Maaf postingan extra ya masyayikh
Jawaban untuk member FMP grup
Akhinal karim wa karimul ikhwan Ust Syamsuddin Mukti menulis lg :
حدثنا مروان بن معاوية عن حميد قال : سئل انس عن الصلاة في السفينة ؟ فقال عبد الله بن ابي عتبة مولى أنس وهو معنا جالس : سافرت مع ابي سعيد الخذري و ابي الدرداء وجابر بن عبد الله فقال حميد ، واناس قد سماهم، فَكَانَ إِمَامُنَا يُصَلِّي بِنَّا فِي السَّفِينَةِ قَائِمًا وَنُصَلِّي خَلْفَهُ قِيَامًا وَلَوْ شِئْنَا لَأَرْفَيْنَا. ( مصنف ابن ابي شيبة : ٦٦٢٦ )
Makbul
Jika shahih...ini menjadi bukti kuat bahwa semua sahabat tidak ada yang memahami seperti pemahaman kyai mahrus.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Mari kita kaji atsar tsb.
الجامع الصحيح للسنن والمسانيد (28/ 166)
(ش) , وَعَنْ حُمَيْدٍ قَالَ: سُئِلَ أَنَسٌ - رضي الله عنه - عَنِ الصَّلاَة فِي السَّفِينَةِ، فَقَالَ عَبْدُ اللهِ بْنُ أَبِي عُتْبَةَ مَوْلَى أَنَسٍ - وَهُوَ مَعَنْا جَالِسٌ -: سَافَرْت مَعَ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ وَأَبِي الدَّرْدَاءِ وَجَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ - رضي الله عنهم - فَكَانَ إمَامُنَا يُصَلِّي بِنَا فِي السَّفِينَةِ قَائِمًا وَنَحْنُ نُصَلِّي خَلْفَهُ قِيَامًا , وَلَوْ شِئْنَا لأَرْفَأنَا وَخَرَجْنَا. (1)
__________
(1) (ش) 6564 , (عب) 4557 , (هق) 5492 , وصححه الألباني في تمام المنة ص322
Komentarku ( Mahrus ali ) :
…………….., intinya
Dari Humaid berkata : Anas ra di Tanya tentang salat di kapal , lalu
Abdullah bin Abu Utbah – maula Anas yg duduk bersama kami berkata: Aku pergi bersama Abu Said Al Khudri , Abu darda` dan Jabir bin Abdillah ra . Imam kami melakukan salat di kapal dg berdiri dan kami melakukan salat di belakangnya dg berdiri pula . bila kami mau , kami menepi dan keluar.
…………………… hadis itu di sahihkan oleh al albani.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Mari kita pergi ke TKP .
تمام المنة في التعليق على فقه السنة (ص: 322)
وله تحت عنوان: السفر في السفينة و ... و ... : "وعن عبد الله بن أبي عتبة قال: صحبت جابر بن عبد الله وأبا سعيد الخدرى وأبا هريرة في سفينة فصلوا قياما في جماعة أمهم بعضهم وهم يقدرن على الجد الشاطئ.
رواه سعيد بن منصور".
قلت: ورواه أيضا عبد الرزاق 5 / 582 وابن أبي شيبة 2 / 266 والبيهقي 3 / 155 إسناده صحيح.
Al bani menyatakan sanadnya sahih.
Dlm atsar di atas di katakan di sahihkan oleh al albani. Dlm kitab karya al albani sendiri, beliau hanya menyatakan sanadnya sahih. Pada hal sanad sahih blm tentu redaksi hadisnya sahih, kadang lemah.
Terkadang ma`na matan bagus, lalu sanadnya yg terputus.
