حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنْ عُمَرَ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ عُمَرَ مَوْلَى غُفْرَةَ عَنْ رَجُلٍ مِنْ الْأَنْصَارِ عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abu Katsir berkata, telah mengabarkan kepada kami Sufyan dari Umar bin Muhammad dari Umar -mantan budak (yang telah dimerdekakan oleh) Ghufrah- dari seorang laki-laki Anshar, dari Hudzaifah ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
لِكُلِّ أُمَّةٍ مَجُوسٌ وَمَجُوسُ هَذِهِ الْأُمَّةِ الَّذِينَ يَقُولُونَ لَا قَدَرَ مَنْ مَاتَ مِنْهُمْ فَلَا تَشْهَدُوا جَنَازَتَهُ وَمَنْ مَرِضَ مِنْهُمْ فَلَا تَعُودُوهُمْ وَهُمْ شِيعَةُ الدَّجَّالِ وَحَقٌّ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُلْحِقَهُمْ بِالدَّجَّالِ
"Setiap umat ada majusinya, dan majusinya umat ini adalah orang-orang yang mengatakan 'tidak ada takdir'. Jika ada yang meninggal dunia dari mereka maka jangan kalian jenguk jenazahnya.Jika ada yang sakit dari mereka maka jangan kalian jengguk. Mereka adalah kelompoknya Dajjal, maka telah menjadi hak Allah untuk menggabungkan mereka dengan Dajjal."
HADIST NO – 4072 HR Abu Dawud.
Cacat dr sg sanad :
سنن أبي داود ت الأرنؤوط (7/ 77)
(2) إسناده ضعيف، عمر مولى غُفرة -وهو ابن عبد الله المدني- ضعيف وقد اضطرب في إسناده، والرجل من الأنصار مجهول. سفيان: هو الثوري، وعمر بن محمَّد: هو ابن زيد العمري المدني. =
Intinya : Sanadnya lemah karena ada perawi bernama Umar maula Ghufrah yg lemah. Jg ada lelaki Ansor yg tdk di kenal.
سنن أبي داود ت الأرنؤوط (7/ 78)
وأخرجه ابن أبي عاصم في "السنة" (329) من طريق شعيب بن حرب، واللالكائي في "شرح أصول الاعتقاد" (1155) من طريق الفضل بن دكين، كلاهما عن سفيان الثوري، بهذا الإسناد. وسقط من سند مطبوع "السنة": عمر بن محمَّد.
وانظر تمام تخريجه والتعليق عليه في "مسند أحمد" (23456).
جامع الأصول في أحاديث الرسول (10/ 129)
قال أيمن صالح شعبان]
ضعيف مرفوعا : أخرجه أحمد (5/406) قال :حدثنا أبو نعيم.وأبو داود (4692) قال :حدثنا محمد بن كثير.
كلاهما - أبو نعيم ، وابن كثير - قال أبو نعيم : حدثنا. وقال ابن كثير : أخبرنا سفيان ، عن عمر بن محمد ، عن عمر مولى غفرة ، عن رجل من الأنصار ، فذكره.
Intinya hadis itu hanya dr satu orang yaitu Sofyan Tsauri .
Identitasnya sbb:
ــ سفيان بن سعيد بن مسروق الثورى ، أبو عبد الله الكوفى ( من ثور بن عبد مناة بن أد بن طابخة بن إلياس بن مضر بن نزار بن معد )
المولد : 97 هـ
الطبقة : 7 : من كبار أتباع التابعين
الوفاة : 161 هـ
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة حافظ فقيه عابد إمام حجة ، و كان ربما دلس
مرتبته عند الذهبـي : الإمام ، أحد الأعلام علما و زهدا ، قال ابن المبارك : ما كتبت عن أفضل منه ، و قال ورقاء : لم ير سفيان مثل نفسه
mausuah ruwatil hadis 2445
Sofyan at tsauri wafat pd 167 H. Di waktu beliau hanya beliau yg tahu hadis tsb. Ribuan pengikut tabiin sampai mati tdk phm hadis itu. Ia sanad yg munkar dan hadisnya di katakan gharib / nyeleneh. Tdk boleh dibuat pegangan, lepaskan sj,
مسند احمد بن حنبل (بأحكام شعيب الأرنؤوط) (2/ 137)
تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده ضعيف
Syaikh Syuaib al arnauth menyatakan sanad tsb lemah.
