Jawabanku untuk Ust Qasim Ali ke 3
Dia menulis sbb:
Dalil Adanya Siksa Kubur yang ke-lima adalah Q.S Ghafir / Al Mu’min ayat 45-46.
فَوَقَاهُ اللَّهُ سَيِّئَاتِ مَا مَكَرُوا وَحَاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذَاب .النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوّاً وَعَشِيّاً وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِِ
[09:17, 12/23/2016] Ardi M: Artinya: “Maka Allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka, dan Firaun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): “Masukkanlah Firaun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras”.” (QS. Ghafir/ Al Mu’min: 45-46)
وهذه الآية أصل كبير في استدلال أهل السنة على عذاب البرزخ في القبور
Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata “Ayat-ayat ini adalah landasan kuat bagi Ahlussunnah tentang adanya azab barzakh dalam kubur” (Tafsir Ibnu Katsir)
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Siksaan di barzakh , sblm kita masuk ke masalah ini kita perlu mengetahui arti barzah adalah dinding yg menghalangi manusia untuk kembali ke dunia.
Jd mayat di pendam ke kuburan atau mayat yg tdk dikubur, tp dibiarkan berada di kamar jg sdh masuk ke alam barzah.
Boleh dibuktikan , mayat yg di kamar itu apakah tersiksa atau dipukuli ? kan tdk. Bgt juga mayat dikuburan.
Katanya , mayat bila di taruh dikuburan dan ditinggalkan pelayatnya mk dua malaikat datang untuk membangunkan , mendudukkan dan bertanya kpdnya. Jd rohnya di kembalikan.
Bila roh tdk dikembalikan, mk mayat tdk bisa menjawab.
Kita buktikan mayat yg ditaruh di kamar selama dua atau tiga hari, pernahkan anda lihat mayat itu di bangunkan? Kan tdk.
Mk bgt jg mayat dikuburan.
Jd pertanyaan dikuburn jg tdk ada, bgt juga siksaan di dalamnya.
Menurut Ibn Katsir ayat ghafir 45 -46 itu landasan untuk siksa kubur.
Kita rujuk lg ke kitab – kitab tanfsir sbb:
أيسر التفاسير للجزائري (4/ 537)
وحاق بآل فرعون سوء العذاب: أي عذاب الغرق إذ غرق فرعون وجنده أجمعون.
Intinya maksud “dan Firaun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk” adalah di tenggelamkan ke laut ( bukan siksa kubur ) .
تفسير المراغي (24/ 77)
وَحاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذابِ) أي فحفظه الله مما أرادوا به من المكر السيئ في الدنيا، إذ نجاه مع موسى عليه السلام، وفي الآخرة بإدخاله دار النعيم، وأحاط بفرعون وقومه سوء العذاب في الدنيا بالغرق في اليمّ، وفي الآخرة بدخول جهنم وبئس القرار.
Intinya , Firaun dan tentaranya di tenggelamkan ke laut dan kelak di akhirat akan di masukkan ke dalam Jahannam ………………
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bukan siksa kubur.
زاد المسير (5/ 294، بترقيم الشاملة آليا)
{ وحاقَ بآل فرعونَ } لما لجوا في البحر { سوءُ العذاب } قال المفسِّرون هو الغرق
Menurut pakar – pakar tafsir , maksudnya ( ayat 45 – 46 ghafir ) adalah ditenggelamkan ke laut ( bukan siksa kubur ).
الوسيط لسيد طنطاوي (ص: 3707، بترقيم الشاملة آليا)
{ وَحَاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ } أى : ونزل وأحاط بفرعون وقومه { سواء العذاب } بأن أغرقهم الله - تعالى - فى أليم ، وجعلهم عبرة لمن يعتبر
Maksudnya Firaun dan pendukungnya ditenggelamkan ke dalam laut ( bukan siksa kubur ).
تفسير الجلالين (9/ 176، بترقيم الشاملة آليا)
{ وَحَاقَ } نزل { بئَالِ فِرْعَوْنَ } قومه معه { سُوءُ العذاب } الغرق .
Maksud siksa buruk adalah di tenggelamkan ke laut. ( bukan siksa kubur ) .
تفسير ابن كثير (14/ 348)
وَلَكِنْ هُنَا سُؤَالٌ وَهُوَ أَنَّهُ لَا شَكَّ أَنَّ هَذِهِ الْآيَة مَكِّيَّة وَقَدْ اِسْتَدَلُّوا بِهَا عَلَى عَذَاب الْقَبْر فِي الْبَرْزَخ
Intinya : Ibn Katsir menyatakan bahwa ayat 45-46 Ghafir adalah Makkiyah , tp mengapa mereka membuat dalil untuk siksa kubur di dalam Barzakh .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Mestinya tdk layak bila ayat itu diperuntukkan untuk menjelaskan siksa kubur . Bila untuk siksa kubur , mengapa sejak di Mekkah, sejak ia diturunkan , Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tdk phm siksa kubur. Bila ia untuk siksa kubur, tentu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yg dituruninya akan mengerti adanya siksa kubur dg ayat itu sj.
