Sumber : http://blogseotest.blogspot.com/2012/01/cara-memasang-artikel-terkait-bergambar.html#ixzz2HNYeE9JU

Pages

Blogroll

Jumat, 27 Januari 2017

Jawabanku untuk Ust Abul jauza` ke 6


Jawabanku untuk Ust Abul jauza` ke 6
Anda menyatakan:
Silakan tengok juga penjelasan QS. Al-Mukminun : 99-100
حَتّىَ إِذَا جَآءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبّ ارْجِعُونِ * لَعَلّيَ أَعْمَلُ صَالِحاً فِيمَا تَرَكْتُ كَلاّ إِنّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَآئِلُهَا وَمِن وَرَآئِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَىَ يَوْمِ يُبْعَثُونَ }
 “(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: "Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia). agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding (barzakh) sampal hari mereka dibangkitkan”.;
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Maunya untuk Abul jauza` mengambl ayat itu untuk pegangan keberadaan  siksa kubur. Tp tiada korelasinya dan Allah dlm ayat itu tdk bhs siksa kubur sama sekali.Mestinya  ayat itu di buat landasan tiadanya  siksa kubur . Sbb mayat di matikan / ditidurkan  sampai nanti pd hari kebangkitan.
Pd hal  alam barzakh  bukan alam kebangkitan. Tp nanti  ketika hari kiamat. Perlu  di tinjau lg dngn ayat  lain  sbb:

أَمْوَاتٌ غَيْرُ أَحْيَاءٍ ۖ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ
( 21 )   (Berhala-berhala itu atau mayat  - mayat  yg di mintai ) mati tidak hidup, dan mereka  tidak mengetahui bilakah penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan.
Boleh di artikan dan mayat – mayat yg dimintai  tdk mengerti kapan di bangkitkan.
Dlm ayat  16 al mukminun itu diterangkan dg gamblang bahwa  pd hari kiamat mayat  di bangkitkan, rohnya  di kembalikan, bukan dikuburan.
Mayat tdk ngerti kpn mereka dibangkitkan.
Anehnya kita ini yakin bahwa mereka itu hidup. Bukan mati. Kepercayaan  kita spt ini landasannya hanya kebodohan.
Mari kita resech lg di kitab – kitab tafsir ahlis sunna bukan Syi`ah sbb:

الصحيح المسبور من التفسير بالمأثور (3/ 438)
أخرج آدم بن أبي إياس بسنده الصحيح عن مجاهد في قول الله (برزخ إلى يوم يبعثون) قال: الحاجز بين الموت والرجوع إلى الدنيا
Intinya menurut Imam Mujahid  Barzakh  itu tabir / dinding antara  mati dan kembali ke dunia.
التفسير الواضح (2/ 645)
وَرائِهِمْ، أى أمامهم بَرْزَخٌ أى: سد وحاجز يمنعهم من الرجوع
تفسير الشعراوي (16/ 10148)
ذلك لمجرد أن تحضره سكرات الموت ويُوقِن أنه ميّت تتكشف له الحقائق ويرى ما لا نراه نحن، كما جاء في قوله تعالى: {فَكَشَفْنَا عَنكَ غِطَآءَكَ فَبَصَرُكَ اليوم حَدِيدٌ} [ق: 22
Intinya menurut  Sya`rawi  ketika  datang sakaratul maut, maunisia akan melihat beberapa  realita  yakni terbukalah beberapa realita  dan melihat  apa yg tdk kita lihat.

أيسر التفاسير للجزائري (3/ 538)
ي رأى ملك الموت وأعوانه وقد حضروا لقبض روحه {قال رب ارجعون1} أي أخروا موتي كي أعمل صالحاً فيما تركت العمل فيه بالصلاح، وفيما ضيعت من واجبات قال تعالى رداً عليه {كلا} 2 أي لا رجوع أبداً، {إنها كلمة هو قائلها} لا فائدة منها ولا نفع فيها، {ومن ورائهم برزخ} أي حاجز مانع من العودة إلى الحياة وهو أيام الدنيا كلها حتى إذا انقضت عادوا إلى الحياة، ولكن ليست حياة عمل وإصلاح ولكنها حياة حساب وجزاء هذا معنى قوله: {ومن ورائهم برزخ إلى يوم يبعثون} 3.
Intinya  orang yg akan meninggal dunia akan melihat malaikat maut dan pembantu – pembantunya   yg hadir untuk menjemput rohnya……………………….Karena itu,  si mayat minta di tunda kematiannya  agar bisa berbuat amal salih yg tdk bisa dilakukan dulu……………………..

