Sumber : http://blogseotest.blogspot.com/2012/01/cara-memasang-artikel-terkait-bergambar.html#ixzz2HNYeE9JU

Pages

Blogroll

Minggu, 22 Januari 2017

Doa perlindungan dari siksa kubur

ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ ﻳﺤﻴﻰ ﺑﻦ ﺩﺭﺳﺖ، ﻗﺎﻝ: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺃﺑﻮ ﺇﺳﻤﻌﻴﻞ، ﻗﺎﻝ: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻳﺤﻴﻰ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻛﺜﻴﺮ، ﺃﻥ ﺃﺑﺎ ﺳﻠﻤﺔ ﺣﺪﺛﻪ، ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ، ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻛﺎﻥ ﻳﻘﻮﻝ: «اﻟﻠﻬﻢ ﺇﻧﻲ ﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﻋﺬاﺏ اﻟﻘﺒﺮ، ﻭﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﻋﺬاﺏ اﻟﻨﺎﺭ، ﻭﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﻓﺘﻨﺔ اﻟﻤﺤﻴﺎ ﻭاﻟﻤﻤﺎﺕ، ﻭﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﻓﺘﻨﺔ اﻟﻤﺴﻴﺢ اﻟﺪﺟﺎﻝ»
7 - ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻣﺴﻠﻢ ﺑﻦ ﺇﺑﺮاﻫﻴﻢ، ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻫﺸﺎﻡ، ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻳﺤﻴﻰ، ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺳﻠﻤﺔ، ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻗﺎﻝ: ﻛﺎﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺪﻋﻮ ﻭﻳﻘﻮﻝ: «اﻟﻠﻬﻢ ﺇﻧﻲ ﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﻋﺬاﺏ اﻟﻘﺒﺮ، ﻭﻣﻦ ﻋﺬاﺏ اﻟﻨﺎﺭ، ﻭﻣﻦ ﻓﺘﻨﺔ اﻟﻤﺤﻴﺎ ﻭاﻟﻤﻤﺎﺕ، ﻭﻣﻦ ﻓﺘﻨﺔ اﻟﻤﺴﻴﺢ اﻟﺪﺟﺎﻝ»
Hadis tsb dr segi sanad ada tafarrud pd Abu Hurairah , bukan sahabat yg lain.

