[06:52, 7/9/2016] +62 895-3449-88036: Wajh istidlal :
صل على الارض.
Stelah sebelumnYa ada :
فراه يصاى على وسادة
Ust.Abuya kanaya menulis :
[06:52, 7/9/2016] +62 896-1266-5884: Ini dalil sholat wajib bukan di atas tanah
[06:54, 7/9/2016] +62 817-0214-141: nah tinggal dijawab pertanyaan ana hadits itu dloif atau tidk,. apabila shohih/hasan maka keihtimalan bhw al ardlu disana umum bisa gugur dgn hadits yg ana pertanyakan diatas. wallahu a'lam.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Menurut al albani hadis tsb sahih , lihat hadisnya sbb:
عن جابر أن رسول الله صلى الله عليه و سلم عاد مريضا فرآه يصلي على وسادة فأخذها فرمى بها فأخذ عودا ليصلي عليه فأخذه فرمى به وقال : صل على الأرض إن استطعت وإلا فأوم إيماء واجعل سجودك أخفض من ركوعك . رواه البيهقي بسند قوي (4359)، وصححه الألباني في السلسة الصحيحة (323)
Dari Jabir , sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berkunjung kpd orang sakit. Rasul melihatnya melakukan salat ( dengan sujud ) pd bantal.
Bantal itu di ambil oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam , lalu dilemparkan. Dia mengambil kayu untuk salat di atasnya ( sujud padanya ).
Lantas kayu itu di ambil oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam , lalu di lemparkan.
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda : Salatlah di atas bumi bila kamu mampu / Bila tdk , cukup beri isarat. Jadikan sujudmu lebih rendah dari pd rukukmu . HR Baihaqi dengan sanad kuat. Al albani mensahihkan dlm kitab silsilah as sahihah 323.
أصل صفة صلاة النبي صلى الله عليه وسلم (1/ 97)
2) {أي: خشبة؛ في " لسان العرب ":
" (العود) : كل خشبة دَقَّت. وقيل: (العود) : خشبة كل شجرة - دَقَّ أو غَلُظَ –
Ust.Abuya kanaya menulis :
[06:52, 7/9/2016] +62 896-1266-5884: Ini dalil sholat wajib bukan di atas tanah
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Pahamku hadis tsb menunjukkan perintah salat di atas tanah, larangan salat atau bersujud di bantal atau kayu.
Bila hadis itu di artikan perintah untuk salat di selain tanah, mk untuk apa bantal dan kayunya yg akan di buat sujud di ambil dan di lemparkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam .
Bila hadis itu di buat landasan bolehnya salat di atas sajadah, mk untuk apa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda : Salatlah di atas bumi atau tanah bila kamu mampu. Maksudnya sujudlah di bumi atau tanah. Jangan sujud di tikar atau sajadah.
Bla kita sujud di sajadah dlm salat wajib , mk kita menon aktifkan hadis itu , mencancelnya , membuangnya. Dan kita termasuk tdk taat pd RasulNya. Ingatlah ayat :
مَنْ يُّطِعِ الرَّسُوْلَ فَقَدْ اَطَاعَ اللهَ وَمَنْ تَوَلَّى فَمَآ اَرْسَلْنَاكَ عَلَيْهِمْ حَفِيْظًا.
"Barangsiapa yang mentaati Rasul, sesungguhnya ia telah mentaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan), maka Kami tidak mengutusmu untuk jadi pemelihara bagi mereka". An-Nisa', 4:80.
Manshur al Buraidi mengatakan:
أجمع العلماء أنه لا يجوز أن يصلي أحد فريضةً على الدابة من غير عذر ، وأنه لا يجوز له ترك القبلة إلا فى شدة الخوف8، لحديث عَامِرِ بْنِ رَبِيعَةَ ، قَالَ : رَأَيْتُ النَّبِيّ وَهُوَ عَلَى الرَّاحِلَةِ يُسَبِّحُ ، يُومِئُ بِرَأْسِهِ قِبَلَ أَىِّ وَجْهٍ تَوَجَّهَ ، وَلَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللَّهِ يَصْنَعُ ذَلِكَ فِي الصَّلاةِ الْمَكْتُوبَةِ .رواه البخاري ومسلم . وروى ابن عُمَرَ وَجَابِر مثله ، وَقَالَ جَابِر : فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يُصَلِّىَ الْمَكْتُوبَةَ نَزَلَ ، فَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ
Ulama telah ijma` tidak diperkenankan menjalankan shalat wajib di atas binatang ( unta atau lainnya ) tanpa ada uzur. Tidak diperkenankan meninggalkan menghadap kiblat kecuali dalam keada an sangat takut karena ada hadis Amir bin Rabi`ah yang berkata: Aku melihat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjalankan shalat sunat di atas kendaraannya dengan berisarat dengan kepalanya dan menghadap kemana saja. Namun hal itu tidak di lakukan oleh beliau dalam shalat wajib. HR Bukhari dan Muslim.Ibnu Umar dan Jabir juga meriwayatkan hadis yang sama denganya.
Jabir sendiri berkata: Bila berkehendak untuk menjalankan shalat wajib, maka beliau turun dan menghadap kiblat.
-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberi komentar dengan baik