Sumber : http://blogseotest.blogspot.com/2012/01/cara-memasang-artikel-terkait-bergambar.html#ixzz2HNYeE9JU

Pages

Blogroll

Senin, 30 Januari 2017

INi jawaban sy dulu terhadap kiyai Thobari – Sarkub


Di katakan dalam artikel tsb sbb: 
Hukum selamatan hari ke-3, 7, 40, 100, setahun, dan 1000 hari diperbolehkan dalam syariat Islam. Keterangan diambil dari kitab “Al-Hawi lil Fatawi” karya Imam Jalaluddin Abdurrahman As-Suyuthi jilid 2 halaman 178 sebagai berikut:
قَالَ الامَامُ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فى كِتَابِ الزُّهْدِ لَهُ: حَدَّثَنَا هَاشِمٌ بْنُ الْقَاسِمِ قَالَ: حَدَّثَنَا الأَشْجَعِى عَنْ سُفْيانَ قَالَ قَالَ طَاوُسٌ: اِن َّالْمَوْتَى يُفْتَنُونَ فى قُبُورِهِمْ سَبْعًا فَكَانُوا يَسْتَحِبُّونَ أَنْ يَطْعَمُوا عَنْهُمْ تِلْكَ الْأَيَّامَ, قَالَ الْحافِظُ أَبُو نُعَيمٍ فى الْجَنَّةِ: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ بْنُ مَالِكٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحَمْدَِ بْنِ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا أَبِى حَدَّثَنَا هَاشِمٌ بْنُ الْقَاسِمِ حَدَّثَنَا الأَشْجَعِى عَنْ سُفْيانَ قَالَ: قَالَ طَاوُسٌ: اِنَّ الْمَوْتَى يُفْتَنُونَ فى قُبُورِهِمْ سَبْعًا فَكَانُوا يَسْتَحِبُّونَ أَنْ يَطْعَمُوا عَنْهُمْ تِلْكَ الْأيَّامَ
Artinya:
“Telah berkata Imam Ahmad bin Hanbal radhiyallaah anhu di dalam kitabnya yang menerangkan tentang kitab zuhud: Telah menceritakan kepadaku Hasyim bin Qasim sambil berkata: Telah menceritakan kepadaku al-Asyjai dari Sufyan sambil berkata: Telah berkata Imam Thawus (ulama besar zaman Tabiin, wafat kira-kira tahun 110 H / 729 M): Sesungguhnya orang-orang yang meninggal akan mendapat ujian dari Allah dalam kuburan mereka selama 7 hari. Maka, disunnahkan bagi mereka yang masih hidup mengadakan jamuan makan (sedekah) untuk orang-orang yang sudah meninggal selama hari-hari tersebut.
Telah berkata al-Hafiz Abu Nuaim di dalam kitab Al-Jannah: Telah menceritakan kepadaku Abu Bakar bin Malik, telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepadaku Ubay, telah menceritakan kepadaku Hasyim bin al-Qasim, telah menceritakan kepadaku al-Asyjai dari Sufyan sambil berkata: Telah berkata Imam Thawus: Sesungguhnya orang-orang yang meninggal akan mendapat ujian dari Allah dalam kuburan mereka selama 7 hari. Maka, disunnahkan bagi mereka yang masih hidup mengadakan jamuan makan (sedekah) untuk orang-orang yang sudah meninggal selama hari-hari tersebut.”
Komentarku ( Mahrus ali): 
Pernyataan bahwa mayat –mayat di kuburannya  terfitnah dalam jarak tujuh hari.Setelah itu aman atau tetap mendapatkan siksaan yang dasat tidak diterangkan, alias tanpa komentar sedikitpun. Ia bukan perkataan Nabi atau sahabat.  Ia perkataan Thawus.
Sudah tentu, pernyata an Thawus ini tidak bisa di katakan benar atau salah total, mungkin benar mungkin salah sebagaimana  pernyataan Imam Syafii sbb:
مَهْمَا قُلْتُ مِنْ قَوْلٍ أَوْ أَصَّلْتُ مِنْ أَصْلٍ فَبَلَغَ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم خِلاَفُ مَا قُلْتُ، فَالْقَوْلُ مَا قَالَهُ صلى الله عليه وسلم.
Sekalipun saya sudah mengatakan sesuatu atau telah ku bikin suatu kaidah, lalu ada hadis Rasulullah SAW yang bertentangan dengan apa yang aku katakan, maka  perkataan yang benar adalah sabda  Rasulullah SAW.  