[قال أيمن صالح شعبان]
 صحيح : أخرجه أحمد (2/423) قال : حدثنا حسن. قال : حدثنا شيبان. وفي (2/477) قال: حدثنا وكيع. قال : حدثنا الأوزاعي. وفي (2/522) قال : حدثنا عبد الملك بن عمرو. قال : حدثنا هشام. (ح) وعبد الوهاب. والبخاري (2/124) قال : حدثنا مسلم بن إبراهيم. قال : حدثنا هشام ومسلم (2/93) قال : حدثنا نصر بن علي الجهضمي وابن نمير وأبو كريب وزهير بن حرب. جميعا عن وكيع. قال : حدثنا الأوزاعي. وفي (2/93) قالي : حدثنا محمد بن المثنى. قال : حدثنا ابن أبي عدي، عن هشام ، والنسائي (4/103 ، 8/275) قال أخبرنا يحيى بن درست. قال : حدثنا أبو إسماعيل. وفي (8/278) قال : أخبرنا محمود بن خالد. قال : حدثنا الوليد. قال : حدثنا أبو عمرو. وابن خزيمة (721) قال : حدثنا محمد بن إسماعيل الأحمسي. قال : حدثنا وكيع ، عن الأوزاعي.
أربعتهم ( شيبان ، وأبو عمرو الأوزاعي ، وهشام الدستوائي ، وأبو إسماعيل القناد ) عن يحيى بن أبي كثير، عن أبي سلمة ، فذكره.
- ورواه الأعرج ، عن أبي هريرة :
أخرجه الحميدي (982) قال : حدثنا سفيان. قال : حدثنا أبو الزناد. وأحمد (1/258) (2342) قال : حدثنا إسماعيل بن عمر. قال : حدثنا مالك ، عن أبي الزناد. وفي (2/288) قال : حدثنا زيد بن الحباب. قال : حدثنا عبد الرحمن بن ثوبان. قال : حدثني عبد الله بن الفضل. ومسلم (2/94) قال حدثنا محمد بن عباد وأبو بكر بن أبي شيبة وزهير بن حرب. قالوا : حدثنا سفيان ، عن أبي الزناد. والنسائي (8/275) قال : أخبرنا أحمد بن حفص بن عبد الله. قال : حدثني أبي. قال : حدثني إبراهيم، عن موسى بن عقبة. قال : أخبرني أبو الزناد. وفي (8/275) قال : أخبرنا قتيبة. قال : حدثنا سفيان ومالك. قالا : حدثنا أبو الزناد. وفي (8/277) قال : أخبرنا محمد بن ميمون ، عن سفيان ، عن أبي الزناد. وفي (8/277) قال : قال الحارث بن مسكين - قراءة عليه وأنا أسمع - عن ابن القاسم ، عن مالك ، عن أبي الزناد. وفي (8/277) قال : أخبرنا محمد بن منصور. قال : حدثنا سفيان ، عن أبي الزناد.
كلاهما - أبو الزناد ، وعبد الله بن الفضل - عن الأعرج ، فذكره.
* في رواية إسماعيل بن عمر ، عن مالك : «أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- كان يعلمهم هذا الدعاء كما يعلمهم السورة من القرآن : «اللهم إني أعوذ بك من عذاب جهنم...» فذكر نحوه. وفي رواية ابن القاسم ، عن مالك: «أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- كان يدعو يقول في دعائه : اللهم إني أعوذ بك من عذاب جهنم..«فذكر نحوه.
* وفي رواية عبد الله بن الفضل : «أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- كان يتعوذ من أربع...الحديث.
- ورواه طاووس. قال : سمعت أبا هريرة يقول :
أخرجه الحميدي (980) قال : حدثنا سفيان. قال : حدثنا ابن طاووس. وفي ( 981) قال : حدثنا سفيان. قال : حدثنا عمرو بن دينار. ومسلم (2/94) قال : حدثنا محمد بن عباد. قال : حدثنا سفيان، عن عمرو. (ح) وحدثنا محمد بن عباد. قال : حدثنا سفيان ، عن ابن طاووس. والنسائي (8/277) قال : أخبرنا محمد بن ميمون ، عن سفيان ، عن عمرو.
كلاهما - عبد الله بن طاووس ، وعمرو- عن طاووس ، فذكره.
- ورواه محمد بن زياد ، عن أبي هريرة :
أخرجه أحمد (2/469) قال : حدثنا عبد الرحمن. وفي (2/482) قال : حدثنا وكيع والبخاري في الأدب المفرد (657) قال : حدثنا موسى.
ثلاثتهم ( عبد الرحمن بن مهدي ، ووكيع ، وموسى بن إسماعيل ) عن حماد بن سلمة. قال : أخبرنا محمد بن زياد ، فذكره.
- ورواه أبي صالح ، عن أبي هريرة :
أخرجه البخاري في الأدب المفرد (648) قال: حدثنا ابن سلام. والترمذي (3604) قال : حدثنا أبو كريب.
كلاهما (ابن سلام ، وأبو كريب ) قال : حدثنا أبو معاوية ، عن الأعمش ، عن أبي صالح ، فذكره. «أنه كان يتعوذ من عذاب القبر ، وعذاب جهنم ، وفتنة الدجال».
أخرجه أحمد (2/298) قال : حدثنا محمد بن جعفر. وفي (2/454) قال : حدثنا حجاج. ومسلم (2/94) قال : حدثنا محمد بن المثنى. قال : حدثنا محمد بن جعفر. والنسائي (8/278) قال : أخبرنا إسحاق بن إبراهيم. قال : أنبأنا أبو عامر العقدي.
ثلاثتهم - محمد بن جعفر ، وحجاج ، وأبو عامر العقدي - قالوا : حدثنا شعبة ، عن بديل بن مسيرة ، عن عبد الله بن شقيق ، فذكره.
عن أبي رافع ، عن أبي هريرة ، أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- كان يقول : «اللهم إني أعوذ بك من فتنة المحيا والممات، ومن شر المسيح الدجال».
أخرجه أحمد (2/414) قال : حدثنا عفان. قال : حدثنا حماد بن سلمة ، عن عطاء بن أبي ميمونة ، عن أبي رافع ، فذكره.
عن سليمان بن سنان المزني ، أنه سمع أبا هريرة يقول : سمعت أبا القاسم -صلى الله عليه وسلم- يقول في صلاته : «اللهم إني أعوذ بك من فتنة القبر ، ومن فتنة الدجال ، ومن فتنة المحيا والممات ، ومن حر جهنم».
Jadi scr rantai sanad, hadis  tsb terfokus pd Abu Hurairah , bukan sahabat yg lain.
وأصل السند: هو طرفه الذي فيه الصحابي، والصحابي حلقة من حلقات السند، أي إذا تفرد الصحابي برواية الحديث، فإن الحديث يسمى غريبا غرابة مطلقة
Walaupun sahabat yg tafarrud mk hadis ttp diberi nama  gharib mutlak.
Kata Ibnu Hajar.
http://shamela.ws/browse.php/book-8681/page-31
فقد قسم الحافظ ابن حجر في (نخبة الفكر) الحديث الغريب إلى نوعين اثنين:
أحدهما: الفرد المطلق، وهو ما كانت الغرابة فيه في أصل السند.
والآخر: الفرد النسبي، وهو كانت الغرابة فيه في غير أصل السند.
Intinya bila yg tafarrud / tunggal  itu perawi dr kalangan sahabat, mk dikatakan fard mutlak . 
Bila yg tafarrud  bukan dr sahabat mk dikatakan fard nisbi. ( yakni tdk mutlak ). Kata Ibn Hajar.
http://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?t=57183


