أخرج البخاري بسنده عن عائشة رضي الله عنها قالت: نزلت هذه الآية (ولا تجهر بصلاتك ولا تخافت بها) في الدعاء.
وقالت عائشة -رضي الله عنها- في كتاب مسلم: "أنزلت هذه في الدعاء" (46).
Intinya menurut Aisyah ayat 110 Isra` di turunkan dlm masalah doa . Muttafaq alaih.
Jadi masalah mengeraskan suara dg suara sedang itu bukan untuk bc al quran waktu salat tp untuk doa.
Menurut hadis tsb dlm berdoa hendaknya kita bc sebagaimana bacaan ayat dlm salat Maghrib yg kita lakukan sekarang ini . Ya`ni dg suara sedang.
Bila bgt , mk blum ada ulama yg menjalankannya.
Lantas sekarng, mn perintah bc dg suara sedang untuk bacaan al Quran dlm salat kita. Jls tdk ada , sebab ayat 110 al isra` menurut hadis itu untuk doa bukan untuk bc al quran dlm salat.
Jd bacaan dlm salat Maghrib , Isya` dibc dg jahr tdk punya dalil , tdk punya landasan perintah dr Allah dan ini tdk mungkin.
Hrs ada perintah dari Allah tentang bacaan berbisik atau suara sedang.
Bila tdk ada, mk tdk ada panduan dri Allah . Akhirnya boleh dibc jahr juga boleh dibc dg sirr.
Hadis yg menyatakan sebab turunnya ayat 110 untk doa itu bertentangan dg hadis yg muttafaq alaih sbb:
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا : فِي قَوْلِهِ عَزَّ وَجَلَّ ( وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا ) قَالَ نَزَلَتْ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُتَوَارٍ بِمَكَّةَ فَكَانَ إِذَا صَلَّى بِأَصْحَابِهِ رَفَعَ صَوْتَهُ بِالْقُرْآنِ فَإِذَا سَمِعَ ذَلِكَ الْمُشْرِكُونَ سَبُّوا الْقُرْآنَ وَمَنْ أَنْزَلَهُ وَمَنْ جَاءَ بِهِ فَقَالَ اللَّهُ تَعَالَى لِنَبِيِّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ( وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ ) فَيَسْمَعَ الْمُشْرِكُونَ قِرَاءَتَكَ ( وَلَا تُخَافِتْ بِهَا ) عَنْ أَصْحَابِكَ أَسْمِعْهُمُ الْقُرْآنَ وَلَا تَجْهَرْ ذَلِكَ الْجَهْرَ ( وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا ) يَقُولُ بَيْنَ الْجَهْرِ وَالْمُخَافَتَةِ *
Dari Ibnu Abbas r.a: Tentang firman Allah: Dan janganlah kamu meninggikan suaramu dalam salat dan jangan pula memperlahankannya. Katanya: Ayat ini diturunkan ketika Rasulullah s.a.w masih merahasiakan dakwah di Mekkah . Apabila baginda salat bersama para Sahabat, baginda meninggikan suaranya waktu membaca al-Quran . Apabila orang-orang musyrik mendengarnya, mereka memaki al-Quran , Allah yang menurunkannya dan orang yang membacanya. Maka Allah s.w.t berfirman kepada NabiNya s.a.w: Janganlah kamu meninggikan suaramu di dalam salat mu ,nanti orang-orang musyrik mendengar bacaanmu. Dan jangan pula memperlahankannya nanti sahabatmu tidak mendengarnya. Perdengarkan al-Quran kepada mereka, tetapi jangan terlalu tinggi, carilah cara yang sederhana di antara keduanya. Jadi baginda membaca sederhana antara tinggi dan perlahan Muttafaq alaih , Bukhori 4353
Intinya menurut hadis tsb, ayat 110 al Isra` di turunkan dlm masalah bacaan l quran dlm salat.
Bukan dlm rangka doa di dalam salat atau diluarnya.
Bila kita pakai hadis Aisyah yg pertama mk kita tinggalkan hadis sahih muttafaq alaih ini yg dari Ibnu Abbas
Menurut hadis Aisyah , sebab nuzulnya ayat 110 untuk doa dan menurut hadis Ibn Abbas sebab nuzulnya untuk bacaan al quran dlm salat.
Keduanya sama muttafaq alaih.
Cuman , ulama ternyata mengikuti hadis IBnu Abbas ini.
التوضيح لشرح الجامع الصحيح (22/ 566)
ورجح النووي رواية ابن عباس، وقال: إنه الأولى والمختار
ورجح الطبري 15/188 حديث ابن عباس، قال: لأنه أصح مخرجا، واشبه الأقوال بما دل عليه ظاهر التزيل
Intinya : Imam Nawawi dan THobari mentarjih riwayat Ibnu Abbas, karena ia solusi terbaik dan paling cocok dengan literlek lafadh ayat 110.
Kita jg ikut pakem Usul sbb :
اْلعِبْرَةُ بِعُمُوْمِ اللَّفْظِ لاَ بِخُصُوْصِ السَّبَبِ
Maksud dr pakem itu adalah : Kita ikut pengertian ayat scr umum bukan terikat pd asbabun nuzulnya.
Pd hal kalimat ayat dlm 110 adalah sholat sbb :
وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا
dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu"
Dlm ayat ini , kita dilarang mengeraskan dlm salat bukan doa.