Lantas perawi bernama Sofyan bukan  murid Thowus, bagaimana  dia bisa mengatakan riwayat tsb dari Thawus.  Bila dia mendengar dari orang lain dari Thawus harus disebutkan, jangan disimpan. Ternyata dia  tidak menyebutkannya, lalu dia langsung menyatakan dari Thawus Sedemikian ini di sebut munqathi` atau sanad yang terputus bukan bersambung dan bisa mengakibatkan lemah bukan sahih.
Kita pelajari identitas Thawus sbb:
طَاوُوسٌ بْنُ كِيسَانِ الْيَمَانِى ، أَبُو عَبْدِ  الرَّحْمَنِ الْحِمْيَرِىّ  مَوْلاَهُمْ ، الْفَارِسِى ، يُقَالُ اِسْمُهُ ذَكْوَانُ ( و طَاوُوسٌ لَقَبٌ )
الْمَوْلِدُ:
الطَّبَقَةُ: 3: مِنَ الْوُسْطَى مِنَ التَّابِعِِيْنَ
الْوفاةُ: 106 ه وَ قِيْلَ بَعْدَ ذَلِكَ
رَوَى لَهُ: خ م د ت س ق
مَرْتَبَتُهُ عِنْدَ اِبْنِ حَجَرِ: ثِقَةٌ فَقِيهٌ فَاضِلٌ
مَرْتَبَتُهُ عِنْدَ الذَّهَبِيِ: قَالَ عَمْروِ بْنُ  دِينارٍ: مَا رَأَيْتُ أَحَدً ا مِثْلَهُ قَطُّ
Thawus bin Kisan al Yamani – Abu Abd Rahman al Himyari – maula mereka al farisi.  Boleh dikatakan, namanya adalah Dzakwan- Thawus sekedar Laqab ( Julukan)
Tingkatan: 3  dari tabiin menengah
Wafat  106 Hijriyah, di katakan juga  sebelum itu. 
Martabatnya menurut Ibn Hajar, dia  termasuk perawi terpercaya dan utama.
Martabatnya menurut Dzahabi: Amar bin Dinar berkata: Aku tidak melihat orang yang selevel dengannya.

Ini murid Thawus:

إِبْرَاهِيْم بْنُ أَبِى بَكْرٍ الأَخْنَسِى
إِبْرَاهِيم بْنُ مَيْسَرَةَ الطَّائِفِى
إِبْرَاهِيم بْنُ يَزِيْدَ الْخَوْزِى
أُسَامَةْ بنْ ُزَيْدٍ اللَّيْثِى
حَبِيْبٌ بْنُ أَبِى ثَابِتٍ
Ibrahim bin Abi Bakr Al akhansi
Ibrahim bin Maisarah  Thaifi
Ibrahim bin Yazid Al khauzy
Osama bin Zaid Leitsy
Habib bin Abi Tsabit

الْحَسَنُ بْنُ مُسْلِمٍ بْنِ يَنَاقٍ
الْحَكَمُ بْنُ عُتَيْبَة
حَنْظَلَة بْنُ أَبِى سُفْيَانَ الْجَمْحِى
Hasan bin Muslim bin Yanaq
Hakam bin Utaiba
Handzalah bin Abi Sufyan Jamhi

سَعِيْدٌ بْنُ حَسَّانٍ
سَعِيْدٌ بْنُ سِنَانٍ أَبوُ سِنَانٍ الشِّيْبَانِى الصَّغِيْر
سُلَيْمَانُ بْنُ طَرْخَانِ التّيْمِى
سُلَيْمَانُ بْنُ أَبِى مُسْلِمٍ اْلأَحْوَلِ
Sa`id Bin Hassan
Sa`id bin Sinan Abu Sinan al-Syeibani kecil
Sulaiman ibn Tarkhan Taimi
Sulaiman ibn Abi Muslim ahwal

سُلَيْمَانُ بْنُ مُوْسَى الدِّمَشْقِى
شُعَيْبٌ ، َو يُقَالُ: أَبُو شُعَيْبٍ صَاحِبُ الطَّيَالِسَةِ
صَدَقَةُ بْنُ يَسَارٍ الْمَكِّى
Sulaiman ibn Musa Damaskus
Syuaib, dan dikatakan: Abu Syuaib pemilik Tayalish
Shaqah bin Yasar al Makki