jadi hadis tsb  ttp dikatakan  hadis gharib. Bukan mashur. Dan kebanyakan hadis gharib adalah lemah.
- كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون رواية الغرائب وما تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك رحمه الله: "شَرُّ العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه الناس" 1،
Hukum hanya seorang perawi yang meriwayatkan  hadis.( tafarrud )
1.         Ulama hadis  dahulu tidak suka atau benci terhadap riwayat  gharib ( nyeleneh )
Ulama hadis dahulu benci  terhadap  terhadap riwayat – riwayat yang gharib ( nyeleneh )  dan  hadis yang  di riwayatkan   oleh seorang  perawi , lalu di anggap   sebagai  hadis yang  terjelek  sebagaimana  di katakan   oleh Imam Malik rahimahullah: Ilmu  terjelek  adalah  yang gharib  dan  ilmu yang  terbaik adalah  yang tampak yang di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ).

Karena sanadnya tafarrud pd Abu Hurairah , mk boleh dikatakan gharib Dan ini yg bikin lemahnya hadis itu.

Syaikh Muhammad Hasan Abd Ghaffar menyatakan :
تعريف الحديث المنكر
تطلق النكارة عند المتقدمين على التفرد حتى ولو كان من الثقات، وأحمد كان يرى انفراد الثقة نكارة، وكان بعض المتقدمين يرى الانفراد من الضعيف نكارة.
http://audio.islamweb.net/audio/Fulltxt.php?audioid=179908
Devinisi hadis munkar .
Istilah hadis  munkar menurut pakar hadis  dulu  bisa di katakana kpd hadis  yg di riwayatkan oleh perawi  tunggal sekalipun  dia  termasuk perawi tsiqah ( terpercaya )
Imam Ahmad jg berpandangan  sedemikian. Sebagian kalangan ahali hadis  dulu berpandangan  hadis munkar  itu dr  perawi  lemah yg tunggal.

Dari segi redaksi hadis terdapat kacau makna , kacau lafazhnya
جامع الأصول في أحاديث الرسول (4/ 358)
-           (خ م ت س) أبو هريرة - رضي الله عنه - : قال : كان رسولُ الله -صلى الله عليه وسلم- يدعو : «اللَّهمَّ إِني أَعوذ بك من عذاب القبر، ومن عذاب النار ، ومن فتنة المحيا والممات ، ومن فِتنَةِ المسيح الدَّجَّالِ» أخرجه البخاري، ومسلم .
Lihat redaksi  hadis menurut riwayat Bukhari sbb:
"Allahumma innii 'A'uudzu bika min 'adzaabil qabri wa min 'adzaabin naar wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitmatil masiihid dajjaal" (artinya): ("Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur dan dari siksa api neraka dan dari fitnah kehidupan dan kematian dan dari fitnah Al Masihid Dajjal").

