Abu Qatadah ra berkata :
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عليه وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ مِنْ صَلَاةِ الظُّهْرِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَسُورَتَيْنِ يُطَوِّلُ فِي الْأُولَى وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ وَيُسْمِعُ الْآيَةَ أَحْيَانًا وَكَانَ يَقْرَأُ فِي الْعَصْرِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَسُورَتَيْنِ وَكَانَ يُطَوِّلُ فِي الْأُولَى وَكَانَ يُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى مِنْ صَلَاةِ الصُّبْحِ وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ
Nabi saw, membaca dalam dua rakaat pertama salat lohor dengan surat Fatihah dan dua surat . Beliau memanjangkan rakaat pertama dan yang kedua lebih pendek, terkadang kita mendengar ayatnya. Beliau juga membaca dalam salat Asar dengan fatihah dan dua surat . Rakaat pertama beliau panjang dan beliau juga memanjangkan rakaat pertama salat Subuh dan rakaat keduanya agak pendek . Muttafaq alaih , Bukhori 717,737
Menurut riwayat Bukhori tanpa terkadang Nabi saw membaca dengan keras ,terkadang tidak ……………….. tapi di pastikan bacaan Nabi saw dengan keras agar makmum terdengar . Dan bagaimanakah bisa di ketahui oleh kita ( para sahabat )bahwa Rasulullah saw membaca dua surat dan fatehah bila beliau membacanya dengan samar .
وَيُسْمِعُنَا الْآيَةَ وَيُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى مَا لَا يُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ وَهَكَذَا فِي الْعَصْرِ وَهَكَذَا فِي الصُّبْحِ *
Rasulullah saw membaca ayat ( bukan berbisik ) , dalam rakaat pertama di panjangkan tidak sebagaimana dirakaat kedua . Demikian pula apa yang beliau lakukan waktu Subuh. HR Bukhori 776
نقل الحافظ ابن حجر العسقلاني ، في كتابه " فتح الباري " :
( قوله " ويسمع الآية أحيانا " في الرواية الآتية ، و "يسمعنا" وكذا أخرجه الإسماعيلي من رواية شيبان .
وللنسائي من حديث البراء "كنا نصلي خلف النبي صلى الله عليه وسلم الظهر ، فنسمع منه الآية بعد الآية من سورة لقمان والذاريات"
ولابن خزيمة من حديث أنس نحوه لكن قال " بسبح اسم ربك الأعلى وهل أتاك حديث الغاشية "
INtinya :
Ibn Hajar berkata : Terkadang Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memperdengarkan ayat .
Tp di riwayat lain, kalimat terkadang itu tdk ada.
Bahkan menurut riwayat Imam Nasai dari hadis al Bara` ada keterangan sbb:
كنا نصلي خلف النبي صلى الله عليه وسلم الظهر ، فنسمع منه الآية بعد الآية من سورة لقمان والذاريات
Kami melakukan salat zhuhur dibelakang Nabi shallallahu alaihi wasallam lalu kmi mendengar dr beliau per ayat dr surat Luqman dan Dzariyat .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
السلسة الضعيفة (9/ 121)
120 - ( ضعيف )
Hadis tsb menurut al bani lemah.
ذخيرة العقبى في شرح المجتبى (12/ 432)
حديث البراء رضي الله عنه هذا رجاله ثقات، إلا أن فيه عنعنة أبي إسحاق، وهو مدلس، لكن يشهد له حديث أبي قتادة رضي الله عنه الآتي -974 - فهو صحيح به.
Menurut pengarang kitab Dzakhirah syarah Sunan Nasai di katakana : Hadis tsb sahih sbb ada dukungan dr hadis Abu Qatadah yg muttafaq alaih.
Ibn Hajar melanjutkan lg:
Intinya , menurut riwayat Ibn Khuzaimah jg bgt tapi , Anas berkata : Saat itu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam membaca sabbihis ma dan hal ataka .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberi komentar dengan baik