الضَّحَّاكُ بْنُ مُزَاحِمٍ
عَامِرُ بْنُ مُصْعَب
عَبْدُ اللهِ بْنُ طَاوُوسٍ
َعَبْدُ اللهِ بْنُ أَبِى نَجِيْحٍ
Dahhak bin Muzahim
Amir bin Musab
Abdullah bin Thawus
Abdullah bin Abi Njih

عَبْدُ اْلكَرِيْمِ بْنُ مَالِكٍ الْجَزَرِى
عَبْدُ الْكَرِيْمِ أَبُو أُمَيَّةَ اْلبَصْرِى
Abdul Karim bin Malik al Jazari
Abdul Karim Abu Umayyah al Basri
عَبْدُ اْلمَلِكِ بْنُ جُرَيْجٍ ،
عَبْدُ الْمَلِكِ بْنِ مَيْسَرَةَ الزَّرَّادِ
عُبَيْدُ اللهِ بْنِ اْلوَلِيْدِ الوَصَّافِى
عطاء بن السائب
عِكْرِمَةُ بْنُ عَمَّارٍ اْليَمَامِى
Abdul Malik bin Jutaij
Abdul Malik bin Maisarah  Zarrad
Ubeidillah  ibn al-Walid Al Wasshafy
Ata ibn  Sa`ib
Ikrimah  Ben Ammar Al Yaimamy

عَمْرُو بْنُ دِيْنَارٍ
عَمْرُو بْنُ شُعَيْبٍ
عَمْرُو بْنُ قَتَادَةَ
Amr bin Dinar
Amr ibn Syuaib
Amr bin Qatada

عَمْرُو بْنُ مُسْلِمٍ الْجُنْدِى
قَيْسُ بْنُ سَعْدٍ الْمَكِّى
لَيْثٌ بْنُ أَبِى سُلَيْمٍ
مُجَاهِدٌ بْنُ جَبْرٍ الْمَكِّى
Amr ibn Muslim al Jundi
Qais bin Sa`ad al makki
Laits bin Abi Sulaim
Mujahid bin Jabr al-Makki

أَبُو الزُّبَيْرِ مُحَمَّدٌ بْنُ مُسْلِمٍ بْنِ تَدَرُّسٍ الْمَكِّى
مُحَمَّدٌ بْنُ مُسْلِمٍ بْنُ شِهَابٍ الزُّهْرِى
Abu Zubair bin Muhammad bin Muslim bin Tadrus al Makki
Muhammad bin Muslim bin Shihab al Zuhri

الْمُغَيِّرَةُ بْنُ حَكِيمِ الصَّنْعَانِى
مَكْحُولُ الشَّامِى
nالنُّعْمَانُ  بْنُ أَبَى شَيْبَةُ
هَانِىءٌ بْنُ أَيُّوْبَ
Mughirah bin Hakim Sanaani
Makhul Syamy
Numan ibn Abi Shaybah
Hani ibn Ayyub


هِشَامُ بْنُ حُجَيْرٍ
وَهَبُ  بْنُ مُنَبَّهِ
أَبُو عَبْدِ اللهِ الشَّامِى
Hisyam bin Hujair
Wahab bin Munabbah
Abu Abdallah al-Syami
Komentarku ( Mahrus ali): 
Ternyata menurut keterangan tentang murid Thawus itu tidak ada nama  Sofyan. Banyak murid Thawus dan Sofyan tidak termasuk di dalamnya, lalu bagaimanakah bisa Sofyan meriwayatkan hadis dari padanya tanpa melalui murid – muridnya. Antara  Sofyan dan Thawus harus ada perawi yang di sebutkan namanya dan tidak boleh langsung dari Thawus ke Sofyan. Ini namanya sanad munqathi` atau sanad terputus bukan muttasil atau sanad yang bersambung.  Dan sanad sedemikian ini di sebut sanad lemah bukan sanad sahih yang bisa di buat pegangan tapi harus di lepaskan.