Dlm riwayat Bukhari itu , tdk ada keterangan dlm tasyahud . Tp dilainnya , mlh ada bahkan ada perintahnya dib c dlm tasyahud. Pd hal sama dr Abu Hurairahnya . Ini kalimat dr Nabi  shallallahu alaihi wasallam  atau bukan ? Dan ihtimal ini sulit di tentukan. Ihtimal ini akan berjalan terus sampai hari kiamat. Tdk bisa dihentikan mulai dulu sampai sekarang.

Ini riwayat muslm HADIST NO – 924  , redaksinya sbb:


إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Ada tambahan kalimat sbb:
إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ
Bila seseorang di antaramu  bertasyahud , mk mintalah perlindungan kpd Allag  dari empat perkara ………………………

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sama dr Abu Hurairahnya kok beda redaksi antara di sahih Bukhari dan Muslim, trus tambahan  itu dr siapa?  Dari Rasullullah  atau  dari perawi ………………

Lihat lg riwayat Muslim HADIST NO – 926 , tambahannya malah beda sbb:
إذَا فَرَغَ أَحَدُكُمْ مِنْ التَّشَهُّدِ الْآخِرِ فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ
Jika salah seorang diantara kalian selesai dari tasyahhud akhir, maka mintalah perlindungan kepada Allah dari empat perkara

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Di antara tambahan – tambahan itu mn yg benar asli dr Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   dan mn yg palsu dan asli dari perawi. ………………Jls kacau makna dan lafadhnya.

Riwayat Muslim HADIST NO - 4878 lg ada tambahan yg aneh jg . Pd hal sama riwayat Muslim dan sama dari Abu Hurairahnya . Lihat sbb:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ
'Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, rasa takut, kepikunan, dan kekikiran.

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Tambahan spt  itu dr siapa ? dr Nabi  shallallahu alaihi wasallam  atau perawi ? Atau mungkin jg Bukhari atau gurunya yg mengurangi kalimat itu?. Katanya pada  sahihnya. Tp kok sulit di buat pegangan , kalimat yg mn yg asli dan mn yg palsu.

Menurut riwayat Nasai HADIST NO - 5423, redaksinya jg beda sbb:
عُوْذُوا بِاللَّهِ مِنْ عَذَابِ النَّارِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ
"Berlindunglah kepada Allah dari siksa neraka, siksa kubur, fitnah kehidupan dan kematian serta dari keburukkan Al Masih Dajjal."

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Ini tdk ada keterangan  dlm salat. Ini perintah. Yakni perintah  untuk berlindung   dari siksa kubur. Bila dikerjakan  kita akan percaya  siksa kubur dan akan kufur pd banyak ayat………..Masalah  Dajjal sendiri masih misteri , siapa ayah dan ibunya ? Dimn Dajjal itu ? Apakah Dajjal itu lahir spt Nabi Isa atau spt Adam atau spt manusia biasa  dari ayah dan Ibu ? Atau dia bukan manusia tp jin itu masih misteri  dan perlu di jwb dg dalil.
Suatu saat kita akan bhs itu.

Di sunan Nasai HADIST NO – 5414 terdapat perbedaan redaksi lg.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَتَعَوَّذُ مِنْ خَمْسٍ
dari Abu Hurairah ia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam biasa berlindung dari lima hal,………………..

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kali ini redaksinya menggunakan kalimat “ Lima “ bukan empat …………., beda lg

Di sunan nasai lg dr Abu Hurairah jg HADIST NO – 5425, hadisnya jg beda  sbb:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ حَرِّ جَهَنَّمَ
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kubur, fitnah Dajjal, fitnah kehidupan dan kematian, dan dari panasnya api jahannam)."
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kali ini , redaksi nya menggunanakan fitnah kubur ( bukan siksa kubur )

Menurut riwayatAhmad HADIST NO - 9859 sbb:
وَبِإِسْنَادِهِ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَتَعَوَّذُ مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ
Masih melalui jalur periwayatan yang sama seperti hadits sebelumnya dari Abu Hurairah Dan dengan sanadnya, bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berlindung dari fitnah Dajjal dan dari fitnah kehidupan dan kematian.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Di redaksi tsb tanpa menyebut siksa kubur .