الدكتور عبد القادر المحمدي
ثم جاءت بعض النصوص التي فصلت الإسناد عن المتن ، فقد يصح الحديث سنداً ولا يصح متناً ثم تطلق عبارة التصحيح هكذا ( إسناده صحيح ، ورجاله ثقات ) ، فتعكّز عليها بعض المتأخرين ، وخاصة من المعاصرين ليصححوا مئات ، بل آلاف الأحاديث المعلولة تحت هذا الغطاء :" إسناده صحيح
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=95826
Intinya; Sebagian ulama ahli hadis belakangan ini dg mudah mensahihkan hadis dengan kalimat : Sanadnya sahih dan perawi – perawinya terpercaya “.
Kalimat spt itu di buat landasan bg ulama belakangan ini untuk mensahihkan ratusan bahkan ribuan hadis yg cacat, lalu di bilang : Sanadnya sahih.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Hal itu terjadi karena ulama belakangan ini dlm rangka menyatakan hadis sahih dan lemah hanya memandang sanadnya tanpa memandang redaksi hadis ini beda dengan ayat atau tidak , beda dengan hadis yg lebih sahih apa tidak.
Tinggalkanlah manhaj spt itu dan ikutilah manhaj pakar hadis dahulu yg menilai hadis dengan sangat cermat , mulai dari sanadnya sampai dg matannya .
Muhammad bin Abdullah al Qannash menulis :
2- أن المتأمل في الأحكام على الأحاديث يجد كثرة الأحاديث التي صححها من جاء بعد الأئمة المتقدمين وقد حكم عليها الأئمة المتقدمون بالضعف والنكارة وربما بالبطلان أو الوضع،
Sesungguhnya orang yang mau merenungi tentang penilaian hadis – hadis akan menjumpai banyak hadis yang di sahihkan oleh ulama belakangan ( setelah ahli hadis yang dulu _). Pada hal hadis – hadis itu telah di nyatakan lemah, munkar, kadang batil atau palsu oleh ulama ahli hadis yang dulu.
http://islamselect.net/print/80788
Untuk kisah Abu Said al Khudri yg menjalankan salat di kapal itu sama dr perawi Abdullah bin Abu Utbahnya , dua riwayat tdk sama redaksinya . Yg satu menyebut Abu Hurairah dan yg lain tdk , mlah di ganti dengan Abud darda`. Jd kisah itu kacau matan.Tidak singkron.
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ اْلفَنِ
Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Dan kisah yg kacau matannya mk tdk bisa di klasivikasi sbg hadis sahih, tp lemah.
Beda lg dg riwayat sbb:
فتح الباري لابن رجب (3/ 9)
وروى ابن أبي شيبة: ثنا مروان بن معاوية، عن حميد، عن عبد الله ابن أبي عتبة مولى أنس، قال: سافرت مع أبي سعيد الخدري وأبي الدرداء وجابر بن عبد الله - قال حميد: وناس قد سماهم -، فكان إمامنا يصلي بنا في السفينة قائما، ونصلي خلفه قياما وولو شئنا لأر/ينا وخرجنا.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dlm kisah tsb ada tambahan :
قال حميد: وناس قد سماهم
Humaid berkata : Dan perawi menyebut orang – orang dg nama mereka .
Jd masih banyak orang lg yg blm di sebut dlm hadis itu.
Hal ini tambah beda jauh mafhum dr kisah di atas.
Dari segi perawi sbb:
عبد الله بن أبى عتبة الأنصارى البصرى ، مولى أنس بن مالك
المولد :
الطبقة : 3 : من الوسطى من التابعين
الوفاة :
روى له : خ م تم ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة
مرتبته عند الذهبـي : صدوق
mausuah ruwatil hadis 3462
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Salah satu perawi kisah di atas adalah Abdullah bin Abu Utbah – perawi Basrah , bukan perawi Medinah. Dia tafarrud dlm hal ini. Dan salah satu factor lemahnya.
Bukti tafarrud , sy tdk menjumpai perawi lain dlm refrensi yg sy jumpai. Kisah itu adalah munkar .
