Sumber : http://blogseotest.blogspot.com/2012/01/cara-memasang-artikel-terkait-bergambar.html#ixzz2HNYeE9JU

Pages

Blogroll

Minggu, 29 Januari 2017

Jawabanku untuk Ust Qasim ali ke 3


Jawabanku untuk Ust Qasim Ali ke 3
Dia menulis sbb:
Dalil Adanya Siksa Kubur yang ke-lima adalah Q.S Ghafir / Al Mu’min ayat 45-46.

فَوَقَاهُ اللَّهُ سَيِّئَاتِ مَا مَكَرُوا وَحَاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذَاب .النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوّاً وَعَشِيّاً وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِِ                       
[09:17, 12/23/2016] Ardi M: Artinya: “Maka Allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka, dan Firaun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): “Masukkanlah Firaun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras”.” (QS. Ghafir/ Al Mu’min: 45-46)

وهذه الآية أصل كبير في استدلال أهل السنة على عذاب البرزخ في القبور

Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata “Ayat-ayat ini adalah landasan kuat bagi Ahlussunnah tentang adanya azab barzakh dalam kubur” (Tafsir Ibnu Katsir)
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Siksaan di barzakh , sblm  kita  masuk ke masalah ini kita perlu mengetahui  arti  barzah adalah  dinding yg menghalangi manusia  untuk kembali ke dunia.
Jd mayat di pendam ke kuburan atau mayat yg tdk dikubur, tp dibiarkan berada di kamar  jg sdh masuk ke alam barzah.
Boleh dibuktikan , mayat yg di kamar itu apakah tersiksa atau dipukuli ? kan tdk. Bgt juga mayat dikuburan.
Katanya , mayat bila di taruh dikuburan dan ditinggalkan pelayatnya mk dua malaikat datang untuk membangunkan , mendudukkan dan bertanya kpdnya. Jd rohnya di kembalikan.
Bila roh tdk dikembalikan, mk mayat tdk bisa menjawab.
Kita buktikan mayat yg ditaruh di kamar selama dua atau tiga hari, pernahkan anda lihat mayat itu di bangunkan? Kan tdk.
Mk bgt jg mayat dikuburan.
Jd pertanyaan dikuburn jg tdk ada, bgt juga siksaan di dalamnya.

Menurut Ibn Katsir ayat ghafir 45 -46  itu landasan untuk siksa kubur.
Kita rujuk lg ke kitab – kitab tanfsir  sbb:
أيسر التفاسير للجزائري (4/ 537)
وحاق بآل فرعون سوء العذاب: أي عذاب الغرق إذ غرق فرعون وجنده أجمعون.
Intinya maksud “dan Firaun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk”   adalah di tenggelamkan ke laut ( bukan siksa kubur ) .

تفسير المراغي (24/ 77)
وَحاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذابِ) أي فحفظه الله مما أرادوا به من المكر السيئ في الدنيا، إذ نجاه مع موسى عليه السلام، وفي الآخرة بإدخاله دار النعيم، وأحاط بفرعون وقومه سوء العذاب في الدنيا بالغرق في اليمّ، وفي الآخرة بدخول جهنم وبئس القرار.
Intinya , Firaun dan tentaranya  di tenggelamkan ke laut dan kelak di akhirat  akan di masukkan ke dalam Jahannam ………………
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bukan siksa kubur.
زاد المسير (5/ 294، بترقيم الشاملة آليا)
وحاقَ بآل فرعونَ } لما لجوا في البحر { سوءُ العذاب } قال المفسِّرون هو الغرق
Menurut pakar – pakar tafsir , maksudnya ( ayat 45 – 46 ghafir  )   adalah ditenggelamkan ke laut ( bukan siksa kubur ).

الوسيط لسيد طنطاوي (ص: 3707، بترقيم الشاملة آليا)
وَحَاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ } أى : ونزل وأحاط بفرعون وقومه { سواء العذاب } بأن أغرقهم الله - تعالى - فى أليم ، وجعلهم عبرة لمن يعتبر
Maksudnya   Firaun dan pendukungnya ditenggelamkan ke dalam laut ( bukan siksa kubur ).  
تفسير الجلالين (9/ 176، بترقيم الشاملة آليا)
 { وَحَاقَ } نزل { بئَالِ فِرْعَوْنَ } قومه معه { سُوءُ العذاب } الغرق .
Maksud siksa buruk  adalah  di tenggelamkan ke laut.  ( bukan  siksa kubur ) .

