Kajian Hadis – hadis siksa kubur ke 4
حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ أَبِي وَائِلٍ عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
دَخَلَتْ عَلَيَّ عَجُوزَانِ مِنْ عُجُزِ يَهُودِ الْمَدِينَةِ فَقَالَتَا لِي إِنَّ أَهْلَ الْقُبُورِ يُعَذَّبُونَ فِي قُبُورِهِمْ فَكَذَّبْتُهُمَا وَلَمْ أُنْعِمْ أَنْ أُصَدِّقَهُمَا فَخَرَجَتَا وَدَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ لَهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ عَجُوزَيْنِ وَذَكَرْتُ لَهُ فَقَالَ صَدَقَتَا إِنَّهُمْ يُعَذَّبُونَ عَذَابًا تَسْمَعُهُ الْبَهَائِمُ كُلُّهَا فَمَا رَأَيْتُهُ بَعْدُ فِي صَلَاةٍ إِلَّا تَعَوَّذَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ
(BUKHARI - 5889) : Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Jarir dari Manshur dari Abu Wa `il dari Masruq dari Aisyah dia berkata; "Dua orang wanita tua dari Yahudi Madinah datang kepadaku, lalu keduanya berkata kepadaku; "Sesungguhnya penghuni kubur dsiksa di kubur mereka." Namun aku mengingkarinya bahkan aku tidak bisa untuk mempercayai keduanya, sesaat kemudian Nabi Shallallahu 'alahi wasallam masuk menemuiku, lalu aku berkata dan beritahukan kepada beliau perihal ucapan dua wanita tua tersebut, maka beliau bersabda: "Mereka berdua benar, sesungguhnya orang-orang disiksa (dalam kuburnya) yang dapat di dengar oleh setiap binatang." Setelah itu aku tidak pernah melihat beliau melainkan selalu memohon perlindungan dari siksa kubur dlm shalat."
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Hadis tsb muttafaq alaih.
Cacat dlm hadis tsb karena tafarrud kpd Masruq dlm sanadnya. Perawi bernama Masruq adalah perawi Irak , bukan perawi Medinah . Dan hanya satu orang Irak yg bercerita spt itu . liht keterangan sbb:
المسند الجامع (19/ 546)
أخرجه أحمد 6/44 قال: حدثنا أبو معاوبة. قال: حدثنا الاعمش، عن شقيق. وفي 6/174 قال: حدثنا محمد بن جعفر. قال: حدثنا شُعبة، عن الاشعث بن سليم، عن ابيه. وفي 6/205 قال: حدثنا وكيع. قال: حدثنا الاعمش، عن ابي وائل. و"البُخَارِي" 2/123 قال: حدثنا عَبْدان. قال: اخبرني ابي، عن شُعبة. قال: سمعت الاشعث، عن ابيه. وفي 8/97 قال: حدثنا عثمان بن ابي شَيْبة. قال: حدثنا جرير، عن منصور، عن ابي وائل. و"مسلم" 2/92 قال: حدثنا زهُير بن حرب واسحاق بن إبراهيم، كلاهما عن جرير. قال زهير: حدثنا جرير، عن منصور، عن ابي وائل (ح) وحدثنا هنَّاد بن السري. قال: حدثنا أبو الاحوص، عن اشعث، عن ابيه و"النَّسائي" 3/56. وفي "الكبرى" (1145) قال: اخبرنا محمد بن بشار، عن محمد. قال: حدثنا شُعبة، عن اشعث، عن ابيه. وفي 4/155 قال: اخبرنا هنَّاد، عن ابي معاوية، عن الاعمش، عن شقيق (ح) واخبرنا محمد بن قدامة. قال: حدثنا جرير، عن منصور، عن ابي وائل.
كلاهما (شقيق أبو وائل، وابو الشعثاء سليم بن اسود والد اشعث) عن مسروق، فذكره.