ومن أهم ما يستدل به على خطا المتفرد ما يكون في متن حديثه الذي تفرد به من نكارة ، فإن نكارة المتن قد تدفع الناقد إلى تضعيف الحديث بما لا يوجب ضعفه لولا هذه النكارة ، ومن ذلك تفرد الثقة
ولذا قال ابن رجب ( أكثر الحفاظ المتقدمين يقولون في الحديث إذا انفرد به واحد وإن لم يرو الثقات خلافه : إنه لا يتابع عليه ، ويحعلون ذلك علة فيه ،
الحواشي ====================== (17) أنظر كلام المعلمي حول منهج الأئمة النقاد في إعلال ما يستنكرون متنه ، مع أن ظاهر إسناده الصحة ، في مقدمته لتحقيق كتاب ( الفوائد المجموعة في الأحاديث الموضوعة ) للشوكاني .
(18) شرح علل الترمذي (2/582)
Intinya tafarrud perawi hadis itu menurut pakar ahli hadis dulu adalah sbg cacat. Bahkan redaksi hadisnya bisa di katakan munkar .
DR Abu Lubabah At thahir Shalih Husain kepala bagian dirosah Islamiyah di Emirat menyatakan :
وَإِطْلاَقُ الْحُكْمِ عَلَى التَّفَرُّدِ بِالرَّدِّ وَالنَّكَارَةِ أَوِ الشُّذُوْذِ مَوْجُوْدٌ فِي كَلاَمِ كَثِيْرٍ مِنْ أَهْلِ الْحَدِيْثِ
Mengghukumi perawi yang secara sendirian meriwayatkan tertolak , dikatakan mungkar , syadz memang ada dlm perkataan kebanyakan ahli hadis . Ulumul hadis 12/1
Bila kisah tsb di katakana sahih, kita telah menyalahi pakem ahli hadis dulu, jg ia sekedar perbuatan sbagian sahabat tiga atau empat dst lalu ribuan sahabat yg lain tdk menjalankannya. Di samping penduduk Medinah waktu dulu tdk kenal dg kisah itu.
Buktinya hanya perawi Basrah yg tahu. Untuk penduduk Mekkah dan Medinah no know. Dan tiada refsensinya mereka tahu.
Perbuatan sebagian sahabat yg menyalahi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sdh tentu tdk boleh di buat pegangan. Lepaskan sj lebih selamat dan lebih memurnikan ajaran untuk taat pd ayat :
فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللهِ والرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللهِ والْيَوْمِ اْلآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَاَحْسَنُ تَاْوِيْلاً.
"Jika kamu saling berbantah-bantahan dalam sesuatu perkara, maka kembalikanlah ia kepada Allah (al-Quran) dan Rasul (as-Sunah) jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan Hari Kemudian, yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya". An-Nisa, 4:59.
Kisah itu jg bertentangan dg hadis yg sahih yg banyak yg menjelaskan salat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dlm berjamaah sama sahabatnya selalu langsung to the ground tanpa tikar , kain dll. Hadisnya banyak sekali dan sdh di jelaskan dlm artikel yg lalu.
Wal hasil ya ihwan , selama sebelas tahun sy blm pernah menjalankan salat wajib di Bus, Kreta api , mobil , taksi , motor , airplanes. Tp bila sy berpergian sy langsung berjamaah dg sahabat – sahabat sy di tanah tanpa tikar tanpa di jamak dan sy tdk mau menjamak salat.. Sekalipun ketika sy mendatangi undangan pengajian ke Bali , Bengkulu, Jakarta, Bandung , Mediun, Blitar , Pekalongan, Klaten, Gresik ,Babat, Dukun , Genteng Banyuwangi dll.
Bila sy menjalankan salat wajib di kendaraan , sy blm menjumpai dalilnya . Sy hanya menjumpai dalilnya hanya untuk salat sunat. Hadisnya sdh sering sy sampaikan .Sy hanya ittiba` dan tdk mau ijtihad.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberi komentar dengan baik