Kita ikut leterlek lafadh quran sj , bukan asbabun nuzulnya.
Bila kita ikut asbabun nuzul versi Aisyah tadi , kita akan nentang makna ayat 110 scr harfiyah. Lalu kita ikut hadis Aisyah yg muttafaq alaih yg bertentangan dengan hadis Ibn Abbas yg muttafaq alaih jg.
Kita dlm hal ini akan buang ayat juga buang hadis Ibnu Abbas .
Hadis Aisya yg menyatakan asbabun nuzul ayat 110 Isra itu jg bertentangan dg ayat lain sbb:
ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ
Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. 55 al a`raf .
أيسر التفاسير للجزائري (2/ 182)
حال كونكم ضارعين متذللين مخفي الدعاء غير رافعين أصواتكم به.
Intinya berdoa dg merendahkan diri dan tdk mengeraskan suara.
Tanda hadis lemah adalah bertentangan dg al Quran.
Syaihk As suba`I telah merumuskan tanda kelemahan hadis sampai tujuh belas point.
Yang nomer sembilan sbb:
9ـ ألا يخالف القرآن
“Hadis itu harus tdk bertentangan dengan al quran” .
Bila hadis tsb mash disahihkan , maka mana yg kita ambil , al qurannya atau hadisnya.
Hadis Aisyah itu jg bertentangan dengan hadis sahih lg sbb:
ارْبَعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ إِنَّكُمْ لاَ تَدْعُونَ أَصَمَّ وَلاَ غَائِبًا إِنَّكُمْ تَدْعُونَ سَمِيعًا قَرِيبًا، وَهُوَ مَعَكُمْ
Sabda Rasulullah saw : “Kasihinilah diri kalian, sesungguhnya kalian tidak menyeru Dzat yang tuli dan yang gaib. Sesungguhnya kalian menyeru Dzat yang Maha Mendengar dan Maha Dekat dan Dia menyertai kalian.” Muttafaq alaih
Jd kondisi hadis Alisya sekalipun dikatakan muttafaq alaih, ttp di katakan lemah karena bertentangan dg ayat dan hadis muttafaq alaih yg lain.
Penilaian dr sg sanad sbb:
- تعليق أيمن صالح شعبان - ط دار الكتب العلمية]
- صحيح: أخرجه البخاري (6/109) قال: حدثني طلق بن غنام. قال: حدثنا زائدة. وفي (8/89) قال: حدثنا علي. قال: حدثنا مالك بن سعير. وفي (9/188) قال: حدثنا عبيد بن إسماعيل. قال: حدثنا أبو أسامة. و «مسلم» (2/34) قال: حدثنا يحيى بن يحيى. قال: أخبرنا يحيى بن زكريا. (ح) وحدثنا قتيبة بن سعيد. قال: حدثنا حماد، يعن ابن زيد (ح) وحدثنا أبو بكر بن أبي شيبة. قال: حدثناأبو أسامة ووكيع (ح) وحدثنا أبو كريب. وقال: حدثنا أبو معاوية. و «النسائي» في الكبرى «تحفة الأشراف» (12/17094) عن هارون بن إسحاق، عن عبدة بن سليمان. وفي (12/17332) عن شعيب بن يوسف. وعن يحيى بن سعيد القطان. و «ابن خزيمة» (707) قال: حدثنا سلم بن جنادة. قال: حدثنا حفص، يعني ابن غياث.
- عشرتهم - زائدة، ومالك بن سعير، وأبو أسامة، ويحيى بن زكريا، وحماد بن زيد، ووكيع، وأبو معاوية، وعبدة، ويحيى بن سعيد، وحفص - عن هشام بن عروة، عن أبيه، فذكره.
ــ هشام بن عروة بن الزبير بن العوام القرشى الأسدى ، أبو المنذر ، و قيل أبو عبد الله المدنى
- الطبقة : 5 : من صغار التابعين
- الوفاة : 145 أو 146 هـ
Intinya hadis Aisyah yg menyatakan asbabun nuzul ayat 110 dlm masalah doa adalah tafarrud pd Hisyam bin Urwah , tiada orang lain.
Yakni tiada yg meriwayatkan kecuali dia . Sampai th 150 H , hanya Hisyam sj yg tahu hadis itu. Dan ini sinyal kelemahan hadis sbgmn keterangan dlm artikel yg lalu. Tiada tabiin lain yg tahu kecuali dia.
Ia jg bertentangan dg riwayat Aisyah yg lain yg di sahihkan oleh Ibn Huzaimah sbb:
مِنَ السُّنَّةِ أَنْ تُخْفِيَ التَّشَهُّدَ.
707 - أَنَا أَبُو طَاهِرٍ، نَا أَبُو بَكْرٍ، نَا سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ، نَا حَفْصٌ -يَعْنِي ابْنَ غِيَاثٍ- عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ:
نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ فِي التَّشَهُّدِ (وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا) [الإسراء: 110].
Intinya : Ayat 110 al isra` di turunkan dlm masalah tasyahhud , riwayat Aisyah jg.
Dg demikian, hadis Aisyah itu lemah karena kacau redaksinya.
Bila di sahihkan , kita mensahihkan hadis yg bertengangan . Dan hal ini melanggar kaidah hadis sbb:
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ اْلفَنِ
Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Jd kesimpulannya bc al quran dlm salat masih ttp bersuara sedang dlm salat apapun, baik waktu siang maupun malam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberi komentar dengan baik