Nyatanya beliau tdk phm tentang siksa kubur, sampai Aisyah ingkar , dan beliau tanya pada Nabi shallallahu alaihi wasallam lalu dijawab: Yahudi yg datang dg bawa berita siksa kubur itu dusta. Baru setelahnya dituruni wahyu bahwa siksa kubur itu ada, demikian menurut hadis – hadis riwayat Muslim dan Bukhari. Untungnya hadis itu jg bermasalah .
Dan ayat itu tdk menjelaskan siksa kubur. Ia hanya menjelaskan neraka di tampakkan bukan siksaan , layaknya orang bermimpi bgt sj.
تفسير ابن كثير (14/ 349)
يُقَال فَمَا الْجَمْع بَيْن هَذَا وَبَيْن كَوْن الْآيَة مَكِّيَّة وَفِيهَا الدَّلَالَة عَلَى عَذَاب الْبَرْزَخ ؟ وَالْجَوَاب أَنَّ الْآيَة دَلَّتْ عَلَى عَرْض الْأَرْوَاح عَلَى النَّار غُدُوًّا وَعَشِيًّا فِي الْبَرْزَخ وَلَيْسَ فِيهَا دَلَالَة عَلَى اِتِّصَال تَأَلُّمهَا بِأَجْسَادِهَا فِي الْقُبُور إِذْ قَدْ يَكُون ذَلِكَ مُخْتَصًّا بِالرُّوحِ فَأَمَّا حُصُول ذَلِكَ لِلْجَسَدِ فِي الْبَرْزَخ وَتَأَلُّمه بِسَبَبِهِ فَلَمْ يَدُلَّ عَلَيْهِ إِلَّا السُّنَّةُ فِي الْأَحَادِيث الْمَرْضِيَّة الْآتِي ذِكْرُهَا .
Intinya : Menurut Ibnu Katsir , mayat disiksa menurut ayat itu hanya rohnya sj. Dan hadislah yg menunjukkan bahwa mayat tersiksa tubuh dan jasadnya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bila tersiksa tubuh dan jasadnya mk tdk bisa tidur dan akan bertentangan dg ayat
ونفخ فِي الصُّورِ فَإِذَا هُمْ مِنَ الْأَجْدَاثِ إِلَى رَبِّهِمْ يَنْسِلُونَ قَالُوا يَاوَيْلَنَا مَنْ بَعَثَنَا مِنْ مَرْقَدِنَا هَذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمَنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ إِنْ كَانَتْ إِلَّا صَيْحَةً وَاحِدَةً فَإِذَا هُمْ جَمِيعٌ لَدَيْنَا مُحْضَرُونَ
Dan ditiuplah sangkakala, tiba-tiba mereka ke luar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. Mereka berkata: "Aduh celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?" Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul (Nya). Cukup satu teriakan,tiba-tiba mereka semua dikumpulkan kepada Kami. Yasin 51-53
Dalam ayat tsb ahli kubur dalam keadaan tidur, lalu bagaimanakah mereka di siksa. Bila disiksa, tdk akan bisa tidur. Dan menjerit karena merasakan siksaannya itu.
النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا ءَالَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ(46)
Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat., "Masukkanlah Fir''aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras." (QS. Al-Mu’min: 46)
Firaun dan rakyat pendukungnya di lemparkan ke Neraka nanti pd hari kiamat . Sblmnya api neraka hanya di tampakkan pd mereka.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dua ayat tsb dg jls, tdk samar lg bahwa siksa kubur tdk ada. Bila ada, mk mayat tdk akan tidur dikuburan.
7ـ{ وَإِذَا الصُّحُفُ نُشِرَتْ{10} وَإِذَا السَّمَاء كُشِطَتْ{11} وَإِذَا الْجَحِيمُ سُعِّرَتْ{12} وَإِذَا الْجَنَّةُ أُزْلِفَتْ{13} عَلِمَتْ نَفْسٌ مَّا أَحْضَرَتْ{14} التكوير: ١٠ - ١٤.
( 10 ) dan apabila catatan-catatan (amal perbuatan manusia) dibuka,
( 11 ) dan apabila langit dilenyapkan,
( 12 ) dan apabila neraka Jahim dinyalakan,
( 13 ) dan apabila surga didekatkan,
( 14 ) maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakannya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Catatan amal di buka , langit dilenyapkan, Neraka Jahim di nyalakan dan surga di dekatkan itu bukan sekarang . Di mana manusia yg telah mati telah mengalami alam barzah atau alam kubur . Mereka di alam kubur tp langit blm dilenyapkan dan catatan amal blm di berikan, mk nya siksaan nya bukan di alam kubur tp nanti di hari kimat ketika langit di lenyapkan , dan catatan amal di berikan. Itulah nama nya hari pembalasan .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberi komentar dengan baik