Dalam http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=160421
Ada pertanyaan sbb:



رُتْبَةُ أَثَرٍ: إِنَّ اْلمَوْتَى يُفْتَنُوْنَ فِي قُبُوْرِهِمْ سَبْعاً فَكَانُوا يَسْتَحِبُّوْنَ..
الأَرْبِعَاءُ 4 شَعْبَان 1432 - 6-7-2011

رَقْمُ اْلفَتْوَى: 160421
التَّصْنِيْفُ: أَحَادِيْثُ ضَعِيْفَةٌ وَمَوْضُوْعَة



قراءة: 7400 | طباعة: 179 | إرسال لصديق: 0 ]
السؤال
جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا عَنِ الْإِسْلامِ و الْمُسْلِمِينَ, أَنَا أحَدُ  طَلَبَةِ الْعِلْمِ  مِنَ الْقَوْقازِ جُمْهُورِيَّةِ أنغوشيا, أفْتُونِي فِي هَذِهِ الْمَسْأَلَةِ مَأْجُوْرِيْنَ.  فَإِنَّ الصُّوفِيَّةَ فِي بِلادِنَا يَسْتَدِلُّونَ بِهَذَا الْأثِرَ فِي اسْتحْبَابِ إِطْعامِ الطّعامِ عَنِ الْمَيْتِ.  فَمَا مَدَى صِحَّةِ أثَرِ هَذَا الْأثَرِ ؟ عَنْ طاوس قَالَ الْإمَامُ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلِ – رَضِيَ اللَّهُ  عَنْه – فِي كِتَابَ الزُّهَّدِ لَهُ: حَدَّثَنَا هَاشِمٌ بْنُ " الْقَاسِمِ "( 1 ) قَالَ:" ثِنَا "( 2 ) الأشجعي ( 3 ) عَنْ سُفْيانِ قَالِ: قَالَ طاوس:" إِنَّ الْموتى يُفْتَنُونَ فِي قُبُورِهِمْ سَبْعًا فَكَانُوا يَسْتَحِبُّونَ أَنْ يَطْعَمُوا عَنْهُمْ تِلْكَ الْأيَّامِ.  قَالَ الْحافِظُ أَبُو نُعَيْمٍ فِي الْحِلْيَةِ: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ بُنُّ مَالِكٍ ثِنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ  أَحْمَدَ بْنُ  حَنْبَلِ حَدَّثَنَا أَبِي ثِنَا هَاشِمٌ بْنُ  الْقَاسِمِ ثِنَا الأشجعي عَنْ سُفْيانِ قَالَ: قَالَ طاوس: إِنَّ الْموتى يُفْتَنُونَ فِي قُبُورِهُمْ سَبْعًا فَكَانُوا يَسْتَحِبُّونَ أَنْ. .الإجابــة
Pertanyaan
Semoga Allah membalas Anda untuk Islam dan umat Islam, aku mahasiswa  dari KaukasRepublik Ingushetia, berilah fatwa  dalam hal ini semoga anda mendapat pahala. Sufisme di negara kita menggunakan dalil atsar ini  tentang sunatnya memberi makan untuk mayat.
Sampai dimana kebenaran atsar ini?
Dari Tawus kata Imam Ahmad bin Hanbal - Semoga Allah meridhainya - dalam buku  Zuhud: Beritahu kami Hashim bin Qasim yang  mengatakan: Bercerita kepada kami  Asyjai  dari  Sufyan mengatakan: Tawus mengatakan: "Orang mati.  diuji dalam kuburan mereka  tujuh hari.  Mereka mensunnahkan   memberi makan selama hari itu
 Hafez Abu Nuaim dalam al hilyah berkata:  Dikisahkan oleh Abu Bakr bin Malik Bercerita kepada kami  Abdullah bin Ahmad bin Hanbal lalu berkata: Bercerita kepada kami  ayahku, lalu berkata: Bercerita kepada kami  Hasyim bin Qasim, lalu berkata: Bercerita kepada kami Asyjai  dari Sofyan mengatakan: Towus berkata:: Sesungguhnya  orang – orang  yang  mati di uji di dalam kuburannya selama tujuh hari dan mereka mensunnahkan………………

Jawab:


