْوَرَ
kemudian beliau menyebut-nyebut dajjal dan mengatakan; "Sungguh
saya mengingatkan kalian tentang bahaya dajjal, dan tidak ada seorang pun Nabi
melainkan telah mengingatkan kaumnya tentang dajjal, dan akan saya katakan kepada
kalian tentang Dajjal suatu hal yang
belum pernah dikatakan oleh seorang Nabipun kepada kaumnya, sesungguhnya dajjal
itu buta sebelah sedang Allah tidak buta sebelah.". HR bukhari .
HADIST NO – 6594
Sanad hadis tsb
hanya dari satu orang yaitu Ibn Syihab , lihat uraian sbb:
جامع الأصول في أحاديث الرسول (10/ 368)
قال أيمن صالح شعبان]
صحيح : أخرجه أحمد (2/148) (6360) و (2/149) (6363 و 6365) قال : حدثنا
عبد الرزاق ، قال : أخبرنا معمر. وفي (2/148) (6361) ، (2/149) (6362) قال : حدثنا
يعقوب ، قال : حدثنا أبي ، عن صالح. وفي (2/149) (6364) قال : حدثنا أبو اليمان ،
قال : حدثنا شعيب. والبخاري (2/117 و 4/163) قال : حدثنا عبدان ، قال : أخبرنا عبد
الله ، عن يونس. وفي (3/220 و 8/49) وفي الأدب المفرد (958) قال : حدثنا أبو
اليمان ، قال : أخبرنا شعيب. وفي (4/85) قال : حدثنا عبد الله بن محمد ، قال : حدثنا
هشام ، قال : أخبرنا معمر. وفي (8/157) قال : حدثنا علي بن حفص ، وبشر بن محمد ،
قالا : أخبرنا عبد الله ، قال : أخبرنا معمر. وفي (9/75) قال : حدثنا عبد العزيز
بن عبد الله ، قال : حدثنا إبراهيم ، عن صالح. ومسلم (8/192) قال : حدثني حرملة بن
يحيى بن عبد الله بن حرملة بن عمران التجيبي ، قال : أخبرني ابن وهب ، قال : أخبرني
يونس. وفي (8/193) قال : حدثنا الحسن بن علي الحلواني ، وعبد بن حميد ، قالا : حدثنا
يعقوب ، وهو ابن إبراهيم بن سعد ، قال : حدثنا أبي ، عن صالح. (ح) وحدثنا عبد بن
حميد ، وسلمة بن شبيب ، جميعا عن عبد الرزاق ، قال : أخبرنا معمر. وأبو داود (4329)
قال : حدثنا أبو عاصم خشيش بن أصرم ، قال : حدثنا عبد الرزاق ، قال : أخبرنا معمر.
وفي (4757) قال : حدثنا مخلد بن خالد ، قال : حدثنا عبد الرزاق ، قال : أخبرنا
معمر. والترمذي (2235 و 2249) قال : حدثنا عبد بن حميد ، قال : أخبرنا عبد الرزاق
، قال : أخبرنا معمر.
أربعتهم - معمر ، وصالح ، ويونس ، وشعيب - عن الزهري ، عن
سالم بن عبد الله ، فذكره.
* في رواية أحمد (2/149) (6363) عن
عبد الرزاق ، عن معمر ، عن الزهري ، عن سالم ، أو عن غير واحد.
* رواية أحمد (2/148) (6360 و 6361)
و (2/149) (6362) والبخاري (8/157) وأبو داود (4329). والترمذي (2249). مختصرة على
القصة الأولى.
* ورواية أحمد (2/149) (6365). والبخاري
(4/163 و 9/75) و أبو داود (4757) والترمذي (2235) مختصرة على القصة الثالثة.
* ورواية أحمد (2/149) (6363 و 6364)
والبخاري (3/220) مختصرة على القصة الثانية.
Jadi hadis itu hanya di riwayatkan oleh Ibn Syihab bukan
orang lain. Identitasnya sbb:
ــ محمد بن مسلم بن عبيد الله
بن عبد الله بن شهاب بن عبد الله بن الحارث بن زهرة القرشى الزهرى ، أبو بكر
المدنى
المولد :
الطبقة : 4 : طبقة
تلى الوسطى من التابعين
الوفاة : 125 هـ و قيل قبلها بـ شغب
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : الفقيه الحافظ متفق على جلالته و
إتقانه
مرتبته عند الذهبـي : أحد الأعلام
6296
mausuah ruwatil hadis 6296.
Ibnu Syihab orang madinah tapi tinggal di Syam. Jadi hanya
beliau yg meriwayatkan hadis itu bukan orang lain. Ribuan tabiin tdk phm hadis
itu kcl beliau. Dan ini tanda kelemahan. Dan tdk bisa di katakan sahih
karenanya. Bila di sahihkan akan menyalahi
kaidah hadis yg menyatakan sanad
yg tafarrud sbg sanad yg munkar.