تنبيه القارئ (1/ 36)
م، د، عن حذيفة - تخريج الطحاوية (343) ، ضعيف. انتهى من ضعيف الجامع (جـ 5 ص 22) . انتهى.
صحيح الجامع الصغير وزيادته (2/ 917)
(حسن) [حم] عن ابن عمر. المشكاة 107.
ضعيف الجامع الصغير وزيادته (ص: 680)
[حكم الألباني] (ضعيف)
Al albani , kdg menyatakan sanadnya hasan, kdg lemah. Jd mundar mandir.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Di hasankan atau di sahihkan oleh siapapun ttp lemah karena ada perawi lemah td. Penilaian lemah lebih obyektif , sebab argumennya jls. Al albani menghasankan tanpa alasan dlm kitab tsb.
Cacat dr sg redaksi atau matan hadis :
Keberadaan Dajjal adalah khurafat
أكذوبة المسيخ الدجال
Mitos Al masih dajjal .
http://www.ahl-alquran.com/arabic/show_article.php?main_id=11931
• المسيح الدجال
• خرافة المسيح الدجال
• الدجال بدعة فى دين الله لأنها تُخالف كتاب الله اخترعها الرواه...!.
•
Al Masih Dajjal
Khurafat al masih dajjal
Dajjal adalah bid`ah dlm agama Allah karena menyalahi al quran dan para perawi yg membikin – bikinnya. Kata Ust Abd Fattah dr Mesir .
يقول الإمام محمد عبده: «إن الدجال رمز للخرافات والدجل والقبائح التي تزول بتقرير الشريعة على وجهها والأخذ بأسرارها وحكمها».« »
Imam Muhammad Abduh berkata: Sesungguhnya Dajjal itu lambang khurofat, kedustaan , keburukan yg akan lenyap dg menerangkan sariat pdnya dan mengambil rahasia dan hikmahnya ( hikmah sariat itu )
محمد فهيم أبو عبيدة(3): في تعليقه على أحاديث الدجال في الكتاب الملاحم لابن كثير(4) قال:{ هذا انتشار الفساد والشر}
Ust. Muhammad Fuhaim Abu Ubaidah yg memberi komentar ttg hadis – hadis Dajjal yg di susun oleh Ibn Katsir dlm kitab al Malahim . Muhammad Fuhaim itu menyatakan maksudnya adalah kerusakan dan kejelekan yg membudaya ( Beliau menyatakan tdk ada dajjal ).
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dajjal itu khurafat. Di katakan khurafat karena tdk ada faktanya. Fakta rielnya tdk ada sekalipun di zaman teknologi canggih sekarang . Sdg ajaran para Rasul anti TBC . Lihat ayatnya:
تِلْكَ الْقُرَىٰ نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنبَائِهَا ۚ وَلَقَدْ جَاءَتْهُمْ رُسُلُهُم بِالْبَيِّنَاتِ فَمَا كَانُوا لِيُؤْمِنُوا بِمَا كَذَّبُوا مِن قَبْلُ ۚ كَذَٰلِكَ يَطْبَعُ اللَّهُ عَلَىٰ قُلُوبِ الْكَافِرِينَ
101 ) Negeri-negeri (yang telah Kami binasakan) itu, Kami ceritakan sebagian dari berita-beritanya kepadamu. Dan sungguh telah datang kepada mereka rasul-rasul mereka dengan membawa keterangan – keterangan yang nyata, maka mereka (juga) tidak beriman kepada apa yang dahulunya mereka telah mendustakannya. Demikianlah Allah mengunci mata hati orang-orang kafir. Al a`raf 101.
تفسير ابن كثير ت سلامة (3/ 452)
لَقَدْ جَاءَتْهُمْ رُسُلُهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ} أَيْ: بِالْحُجَجِ عَلَى صِدْقِهِمْ فِيمَا أَخْبَرُوهُمْ بِهِ
Ya`ni pr Rasul datang dg beberapa hujjah yg jelas, alasan yg jls yg menunjukkan kebenaran mereka ttg apa yg mereka kisahkan.
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg Dajjal , penuh persaudaraan di dua grup WA sy .
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455
0812-4194-6733
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberi komentar dengan baik