الْحَمْدُ لِلَّهِ وَالصَّلاَةُ وَالسّلامُ عَلَى  رَسُولِ اللهِ  وَعَلَى آله وَصَحْبِهِ أَمَا بَعْدُ:
فَهَذَا الْأثَرُ رَوَاهُ كَمَا نَقَلَ السّائِلُ أَحَمْدُ فِي الزُّهْدِ ، وَمِنْ طَرِيقِهِ أَبُو نُعِيمٍ فِي الْحِلْيَةِ ، بِالْإِسْنادِ الْمَذْكُورِ.  وَأَوْرَدَهُ الْحَافِظُ اِبْنُ حَجَرٍ فِي( الْمَطَالِبِ الْعَالِيَةِ بِزَوائِدِ الْمَسَانِيْدِ الثَّمانِيَةِ ) بِإِسْنادِ الْإمَامِ أَحْمَدَ فِي الزُّهْدِ.  وَإِسْنادُهُ ضَعِيفٌ لِاِنْقِطاعِهِ بَيْنَ سُفْيانَ وَهُوَ الثَّوْرِيُّ وَطَاوُوسُ ، وَلِذَلِكَ قَالَ فِيه سُفْيانُ: قَالَ طَاوُوسٌ دُونَ عَنْعَنَةِ وَلَا تَصْرِيحَ بِسَمَاعٍ ، وَقَدْ قَالَ مُحَقِّقُ هَذَا الْجُزْءِ مِنْ( الْمَطَالِبِ الْعَالِيَةِ) الدُّكْتورُ بَاسِمُ عِنَايَةِ: الْإِسْنادُ رِجَالُهُ كُلَّهُمْ ثِقَاتٌ إلّا أَنَّهُ مُنْقَطِعٌ بَيْنَ سُفْيانَ وَطَاوُوسٍ ، فَهُوَ ضَعِيفٌ. ( 5 / 330 / 834 ). وَهَذَا التَّحْقِيقُ قَدْ أُنْجِزَ فِي عِدَّةِ رَسَائِلَ عِلْمِيَّةٍ قُدِّمَتْ لِجَامِعَةِ الْإمَامِ مُحَمَّدٍ بْنِ سُعُودٍ
Segala puji bagi Allah, sholawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Rasulullah SAW, keluarga dan sahabatnya. Amma ba`duh.
Atsar ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad sebagaimana  di kutip oleh penanya – dalam kitab Zuhd. Abu Nu`aim juga meriwayatkannya dari jalur Ahmad dalam kitab al Hilyah dengan sanad tsb.
Al Hafidh Ibn Hajar juga mencantumkannya dalam kitab al Mathalib al aliyah bizawaid tsamaniyah ( dengan sanad Imam Ahmad dalam kitab Zuhd. Sanadnya lemah karena terputus antara  Sofyan – Tsauri dengan Tawus. Karena itu Sofyan berkata: Tawus berkata: …………. tanpa  menyebut dari………… atau pernyataan pernah mendengar. Pentahkik  Juz dari kitab al Mathalib al aliyah  ini – bernama  Doktor Basim Inayah menyatakan:  Perawi – perawinya terpercaya tapi terputus antara Sofyan dan Tawus. Ia lemah 330/5
Penelitian ini telah di lakukan dalam beberapa tesis ilmiyah yang di ajukan kepada Universitas Imam Muhammad bin Su`ud.



وَهُوَ مَعَ اِنْقِطاعِهِ مُرْسَلٌ ، وَلَا تَقُومُ بِهِ حُجَّةٌ عِنْدَ الْجُمْهُورِ ، وَرَاجِعْ الْفَتْوَى رَقْمُ: 104454.
Hadis tsb terputus sanadnya dan mursal, menurut mayoritas ulama  tidak bisa di buat hujjah. Kembalilah ke fatwa nomer 104454


Tema kita besok insya Allah adalah perkataan Imam al albani ttg siksa kubur yg terputus – putus , tdk kontinyu.  Akan kita kaji kebenarannnya.
لفتوى الحادية عشر المستخرجة من الشريط التاسع من سلسلة الهدى و النور .

[COLOR=Red]الاجابة [/COLOR]
السائل : أستاذنا ، عذاب القبر هو عذاب حتى يوم القيامة أم متقطع وما الدليل على ذلك ؟ الشيخ الألباني رحمه الله : ربنا قال في القرآن الكريم في حق فرعون وجماعته (النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا ) (غُدُوًّا وَعَشِيًّا) .السائل : نعم .الشيخ الألباني رحمه الله : [COLOR=Red]هذا بالنسبة لاهل أكفر الناس فرعون وجماعته،[/COLOR] اللي اتخذوه إلـهاً من دون الله، أما الآخرين لا شك يعني من الفساق من المسلمين بيكون عذابهم دون ذلك، أما تفصيل بين كم وكم فهذا ليس له ذكر في السنة .السائل : نعم.[/COLOR][/SIZE]

https://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=86413




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar dengan baik