محمد بن مسلم بن عبيد الله بن عبد الله بن شهاب بن عبد
الله بن الحارث بن زهرة بن كلاب بن مرة بن كعب بن لؤى بن غالب بن فهر بن مالك بن
النضر بن كنانة القرشي الزهري أبو بكر المدني، سكن الشام.[1] ولد سنة ثمان وخمسين
بعد الهجرة، في آخر خلافة معاوية، وهى السنة التي ماتت فيها عائشة زوجة الرسول
محمد.
https://ar.wikipedia.org/wiki/%D8%A7%D8%A8%D9%86_%D8%B4%D9%87%D8%A7%D8%A8_%D8%A7%D9%84%D8%B2%D9%87%D8%B1%D9%8A
Intinya Ibn Syihab tinggal di Syam bukan di Madinah.
Cacat matan/ redaksi hadis :
Abdullah bin Umar radliallahu 'anhu mengatakan, Rasulullah
Shallallahu'alaihiwasallam berdiri di tengah-tengah para sahabat lantas memuji
Allah dengan pujian selayaknya bagi-Nya, kemudian beliau menyebut-nyebut dajjal
dan mengatakan;
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Mengapa hanya Ibn Umar yg phm hadis itu, pd hal Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam bersabda
dimuka orang banyak. Apakah mrk tdk phm. Dan hanya Ibn Umar yg meriwayatkannya. Dan realitanya
hanya Ibn Umar yg meriwayatkannya. Mrk tdk.
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
"Sungguh saya mengingatkan kalian tentang bahaya dajjal, dan tidak ada seorang pun Nabi
melainkan telah mengingatkan kaumnya tentang bahaya dajjal, dan akan saya
katakan kepada kalian tentang
Dajjal suatu hal yang belum pernah
dikatakan oleh seorang Nabi shallallahu 'alaihi
wasallam pun kepada kaumnya, sesungguhnya dajjal itu buta sebelah sedang Allah
tidak buta sebelah.". HR bukhari .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Para Nabi juga
memberikan pesan kpd kaumnya ttg Dajjal, Dan kaumnya jg waspada terhadap Dajjal.
Setelah di nanti lama, ternyata Dajjal tdk ada. Dajjal tdk pernah tampak di
kalangan umat para nabi itu. Umat pr nabi hanya di beri tahu sj ttg Dajjal.
Bila Dajjal tampak dikalangan mrk , mk perkataan dlm hadis
itu bnr. Bila tdk tampak,mk jls hadis
itu bualan sj. Perkataan tanpa fakta. Fakta lebih diperlukan dr pd perkataan
kata orang sekarang. Pd hal kalau bisa perkataan di sampaikan dan fakta tampak di depan mata. Jadi kalau sy phm dr
hadis itu para nabi itu bohong . Dan kebohongan tdk layak menjadi sifat pr nabi.
Pr nabi itu punya sifat sungguh selalu
berkata benar.
Bila hadis itu
dibenarkan, mk kita membenarkan perkataan tanpa fakta. Sm sj dg menerima
khurafat dan tahayyul . Alias TBC. Bila kita percaya
hadis yg bernuansa khurafat itu ,
sm dg kita nentang pd ayat ini :
تِلْكَ الْقُرَىٰ نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنبَائِهَا ۚ
وَلَقَدْ جَاءَتْهُمْ رُسُلُهُم بِالْبَيِّنَاتِ فَمَا كَانُوا لِيُؤْمِنُوا بِمَا
كَذَّبُوا مِن قَبْلُ ۚ كَذَٰلِكَ يَطْبَعُ اللَّهُ عَلَىٰ قُلُوبِ الْكَافِرِينَ
101 ) Negeri-negeri (yang telah Kami binasakan) itu,
Kami ceritakan sebagian dari berita-beritanya kepadamu. Dan sungguh telah
datang kepada mereka rasul-rasul mereka dengan membawa keterangan –
keterangan yang nyata, maka mereka (juga)
tidak beriman kepada apa yang dahulunya mereka telah mendustakannya. Demikianlah
Allah mengunci mata hati orang-orang kafir. Al a`raf 101.
تفسير ابن كثير ت سلامة (3/ 452)
لَقَدْ جَاءَتْهُمْ رُسُلُهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ} أَيْ: بِالْحُجَجِ
عَلَى صِدْقِهِمْ فِيمَا أَخْبَرُوهُمْ بِهِ
Ya`ni pr Rasul datang
dg beberapa hujjah yg jelas, alasan yg
jls yg menunjukkan kebenaran mereka ttg apa yg mereka kisahkan.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Para Rasul bukan bawa
ajaran TBC. Lain hanya dg duta setan, mk dia akan suka dg keterangan TBC
itu. Bahkan pengikutnya jg gemar dg
ajaran TBC itu.
Orang yg percaya pd hadis di atas sm dg kufur dg ayat itu. Kisah
dlm hadis itu ttg Dajjal yg di nanti oleh umat pr nabi ternyata tdk ada. Mrk
tdk menjumpainya. Jls sekali kedustaan bukan kata yg benar. Ia bertentangan dg
ayat :
وَالَّذِي جَاءَ بِالصِّدْقِ وَصَدَّقَ بِهِ ۙ أُولَٰئِكَ
هُمُ الْمُتَّقُونَ
33 ) Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan
membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa. Zumar 33.
Orang yg percaya dg hadis tsb sm dg kufur dg ayat itu.
Grup pengajianku di WA yg baru
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah, penuh
persaudaraan .
Mau ikut , hub 08813270751
082225929198
081384008118
0 857-8715-4455
0812-4194-673
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberi komentar dengan baik