مختصر تفسير ابن كثير (2/ 575)
{كَلاَّ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَآئِلُهَا} كَلَّا حَرْفُ رَدْعٍ وَزَجْرٍ أَيْ لَا نُجِيبُهُ إِلَى مَا طلب ولا نقبل منه

Dlm kitab – kitab tafsir tsb jg tdk ada keterangan bahwa ayat tsb menjelaskan tentang adzab kubur.
 Aneh, ada siksa kubur, pd hal mayat blm di hisap, blm ditentukan  mn yg banyak kebaikannya atau keburukan alias blm di timbang amal perbuatannya.


Anda juga membawakan ayat ini :
dan QS. Ibrahiim : 27
 { يُثَبّتُ اللّهُ الّذِينَ آمَنُواْ بِالْقَوْلِ الثّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدّنْيَا وَفِي الاَخِرَةِ وَيُضِلّ اللّهُ الظّالِمِينَ وَيَفْعَلُ اللّهُ مَا يَشَآءُ }
 “Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.” Lihat penafsiran dan penyebutan riwayat yang terkait dengannya secara lengkap dalam Tafsir Ath-Thabari dan Tafsir Ibnu Katsir.

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Ada hadis sbb:
حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ مَرْثَدٍ عَنْ سَعْدِ بْنِ عُبَيْدَةَ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أُقْعِدَ الْمُؤْمِنُ فِي قَبْرِهِ أُتِيَ ثُمَّ شَهِدَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ فَذَلِكَ قَوْلُهُ
يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ }
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا غُنْدَرٌ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ بِهَذَا وَزَادَ
يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا }
نَزَلَتْ فِي عَذَابِ الْقَبْرِ
(BUKHARI - 1280) : Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin 'Umar telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari 'Alqamah bin Martsad dari Sa'ad bin 'Ubadah dari Al Bara' bin 'Azib radliallahu 'anhuma dari Nabi Shallallahu'alaihiwasallam bersabda: "Apabila (jenazah) seorang mukmin sudah didudukkan dalam kuburnya maka dia akan dihadapkan (pertanyaan malaikat), kemudian ia bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad utusan Allah. Itulah perkataan seorang muslim sebagaimana firman Allah subhanahu wata'ala (QS Ibrahim ayat 27 yang artinya): ("Allah akan meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu"). Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami Ghundar telah menceritakan kepada kami Syu'bah seperti riwayat ini lalu menambahkannya (firman Allah subhanahu wata'ala): ("Allah akan meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman…") ayat ini turun berkenaan dengan masalah siksa kubur".

Cacat segi sanad  sbb:

المسند الجامع (3/ 110)
خرجه أحمد 4/282 (18674) قال: حدَّثنا عَفَّان. وفي 4/291 (18776) قال: حدَّثنا مُحَمد بن جَعْفَر. و"البُخَارِي" 2/122 (1369) قال: حدَّثنا حَفْص بن عُمَر (ح) وحدَّثنا مُحَمد بن بَشَّار، حدَّثنا غُنْدَر. وفي 6/100 (4699) قال: حدَّثنا أبو الوَلِيد. و"مسلم" 8/162 (7321) قال: حدَّثنا مُحَمد بن بَشَّار بن عُثْمَان العَبْدِي، حدَّثنا مُحَمد بن جَعْفَر. و"أبو داود" 4750 قال: حدَّثنا أبو الوَلِيد الطَّيَالِسِي. و"ابن ماجة" 4269 قال: حدَّثنا مُحَمد بن بَشَّار، حدَّثنا مُحَمد بن جَعْفَر. والتِّرْمِذِيّ" 3120 قال: حدَّثنا محمود بن غَيْلاَن، حدَّثنا أبو داود. و"النَّسائي" 4/101، وفي "الكبرى" 2195 و11200 قال: أخبرنا مُحَمد بن بَشَّار، قال: حدَّثنا مُحَمد.
خمستهم (عَفَّان، ومُحَمد بن جَعْفَر، وحَفْص، وأبو الوَلِيد، وأبو داود) عن شُعْبة، عن عَلْقَمَة بن مَرْثَد، عن سَعْد بن عُبَيْدَة، فذكره.
Jadi lagi – lagi hadis  tsb riwayat orang Mesir lalu tinggal di Basrah yaitu  Syu`bah yg meriwayatkannya scr sendirian. Identitasnya  sbb:

  ــ  شعبة بن الحجاج بن الورد العتكى مولاهم الأزدى ، أبو بسطام الواسطى ثم البصرى ، مولى عبدة بن الأغر مولى يزيد بن المهلب
المولد  :
الطبقة : 7  : من كبار أتباع التابعين
الوفاة : 160 هـ بـ البصرة
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة حافظ متقن ، كان الثورى يقول : هو أمير المؤمنين فى الحديث
مرتبته عند الذهبـي : أمير المؤمنين فى الحديث ، ثبت حجة و يخطىء فى الأسماء قليلا
2790
Jd 150 th setelah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   wafat , hadis  itu masih di riwayatkan  oleh satu orang  yaitu  Syu`bah – perawi Basrah , bukan Medinah  . dan menurut pelajaran yg lalu  satu perawi  Basrah yg meriwayatkannya sbg tanda  kelemahan hadis.
Mayoritas   sahabat , tabiin dan pengikutnya tdk kenal hadis itu. 
Hadis lemah tdk bisa dibuat hujjah , apalag bertentangan dg ayat al Quran.
Mayat di tanya ber arti  rohnya  dkembalikan . Dan ber arti mayat hidup lg . Pd hal roh dikembalikan lg itu pd hari kebangkitan  liht ayatnya:
ثُمَّ إِنَّكُم بَعْدَ ذَٰلِكَ لَمَيِّتُونَ ثُمَّ إِنَّكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ تُبْعَثُونَ
Kemudian, sesudah itu, sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati.
( 16 )   Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat.

