Jawaban ringkas :
MuslimNurdin
Rasulullah saw shalat jum'at di atas mimbar
٩١٧ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدٍ القَارِيُّ القُرَشِيُّ الإِسْكَنْدَرَانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو حَازِمِ بْنُ دِينَارٍ، أَنَّ رِجَالًا أَتَوْا سَهْلَ بْنَ سَعْدٍ السَّاعِدِيَّ، وَقَدْ امْتَرَوْا فِي المِنْبَرِ مِمَّ عُودُهُ، فَسَأَلُوهُ عَنْ ذَلِكَ، فَقَالَ: وَاللَّهِ إِنِّي لَأَعْرِفُ مِمَّا هُوَ، وَلَقَدْ رَأَيْتُهُ أَوَّلَ يَوْمٍ وُضِعَ، وَأَوَّلَ يَوْمٍ جَلَسَ عَلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَرْسَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى فُلاَنَةَ - امْرَأَةٍ مِنَ الأَنْصَارِ قَدْ سَمَّاهَا سَهْلٌ - «مُرِي غُلاَمَكِ النَّجَّارَ، أَنْ يَعْمَلَ لِي أَعْوَادًا، أَجْلِسُ عَلَيْهِنَّ إِذَا كَلَّمْتُ النَّاسَ» فَأَمَرَتْهُ فَعَمِلَهَا مِنْ طَرْفَاءِ الغَابَةِ، ثُمَّ جَاءَ بِهَا، فَأَرْسَلَتْ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَمَرَ بِهَا فَوُضِعَتْ هَا هُنَا، ثُمَّ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى عَلَيْهَا وَكَبَّرَ وَهُوَ عَلَيْهَا، ثُمَّ رَكَعَ وَهُوَ عَلَيْهَا، ثُمَّ نَزَلَ القَهْقَرَى، فَسَجَدَ فِي أَصْلِ المِنْبَرِ ثُمَّ عَادَ، فَلَمَّا فَرَغَ أَقْبَلَ عَلَى النَّاسِ، فَقَالَ: «أَيُّهَا النَّاسُ، إِنَّمَا صَنَعْتُ هَذَا لِتَأْتَمُّوا وَلِتَعَلَّمُوا صَلاَتِي»[تعليق مصطفى البغا]
رواه البخاري
٨٧٥ (١/٣١٠) -[ ش أخرجه مسلم في المساجد ومواضع الصلاة باب جواز الخطوة والخطوتين في الصلاة رقم ٥٤٤
(امتروا) تجادلوا أو شكوا. (في أصل المنبر) على الأرض إلى جنب الدرجة السفلى منه]
[ر ٣٧٠]
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Intinya . Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melakukan salat di mimbar tp sujudnya ke tanah.
التوضيح لشرح الجامع الصحيح (5/ 359)
ثُمَّ رَجَعَ القَهْقَرى، فَسَجَدَ عَلَى الأَرْضِ
Rasulullah SAW mundur lalu bersujud di atas tanah. [1]
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melakukan salat di mimbar itu untuk mengajari makmum.
Sujudnya masih tetap di tanah, bukan di mimbar.
Bila Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melakukan salat di mimbar itu di buat landasan bolehnya menggunakan karpet atau sajadah dlm salat wajib, mk tdk tepat, salah besar, keliru banget. Sbb sujudnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam masih ttp di tanah, wahai temanku………….
Kautsar amru menulis
Yang diperintahkan untuk mengikuti rasulullah dalam masalah ibadah itu adalah masalah rukun dan syarat nya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bila anda mengikuti sarat rukun salat yg ada di kitab fikih, mk anda akan menyelisihi tuntunan salat wajib Rasulullah shallallahu alaihi wasallam . Anda akan sujud di karpet, tikar , tegel dll dan tuntunan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam di tinggalkan untuk mengambil tuntunan salat di fikih yg hanya dibuat oleh manusia bukan Rasul.
Alangkah ruginya kita ikut tuntunan salat bikinan pengarang sulam sapinah, pesolatan, lalu hadis – hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tentang salat di tinggalkan.
Ikutilah ayat ini:
ثُمَّ جَعَلْنَاكَ عَلَى شَرِيعَةٍ مِنَ الْأَمْرِ فَاتَّبِعْهَا وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَ الَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ
Kemudian Kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat (peraturan) dari urusan (agama) itu, maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui.. Jatsiyah 18
Syariat itu dari Allah untuk manusia , bukan pendapat manusia untuk manusia. Dan kebanyakan pendapat manusia – ulama atau juhala bermodalkan hawa nafsu bila menyalahi dalil. Ingatlah hadis:
تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ مَا إِنْ تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا لَنْ تَضِلُّوا بَعْدِي كِتَابَ اللهِ وَسُنَّتِي
“Aku tinggalkan 2 perkara jika kamu berpegang teguh kepada keduanya kamu tidak akan sesat setelah aku selamanya ialah Kitab Allah (al-Quran) dan Sunnahku” (Membedah akar Bid ‘ah, Terjemah Asmuni Solihan Zamakhsayi. Hal : 194. H.R. Malik).
Sayang anda tinggalkan kitabullah dan hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam lalu berpegangan pd oreantasi kitab fikih.
Kitab fikih, ushul fikih, syarah hadis, tafsir , ambillah darinya hal yg cocok dg tuntunan. Bila tdk cocok tinggalkan.
لَا تُقَلِّدْ دِينَك الرِّجَالَ فَإِنَّهُمْ لَنْ يَسْلَمُوا مِنْ أَنْ يَغْلَطُوا.
Dalam masalah agama,jangan ikut orang, sebab mereka mungkin juga salah.
Ust Kautsar amru
menyatakan lg
Bukan dalam masalah sarana ibadah nya. Maka dari itu sholat pakai celana panjang itu sah. Solat di masjid yang bentuk bangunannya tidak seperti masjid rasul itu sah
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bentuk , tembok masjid silahkan di renovasi . Tp tempat sujud jangan. Sbb sdh jls hadisnya tempat sujud adalah tanah bukan karpet, kramik, kayu atau marmer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberi komentar dengan baik