Sumber : http://blogseotest.blogspot.com/2012/01/cara-memasang-artikel-terkait-bergambar.html#ixzz2HNYeE9JU

Pages

Blogroll

Sabtu, 04 Maret 2017

Jawaban ringkas untuk Ust Muslim Nurdin dan Ust. Kaisar amru

Jawaban ringkas :
MuslimNurdin
Rasulullah saw shalat jum'at di atas mimbar

٩١٧ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدٍ القَارِيُّ القُرَشِيُّ الإِسْكَنْدَرَانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو حَازِمِ بْنُ دِينَارٍ، أَنَّ رِجَالًا أَتَوْا سَهْلَ بْنَ سَعْدٍ السَّاعِدِيَّ، وَقَدْ امْتَرَوْا فِي المِنْبَرِ مِمَّ عُودُهُ، فَسَأَلُوهُ عَنْ ذَلِكَ، فَقَالَ: وَاللَّهِ إِنِّي لَأَعْرِفُ مِمَّا هُوَ، وَلَقَدْ رَأَيْتُهُ أَوَّلَ يَوْمٍ وُضِعَ، وَأَوَّلَ يَوْمٍ جَلَسَ عَلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَرْسَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى فُلاَنَةَ - امْرَأَةٍ مِنَ الأَنْصَارِ قَدْ سَمَّاهَا سَهْلٌ - «مُرِي غُلاَمَكِ النَّجَّارَ، أَنْ يَعْمَلَ لِي أَعْوَادًا، أَجْلِسُ عَلَيْهِنَّ إِذَا كَلَّمْتُ النَّاسَ» فَأَمَرَتْهُ فَعَمِلَهَا مِنْ طَرْفَاءِ الغَابَةِ، ثُمَّ جَاءَ بِهَا، فَأَرْسَلَتْ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَمَرَ بِهَا فَوُضِعَتْ هَا هُنَا، ثُمَّ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى عَلَيْهَا وَكَبَّرَ وَهُوَ عَلَيْهَا، ثُمَّ رَكَعَ وَهُوَ عَلَيْهَا، ثُمَّ نَزَلَ القَهْقَرَى، فَسَجَدَ فِي أَصْلِ المِنْبَرِ ثُمَّ عَادَ، فَلَمَّا فَرَغَ أَقْبَلَ عَلَى النَّاسِ، فَقَالَ: «أَيُّهَا النَّاسُ، إِنَّمَا صَنَعْتُ هَذَا لِتَأْتَمُّوا وَلِتَعَلَّمُوا صَلاَتِي»[تعليق مصطفى البغا]
رواه البخاري

٨٧٥ (١/٣١٠) -[ ش أخرجه مسلم في المساجد ومواضع الصلاة باب جواز الخطوة والخطوتين في الصلاة رقم ٥٤٤
(امتروا) تجادلوا أو شكوا. (في أصل المنبر) على الأرض إلى جنب الدرجة السفلى منه]
[ر ٣٧٠]

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Intinya . Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   melakukan salat di mimbar tp sujudnya ke tanah.
التوضيح لشرح الجامع الصحيح (5/ 359)
ثُمَّ رَجَعَ القَهْقَرى، فَسَجَدَ عَلَى الأَرْضِ
Rasulullah SAW  mundur lalu bersujud di atas tanah. [1]
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   melakukan salat di mimbar itu  untuk mengajari makmum.
Sujudnya   masih tetap di tanah, bukan di mimbar.
Bila  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   melakukan salat di mimbar itu di buat landasan bolehnya menggunakan karpet atau sajadah dlm salat wajib, mk tdk tepat, salah besar, keliru banget. Sbb sujudnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   masih ttp di tanah, wahai temanku………….


Kautsar amru menulis
Yang diperintahkan untuk mengikuti rasulullah dalam masalah ibadah itu adalah masalah rukun dan syarat nya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bila anda mengikuti sarat rukun salat yg ada di kitab fikih, mk anda akan menyelisihi tuntunan salat wajib  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  . Anda akan sujud di karpet, tikar , tegel dll  dan tuntunan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   di tinggalkan untuk mengambil tuntunan salat di fikih yg hanya dibuat oleh manusia bukan Rasul.
Alangkah ruginya kita ikut tuntunan salat bikinan pengarang sulam sapinah, pesolatan, lalu  hadis – hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   tentang salat di tinggalkan.
Ikutilah ayat ini:
ثُمَّ جَعَلْنَاكَ عَلَى شَرِيعَةٍ مِنَ الْأَمْرِ فَاتَّبِعْهَا وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَ الَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ
Kemudian Kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat (peraturan) dari urusan (agama) itu, maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui.. Jatsiyah 18
Syariat itu dari Allah untuk manusia , bukan pendapat manusia untuk manusia. Dan kebanyakan pendapat manusia – ulama atau juhala bermodalkan hawa nafsu bila menyalahi  dalil. Ingatlah hadis:
تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ مَا إِنْ تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا لَنْ تَضِلُّوا بَعْدِي كِتَابَ اللهِ وَسُنَّتِي
“Aku tinggalkan 2 perkara jika kamu berpegang teguh kepada keduanya kamu tidak akan sesat setelah aku selamanya ialah Kitab Allah (al-Quran) dan Sunnahku” (Membedah akar Bid ‘ah, Terjemah Asmuni Solihan Zamakhsayi. Hal : 194. H.R. Malik).
Sayang anda tinggalkan kitabullah dan hadis  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   lalu berpegangan pd oreantasi kitab fikih.
Kitab fikih, ushul fikih, syarah hadis, tafsir , ambillah  darinya hal yg cocok dg tuntunan. Bila tdk cocok tinggalkan.
لَا تُقَلِّدْ دِينَك الرِّجَالَ فَإِنَّهُمْ لَنْ يَسْلَمُوا مِنْ أَنْ يَغْلَطُوا.
Dalam masalah agama,jangan ikut orang, sebab  mereka mungkin juga salah. 
Ust Kautsar amru
 menyatakan lg

Bukan dalam masalah sarana ibadah nya. Maka dari itu sholat pakai celana panjang itu sah. Solat di masjid yang bentuk bangunannya tidak seperti masjid rasul itu sah

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bentuk , tembok masjid silahkan di renovasi . Tp tempat sujud jangan. Sbb sdh jls hadisnya  tempat sujud adalah tanah  bukan karpet, kramik, kayu atau marmer.




[1] Muttafaq alaih  , Bukhori 377

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar dengan baik