Sumber : http://blogseotest.blogspot.com/2012/01/cara-memasang-artikel-terkait-bergambar.html#ixzz2HNYeE9JU

Pages

Blogroll

Minggu, 21 Mei 2017

Kisah hoax setan di belenggu ke 4

KIsah hoax setan di rantai di bulan Ramadhan fase ke 4
Ammi Nur Baits, ST., BA menulis sbb :
Selanjutnya, kita kembali ke pertanyaan di atas. Mengapa masih ada maksiat, jika setan telah dibelenggu?
Ada beberapa pendekatan yang disampaikan ulama dalam memahami kasus ini,
Pertama, sumber maksiat tidak hanya setan. Karena hawa nafsu manusia di sana berperan.
Keterangan disampaikan Imam as-Sindi dalam Hasyiyah-nya (catatan) untuk sunan an-Nasai. Beliau mengatakan,
ولا ينافيه وقوع المعاصي، إذ يكفي وجود المعاصي شرارة النفس وخبائثها، ولا يلزم أن تكون كل معصية بواسطة شيطان، وإلا لكان لكل شيطان شيطان ويتسلسل، وأيضاً معلوم أنه ما سبق إبليس شيطان آخر، فمعصيته ما كانت إلا من قبل نفسه، والله تعالى أعلم
Hadis ‘setan dibelenggu’ tidak berarti meniadakan segala bentuk maksiat. Karena bisa saja maksiat itu muncul disebabkan pengaruh jiwa yang buruk dan jahat. Dan timbulnya maksiat, tidak selalu berasal dari setan. Jika semua berasal dari setan, berarti ada setan yang mengganggu setan (setannya setan), dan seterusnya bersambung. Sementara kita tahu, tidak ada setan yang mendahului maksiat Iblis. Sehingga maksiat Iblis murni dari dirinya. Allahu a’lam. (Hasyiyah Sunan an-Nasai, as-Sindi, 4/126).
https://muslimah.or.id/7450-setan-dibelenggu-di-bulan-ramad…
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Argumentasi assindi ini benar dlm masalah tsb yakni masalah ma`siatnya manusia bukan hanya karena setan tp karena nafsunya jg. Tp keliru bila di benturkan dg adanya syuhub /meteor yg mengejar setan yg naik ke langit . Hal ini bukti bahwa setan tdk di rantai atau di belenggu . atau ada orang kesurupan waktu ramadhan, dukun yg menggunakan jasa setan / jin masih ttp beroperasi di bulan Ramadhan . Dan bila orang di ruqyah jg bisa dan setannya jg bisa keluar di bulan Ramadhan . Orang yg punya khadam setan untuk curi uang jg masih menjalankan operasinya. Dan Abu Hurairah pernah di jumpai setan jg di bulan Ramadhan ketika menjaga kurma. Seluruhnya itu tanda setan jin tdk di belanggu sbgmn setan manusia.
Bila kita ini percaya setan di rantai , mk kita akan kufur pd ayat 5 al mulk jg kufur pd ayat ini:
dan sesungguhnya kami telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api,
8 jin.
Sampai di bulan ramadhanpun, meteor itu ttp ada , sbg bukti bahwa setan tdk di rantai. Kita berpegangan sj dg ayat itu , tdk usah percaya dg hadis yg bertentangan dg ayat sekalipun riwayat Bukhari Muslim.

Bersambung ………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar dengan baik