تفسير ابن كثير (14/ 348)
وَلَكِنْ هُنَا سُؤَالٌ وَهُوَ أَنَّهُ لَا شَكَّ أَنَّ هَذِهِ الْآيَة مَكِّيَّة وَقَدْ اِسْتَدَلُّوا بِهَا عَلَى عَذَاب الْقَبْر فِي الْبَرْزَخ
Intinya : Ibn  Katsir menyatakan  bahwa ayat 45-46 Ghafir adalah Makkiyah , tp mengapa  mereka membuat dalil  untuk siksa kubur di dalam Barzakh .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Mestinya tdk layak bila ayat itu diperuntukkan untuk menjelaskan siksa kubur . Bila untuk  siksa kubur , mengapa sejak di Mekkah, sejak ia diturunkan , Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   tdk phm siksa kubur. Bila ia untuk siksa kubur, tentu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   yg dituruninya akan mengerti adanya siksa kubur dg ayat itu sj.
Nyatanya beliau tdk phm tentang siksa kubur, sampai Aisyah ingkar , dan beliau tanya pada Nabi  shallallahu alaihi wasallam  lalu dijawab: Yahudi yg datang  dg bawa berita siksa kubur  itu  dusta. Baru  setelahnya dituruni wahyu bahwa siksa kubur itu ada, demikian menurut hadis – hadis riwayat Muslim  dan Bukhari. Untungnya  hadis itu  jg bermasalah .
Dan ayat itu tdk menjelaskan siksa kubur. Ia  hanya menjelaskan  neraka di tampakkan bukan siksaan , layaknya  orang bermimpi bgt sj.

تفسير ابن كثير (14/ 349)
يُقَال فَمَا الْجَمْع بَيْن هَذَا وَبَيْن كَوْن الْآيَة مَكِّيَّة وَفِيهَا الدَّلَالَة عَلَى عَذَاب الْبَرْزَخ ؟ وَالْجَوَاب أَنَّ الْآيَة دَلَّتْ عَلَى عَرْض الْأَرْوَاح عَلَى النَّار غُدُوًّا وَعَشِيًّا فِي الْبَرْزَخ وَلَيْسَ فِيهَا دَلَالَة عَلَى اِتِّصَال تَأَلُّمهَا بِأَجْسَادِهَا فِي الْقُبُور إِذْ قَدْ يَكُون ذَلِكَ مُخْتَصًّا بِالرُّوحِ فَأَمَّا حُصُول ذَلِكَ لِلْجَسَدِ فِي الْبَرْزَخ وَتَأَلُّمه بِسَبَبِهِ فَلَمْ يَدُلَّ عَلَيْهِ إِلَّا السُّنَّةُ فِي الْأَحَادِيث الْمَرْضِيَّة الْآتِي ذِكْرُهَا .
Intinya : Menurut Ibnu Katsir , mayat  disiksa menurut ayat itu hanya  rohnya sj. Dan hadislah yg menunjukkan bahwa  mayat tersiksa tubuh dan jasadnya.

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bila tersiksa tubuh dan jasadnya mk tdk bisa tidur dan  akan bertentangan dg ayat
ونفخ فِي الصُّورِ فَإِذَا هُمْ مِنَ الْأَجْدَاثِ إِلَى رَبِّهِمْ يَنْسِلُونَ قَالُوا يَاوَيْلَنَا مَنْ بَعَثَنَا مِنْ مَرْقَدِنَا هَذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمَنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ  إِنْ كَانَتْ إِلَّا صَيْحَةً وَاحِدَةً فَإِذَا هُمْ جَمِيعٌ لَدَيْنَا مُحْضَرُونَ
Dan ditiuplah sangkakala,  tiba-tiba mereka ke luar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. Mereka berkata: "Aduh celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?" Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul (Nya). Cukup satu teriakan,tiba-tiba mereka semua dikumpulkan kepada Kami. Yasin 51-53

Dalam ayat tsb ahli kubur dalam keadaan tidur, lalu bagaimanakah mereka di siksa. Bila   disiksa, tdk akan bisa tidur.  Dan menjerit karena merasakan  siksaannya  itu.
النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا ءَالَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ(46)
Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat., "Masukkanlah Fir''aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras." (QS. Al-Mu’min: 46)
  Firaun dan rakyat pendukungnya di lemparkan ke Neraka nanti pd hari kiamat . Sblmnya api neraka hanya  di tampakkan pd mereka.

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dua ayat tsb dg jls, tdk samar lg bahwa siksa kubur tdk ada. Bila ada, mk mayat tdk akan tidur dikuburan.
7ـ{ وَإِذَا الصُّحُفُ نُشِرَتْ{10} وَإِذَا السَّمَاء كُشِطَتْ{11} وَإِذَا الْجَحِيمُ سُعِّرَتْ{12} وَإِذَا الْجَنَّةُ أُزْلِفَتْ{13} عَلِمَتْ نَفْسٌ مَّا أَحْضَرَتْ{14} التكوير: ١٠ - ١٤.
( 10 )   dan apabila catatan-catatan (amal perbuatan manusia) dibuka,
( 11 )   dan apabila langit dilenyapkan,
( 12 )   dan apabila neraka Jahim dinyalakan,
( 13 )   dan apabila surga didekatkan,
( 14 )   maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakannya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Catatan amal di buka , langit dilenyapkan, Neraka Jahim  di nyalakan dan  surga di dekatkan itu  bukan sekarang . Di mana  manusia yg telah mati  telah mengalami alam barzah atau  alam kubur . Mereka di alam kubur  tp langit blm dilenyapkan dan  catatan amal blm di berikan, mk nya siksaan nya  bukan di alam kubur  tp nanti  di hari kimat ketika  langit di lenyapkan , dan catatan amal di berikan. Itulah nama nya hari pembalasan .






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar dengan baik