Ust Qasim Ali menulis sbb:
Dalil Adanya Siksa Kubur ke-enam adalah Q.S Ath-Thuur ayat 47
وَإِنَّ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا عَذَاباً دُونَ ذَلِكَ وَلَكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لَا يَعْلَمُونَ
Artinya: “Dan sesungguhnya untuk orang-orang yang zalim ada azab selain daripada itu. Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui”( Q.S Ath-Thuur : 47)
. ابن عباس: هو القتل. عنه: عذاب القبر
Firman Allah Ta’ala “Dan sesungguhnya untuk orang-orang yang zalim” Orang-orang kafir “Ada azab selain itu” Berkata, Ibnu Abbas: yaitu (azab itu) adalah pembunuhan, dia juga mengatakan azab kubur. (Tafsir Qurthubi)
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Mari kita lihat di kitab – kitab tafsir ttg pengertian ayat Thur 47, yg katanya sbg dalil adanya siksa kubur.
Jd kalimat adzab di artikan siksa kubur , bukan siksaan lainnya. Ini perlu dalil yg kuat bahwa maksud adzab dlm ayat itu untuk siksa kubur dan tdk ada dalilnya.
Arti kalimat adzab sebelum itu , sdh tentu bukan siksa kubur. Bila di artikan siksa kubur , mestinya dikatakan : Adzab setelah mati “ .
Dan adzab setelah mati inipun masih umum , boleh jg siksaan di Neraka.
Kalimat duna dzalik di artikan selain itu. Boleh jg di artikan sebelum itu. Yakni adzab – siksa didunia bukan di kuburan.
تفسير ابن كثير ت سلامة (7/ 438)
ثُمَّ قَالَ: {وَإِنَّ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا عَذَابًا دُونَ ذَلِكَ} أَيْ: قَبْلَ ذَلِكَ فِي الدَّارِ الدُّنْيَا
Maksudnya adzab sblm itu di dunia ( bukan dikuburan ).
تفسير أبي السعود = إرشاد العقل السليم إلى مزايا الكتاب الكريم (8/ 152)
{وَإِنَّ لِلَّذِينَ ظَلَمُواْ} أي لهُم ووضعُ الموصولِ موضعَ الضميرِ لما ذُكرَ من قبلُ أي وإنَّ لهؤلاءِ الظلمةِ {عَذَاباً} آخرَ {دُونِ ذَلِكَ} دُونَ ما لاقوه من القتلِ أي قبلَهُ وهو القحطُ الذي أصابَهُم سبعُ سنينَ أو وراءَهُ كما في قولِه ... تُريك القَذى منْ دُونِها
Maksudnya adzab / siksa selain apa yg mrk alami yaitu terbunuh. Adzab itu berupa paceklik yg mereka alami selama tujuh tahun atau sebelumnya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Intinya bukan siksa kubur.
فتح القدير للشوكاني (5/ 123)
لِهَؤُلَاءِ الَّذِينَ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ بِالْكُفْرِ وَالْمَعَاصِي عَذَابًا فِي الدُّنْيَا دُونَ عَذَابِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، أَيْ: قَبْلَهُ، وَهُوَ قَتْلُهُمْ يَوْمَ بَدْرٍ.
Intinya : Maksud siksaan tsb adalah didunia sebelum siksaan kelak di hari kiamat yaitu mereka terbunuh di hari perang Badar . ( bukan siksa kubur ).
تفسير المراغي (27/ 38)
(وَإِنَّ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا عَذاباً دُونَ ذلِكَ) أي وإن لهؤلاء الذين ظلموا أنفسهم بالكفر والمعاصي عذابا بالقحط والجوع سبع سنين قبل يوم بدر لأنه كان فى السنة الثانية للهجرة والقحط وقع لهم قبلها.
Maksud adzab yg di terima oleh orang – orang yg zhalim adalah krisis ekonomi, kelaparan selama tujuh tahun sebelum hari perang Badar. Sbb ia terjadi di tahun kedua hijriyah dan krisis ekonomi / paceklik terjadi sebelumnya.
أيسر التفاسير للجزائري (4/ 158، بترقيم الشاملة آليا)
{ وإن للذين ظلموا عذاباً دون : أي وإن لهؤلاء المشركين الظلمة عذاباً في الدنيا دون ذلك } عذاب يوم القيامة وهو عذاب القحط سبع سنين وعذاب القتل في بدر .
Maksud adzab dlm ayat itu adalah paceklik selama tujuh tahun dan terbunuh di perang Badar.