Menurut riwayat Tirmidzi HADIST NO - 3528 malah beda lagi
اسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَاسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ اسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ وَاسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ
Berlindunglah kalian kepada Allah dari siksa neraka dan berlindunglah kalian kepada Allah dari siksa kubur. Berlindunglah kalian kepada Allah dari fitnah al-Masihud Dajjal, berlindunglah kalian kepada Allah dari fitnah kehidupan serta fitnah kematian."

Menurut riwayat Nasai HADIST NO – 5415 terdapat tambahan :

مَنْ أَطَاعَنِي فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ عَصَى اللَّهَ وَكَانَ يَتَعَوَّذُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ جَهَنَّمَ وَفِتْنَةِ الْأَحْيَاءِ وَالْأَمْوَاتِ وَفِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ
"Barangsiapa taat kepadaku maka ia telah taat kepada Allah, barangsiapa bermaksiat kepadaku maka ia telah bermaksiat kepada Allah." Dan beliau biasa berlindung dari siksa kubur, siksa jahannam, fitnah kehidupan dan kematian serta fitnah Al Masih Dajjal."
Pd hal sama dr Abu Hurairah di riwayat lain tambah menyebut doa perlindungan itu.
مَنْ أَطَاعَنِي فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ عَصَى اللَّهَ وَمَنْ أَطَاعَ أَمِيرِي فَقَدْ أَطَاعَنِي وَمَنْ عَصَى أَمِيرِي فَقَدْ عَصَانِي
Barang siapa yang mentaatiku maka sungguh ia telah mentaati Allah dan barang siapa yang mendurhakai amirku maka sungguh ia telah mendurhakaiku."
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sama  dari Abu Hurairah nya tp beda redaksi hadis.

Hadis tsb bila di sahihkan , mk kita nyalahi pakem musthalah yaitu adanya idhtirab – yakni redaksi yg kacau belau.
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ    مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ اْلفَنِ
      Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Bila hadis tsb di paksakan  untuk disahihkan, mk akan menyalahi pakem musthalah hadis yg menyatakan  matan hadis yg kacau adalah menunjukkan hadis tsb lemah.Bgmn bisa di sahihkan, mn dasarnya.
Bila kita percaya siksa kubur dg landasa hadis itu, mk kita akan berpegangan kpd hadis yg lemah, munkar jg karena tafarrud tadi dan menyalahi ayat 51 -53 yasin yg menyatakan mayat tidur.
Juga menyalahi ayat :
إِنَّكَ مَيِّتٌ وَإِنَّهُمْ مَيِّتُونَ(30)
ثُمَّ إِنَّكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ تُبْعَثُونَ.
Sesungguhnya  kamu akan mati dan mereka pun akan mati
 ( 16 )   Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat.Al mukminun
Hari kebangkitan itu nanti hari kiamat bukan dikuburan. Firaun sj tdk di bangkitkan di musiumnya apalagi yg lain. Kapan Firaun di bangkitkan lalu tidur lg atau mati lg.
Kita percaya siksa kubur akan kufur jg pd ayat ini:

{كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَما الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُورِ }آل عمران185.
( 185 )   Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan balasanmu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. Ali  imran

Jadi balasanmu akan  di berikan dg sempurna kelak di hari kiamat  bukan di alam kubur.
Bila  kita bc doa perlindungan  dr  siksa kubur  dlm salat seolah  kita menyatakan  siksa kubur itu ada. Dan ini akan mendustakan  ayat 51  Yasin , al Mukmin  46 dan ali Imran 185.
Kita  sm  dg mengerjakan perintah salat dg mendustakan  ayat – ayat banyak .
Kita tdk bc itu  jg sdh sah salatnya. Untuk apa menambahi doa  yg  kita akan punya akidah yg menyelisihi al quran.
Sy  sendiri  sdh  setahun ini tdk bc doa perlindungan  dari siksa kubur dan fitnah Dajjal . Dan masalah  hadis  - hadis dajjal  akan dibhs  pd tahapnya insya Allah.
Tanda kelemahan adalah hadis yg menentang al qur an .
Syaik As suba`I telah merumuskan tanda kelemahan hadis  sampai  tujuh belas point.
Yang nomer sembilan sbb:
9ـ ألا يخالف القرآن
“Hadis itu harus tdk bertentangan  dengan al quran”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar dengan baik