Intinya hadis tsb dr seorang perawi bernama Masruq bukan orang lain. Dia bukan Medinah tp perawi dr Irak . Lihat identitasnya :
ــ مسروق بن الأجدع بن مالك بن أمية بن عبد الله الهمدانى الوادعى ، أبو عائشة الكوفى
المولد :
الطبقة : 2 : من كبار التابعين
الوفاة : 62 , و يقال :63 هـ بـ السلسلة
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة
مرتبته عند الذهبـي : أحد الأعلام
mausuah ruwatil hadis 6601
Kemarin telah dijelaskan sbb:
Dalam majalah Buhus Islamiyah terdapat keterangan:
ولهذا نقول إنه ينبغي لطالب العلم أن ينظر أن من قرائن الإعلال والرد للأحاديث، في تفردات الكوفيين والعراقيين على وجه العموم،
مجلة البحوث الإسلامية
Karena ini, kami katakan: Layak sekali bagi thalib ilm untuk melihat bahwa sebagian tanda cacat dan tertolaknya beberapa hadis adalah tafarrudnya perawi Kufah dan Irak secara umum (seperti hadis masalah Bilal tadi).
Majalah buhus Islamiyah.
Syaikh Muhammad Hasan Abd Ghaffar menyatakan :
تعريف الحديث المنكر
تطلق النكارة عند المتقدمين على التفرد حتى ولو كان من الثقات، وأحمد كان يرى انفراد الثقة نكارة، وكان بعض المتقدمين يرى الانفراد من الضعيف نكارة.
http://audio.islamweb.net/audio/Fulltxt.php?audioid=179908
Devinisi hadis munkar .
Istilah hadis munkar menurut pakar hadis dulu bisa di katakana kpd hadis yg di riwayatkan oleh perawi tunggal sekalipun dia termasuk perawi tsiqah ( terpercaya )
Imam Ahmad jg berpandangan sedemikian. Sebagian kalangan ahali hadis dulu berpandangan hadis munkar itu dr perawi lemah yg tunggal. Mayoritas dan tabiin sampai mati tdk kenal kisah itu . Kita lebih mengenal dr mereka.
Mayat dlm kuburan adalah tidur , dan nanti pd hari kiamat baru dibangkitkan. Ada ayat sbb:
لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ ۚ كَلَّا ۚ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا ۖ وَمِن وَرَائِهِم بَرْزَخٌ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ
( 100 ) agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan. Al mukminun . 100.
Jadi masa di barzah / kuburan adalah masa tidur bukan masa kebangkitan . Masa kebangkitan setelah alam barzakh - yakni setelah tidur di kuburan. Bila di kuburan pr mayat di siksa, mk tdk bisa tidur dan tdk perlu dibangkitkan lagi.
أَمْوَاتٌ غَيْرُ أَحْيَاءٍ ۖ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ
( 21 ) (Berhala-berhala itu atau mayat - mayat yg di mintai ) mati tidak hidup, dan mereka tidak mengetahui bilakah penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan.
Boleh di artikan dan mayat – mayat yg dimintai tdk mengerti kapan di bangkitkan.
Di kuburan bukan tempat kebangkitan. Hari kebangkitan ada sendiri bukan di kuburan. Hari kebangkitan adalah hari sbgmn di jlskan dlm surat Yasin 51.
تحقيق الآيات البينات في عدم سماع الأموات (ص: 81)
نعم إن بعض العلماء ذهب إلى عدم إعادة الروح إلى البدن وقت السؤال وأن السؤال للروح فقط وكذا التعذيب أو التنعيم ومنهم أبو محمد بن حزم الظاهري الشهير فإنه قال في كتابه " الملل والنحل (3 ") من كلام طويل ما لفظه:
وأيضا فإن جسد كل إنسان لا بد له من العود إلى التراب يوما كما قال عز وجل: {منها خلقناكم وفيها نعيدكم ومنها نخرجكم تارة أخرى} فكل من ذكرنا من مصلوب أو غريق أو محرق أو أكيل سبع أو دابة بحر أو
Intinya . Sebagian ulama berpendapat bahwa siksa kubur dan kenikmatannya hanya pd roh sj sbgmn syaikh Ibn Hazem .
Komentarku: Jd mirip orang bernimpi waktu tidur , mimpi enak atau tdk . Hal ini mirip api Neraka di tampakkan pd Firaun dan pendukungnya. Dan mrk blum di siksa di Neraka. Bgmn mrk di siksa, hisab sj blm.
Apa mungkin siksaan di berikan sedang hisap dan timbangan amal perbuatannya blm. Dan blm diketahui mn yg berat kebaikan atau kejelekannya , lalu kok sdh di siksa. Ini yg tdk ada dalilnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberi komentar dengan baik