  Manusia menurut ayat itu di kuburan  adalah mayat , lalu bgmn bisa di katakan rohnya dikembalikan untuk ditanyai oleh dua malaikat. Nanti pd hari kiamat  baru dibangkitkan.

Anehnya hadis itu , ayat QS Ibrahim ayat 27 yang artinya): ("Allah akan meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu"  adalah makkiyah – artinya di turunkan di Mekkah  bukan di Medinah. Liht ketrangan sbb :
تفسير مقاتل بن سليمان (2/ 387)
سورة إبراهيم مكّيّة وآياتها ثنتان وخمسون
الموسوعة القرآنية (3/ 416)
 يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ/ 27/ مكية/ إبراهيم/

Ayat 27 Ibrahim yg katanya  diturunkan untuk siksa kubur atau pertanyaannya  itu ternyata diturunkan di Mekkah . Pd hal ada hadis yg menyatakan  ketika Aisyah di Medinah didatangi seorang  tua yg menyatakan semoga Allah menyelamatkan  anda  dr  siksa kubur , lalu Aisyah tdk percaya. Bahkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   masih tdk tahu saat itu . Pd hal  beliau  di Medinah.
Aisyah yg di Medinah masih blm tahu  tentang keberadaan siksa kubur . dan ayat  27 Ibrahim diturunkan  di Mekkah yg katanya  sbb turunnya  adalah masalah siksa kubur . Ini kontradiksi  lg . Untungnya sm lemahnya.
Karena itu maksud ayat itu  ( 27 Ibrahim adalah seorang mukmin selalu berpegangan kpd perkataan yg kokoh sewaktu hidup di dunia – yakni berpegangan dg ayat – ayat al quran dan sunnah  yg sahihah. Bukan  bisa jwb ketika di tanya dikuburan  Lihat keterangan pakar tafsir  sbb:

وعن موسوعة الشيخ النابلسى احد شيوخ تفسير القرآن الكريم..
تفسير معنى لقول ثابت، هذه القواعد والسنن والقوانين التي وردت في كتاب الله:
﴿مَنْ عَمِلَ صَالِحاً فَلِنَفْسِهِ وَمَنْ أَسَاءَ فَعَلَيْهَا﴾[سورة الجاثية الآية: 15]
﴿فَأَمَّا مَنْ أَعْطَى وَاتَّقَى * وَصَدَّقَ بِالْحُسْنَى * فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْيُسْرَى﴾[سورة الليل الآية: 5-7]
 قد تقرأ القرآن الكريم فتجد بعض الآيات تشكل قوانين، هذه القوانين من عند الله ثابتة، فالمؤمن يتعامل معها، فمعه توجيهات من الخالق، من الخبير العليم، لذلك قلما يقع في مطب كبير، لماذا؟
 لأن الله هداه سبل السلام، ما أكل مالاً حراماً، ولا اعتدى على عرض ولا على إنسان، كان صادقاً وأميناً، مجموعة القوانين التي في كتاب الله هي في الحقيقة القول الثابت، أما غير المؤمن فلا يوجد عنده ثوابت، يتوهم شيئًا قويًا يستفيد منه، وينسى أن الله حرم هذا الذي فعله، ويأتيه العقاب الإلهي، ويؤتى الحذر من مأمنه، وفرق كبير جداً بين حياة المؤمن التي تحكمها الأقوال الثابتة التي وردت في كتاب الله.

لقرآن هو القول الثابت :
﴿مَثَلاً كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ﴾[سورة إبراهيم الآية: 24]
 أصلها ثابت وفرعها في السماء، الكلمة الطيبة التي تستخدمها في الدعوة: تنتقل من قول ثابت.
http://islam.ahram.org.eg/NewsQ/4711.aspx

Intinya   maksud perkataan yg kokoh ( al qaulut tsabit )  adalah kaidah , sunnah dan undang  - undang yg terdapat  dlm kitabullah . Cocok  dg ayat:
أَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ
  Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit,  Ibrahim 24 .
Jd manusia yg hidup didunia  dg pegangan kpd al quran  sm dg pegangan  dg  perkataan  yg kokoh.
Bersambung





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar dengan baik