تفسير القرطبي (17/ 78)
قَوْلُهُ تَعَالَى: (وَإِنَّ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا) أَيْ كَفَرُوا (عَذاباً دُونَ ذلِكَ) قِيلَ: قَبْلَ مَوْتِهِمْ. ابْنُ زَيْدٍ: مَصَائِبُ الدُّنْيَا مِنَ الْأَوْجَاعِ وَالْأَسْقَامِ وَالْبَلَايَا وَذَهَابِ الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ. مُجَاهِدٌ: هُوَ الْجُوعُ وَالْجَهْدُ سَبْعَ سِنِينَ. ابْنُ عَبَّاسٍ: هُوَ الْقَتْلُ. عَنْهُ: عَذَابُ الْقَبْرِ.
Adzab itu sblm mati.
Menurut Ibn Zaid maksudnya adalah musibah di dunia , yaitu kelaparan , penyakit, malapetaka , harta dan anak yg hilang .
Menurut Mujahid adzab dlm ayat itu adalah kelaparan dan penderitaan tujuh tahun / paceklik .
Menurut Ibn Abbas , adzab itu adalah terbunuh diperang Badar . Beliau jg berpendapat siksa kubur.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Pendapat Ibnu Abbas yg menyatakan adzab dlm ayat tsb di artikan siksa kubur itu blm tentu benar .
Sanadnya sbb:
تفسير عبد الرزاق (3/ 247)
- عَنْ مَعْمَرٍ , عَنْ قَتَادَةَ , أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ , قَالَ: " إِنَّ عَذَابَ الْقَبْرِ فِي الْقُرْآنِ ثُمَّ تَلَا {وَإِنَّ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا عَذَابًا دُونَ ذَلِكَ} [الطور: 47]
- Dari Ma`mar dari Qatadah , bahwa Ibnu Abbas berkata: Sesungguhnya adzab kubur ada di Al Quran, lalu membabaca ayat 47 Thur itu.
- Komentarku ( Mahrus ali ) :
- Qatadah itu bukan murid Ibn Abbas. Bgmn bisa menyatakan spt itu atau mengutip kata – kata Ibnu Abbas . Lihat biografinya sbb :
هو أبو الخطاب قتادة بن دعامة بن قتادة بن عزيز، وقيل قتادة بن دعامة بن عكابة السدوسي البصري، والسدوسي هي إحدى قبائل ربيعة بن نزار. وصفه الذهبي بـ: «حافظ العصر، قدوة المفسرين والمحدثين...وكان من أوعية العلم، وممن يُضرب به المثل في قوة الحفظ.[1]»
Nama – nama guru Qatadah :
روايته للأحاديث[عدل]
روى عن عبد الله بن سرجس، وأنس بن مالك، وأبو الطفيل عامر بن واثلة الكناني، وسعيد بن المسيب ، وأبي العالية رفيع الرياحي، وصفوان بن محرز، وأبي عثمان النهدي، وزرارة بن أوفى، والنضر بن أنس بن مالك، وعكرمة مولى ابن عباس، وأبي المليح ابن أسامة، والحسن البصري، وبكر بن عبد الله المزني، وأبي حسان الأعرج، وهلال بن يزيد، وعطاء بن أبي رباح، ومعاذة العدوية، وبشر بن عائذ المنقري، وبشر بن المحتفز، وبشير بن كعب، وأبي الشعثاء جابر بن زيد، وجري بن كليب السدوسي، وحبيب بن سالم، وحسان بن بلال، وحميد بن عبد الرحمن بن عوف، وخالد بن عرفطة، وخلاس الهجري، وخيثمة بن عبد الرحمن، وسالم بن أبي الجعد، وشهر بن حوشب، وعبد الله بن شقيق، وعقبة بن صهبان، ومطرف بن الشخير، ومحمد بن سيرين، ونصر بن عاصم الليثي، وأبي مجلز، وأبي أيوب المراغي، وأبي الجوزاء الربعي، وعن عمران بن حصين، وسفينة مولى رسول الله، وأبي هريرة مُرسلاً، وعن مسلم بن يسار، وقزعة بن يحيى، وعامر الشعبي، وغيرهم.[1]
-
- ترجمة قتادة في سير أعلام النبلاء للذهبي
https://ar.wikipedia.org/wiki/%D9%82%D8%AA%D8%A7%D8%AF%D8%A9_%D8%A8%D9%86_%D8%AF%D8%B9%D8%A7%D9%85%D8%A9
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Tdk ada nama Ibn Abbas dlm kumpulan nama – nama guru Qatadah dari Irak itu.
Jadi pendapat Ibnu Abbas yg menyatakan adanya siksa kubur dg ayat 47Thur itu lemah sekali, karena sanadnya terputus antara Qatadah dan Ibnu Abbas.
Bila sahih , ia hanya pendapat Ibn Abbas yg mungkin benar dan mungkin salah, tdk boleh dibuat pegangan , apalagi untuk menentukan masalah gaib.
Apalagi menentang al quran 51 - 53 yasin yg menyatakan mayat tidur , tidak tersiksa di kuburan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberi komentar dengan baik